Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengajarkan Shalat Tarawih Pada Anak di Rumah

Cara Mengajarkan Shalat Tarawih Pada Anak di Rumah Secara Tepat

Cara mengajarkan shalat tarawih pada anak secara mandiri di rumah dapat dilakukan dengan mudah. Beberapa perhatian dan menjelaskan tentang shalat Tarawih kepada anak sejak dini sangat penting demi mendisiplinkan anak untuk menjalankannya. 

Lihat juga : 10 Tips Mengajarkan Anak Berpuasa Ramadhan Sejak Dini

Pada saat pandemi seperti sekarang ini, sholat tarawih tidak dapat dilakukan di masjid secara berkerumun, namun untuk dapat menjalankannya, anda dapat melakukan sholat berjamaah dirumah. Agar anak paham dan dapat memahami pentingnya shalat tarawih tersebut, anda dapat melakukan hal berikut. 

Cara Mengajarkan Shalat Tarawih Pada Anak Sejak Dini

Banyak hal yang dapat anda lakukan demi mengajarkan anak shalat tarawih yakni:

  • Menjelaskan keutamaan sholat tarawih
  • Menyiapkan perlengkapan sholat anak
  • Mengajari tata cara sholat tarawih
  • Memilih 11 rakaat untuk mengajari anak
  • Menjelaskan kepada anak tata tertib sholat
  • Mengajari bacaan niat sholat tarawih
  • Memberikan pujian 

Menjelaskan Keutamaan Sholat Tarawih

Memasuki bulan puasa, anda dapat mengajarkannya dengan memberi pemahaman akan keutamaan puasa dan sholat tarawih kepada anak.

Hal ini berkaitan dengan pahala yang didapatkan, manfaat sarana pembelajaran untuk anak, memeriahkan ramadhan, memberikan kesehatan jasmani dan rohani, dan keutamaan lainnya mengenai sholat tarawih. 

Cara mengajarkan shalat tarawih pada anak lainnya dengan menceritakan melalui riwayat dan hadits Rasulullah SAW dan sahabatnya yang mengerjakan sholat tarawih. Sehingga anak memahami dari cerita tersebut. 

Menyiapkan Perlengkapan Sholat Anak

Anda dapat menyiapkan keperluan ibadah anak dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan. Anda jelaskan secara perlahan apa saja yang dibutuhkan. Sehingga anak dapat meniru semua yang anda ajarkan. 

Mengajari Tata Cara Sholat Tarawih

Anda dapat memulainya dengan mengajari anak sholat tarawih yang benar dan dengan cara berjamaah. Anda ajarkan mulai dari bersuci hingga gerakan sholat dan bacaannya.

Anda dapat mengajarkan setiap hari agar anak tersebut secara perlahan menghafalkan semua yang anda ajarkan. Dengan mengajaknya sholat berjamaah dengan keluarga, anak jadi mengerti tentang gerakan, rakaat dan cara shalat tarawih. 

Memilih 11 Rakaat Untuk Mengajari Anak

Cara mengajarkan shalat tarawih pada anak dapat dilakukan secara perlahan. Anda dapat mengajarkan mulai dari 11 rakaat terlebih dahulu. Agar anak tidak kesulitan. Anak yang belum terbiasa dengan rakaat sholat yang banyak, anak tersebut justru akan mengeluh, bosan dan mengantuk. Oleh karena itu pilihlah yang rakaatnya lebih sedikit. 

Menjelaskan Kepada Anak Tentang Tata Tertib Sholat

Menjelaskan tentang tata tertib saat sholat adalah hal yang penting. Hal ini berhubungan dengan kekhusyukan shalat berjamaah. Sebaiknya anda menjelaskan juga tentang hukumnya mengikuti imam dan tidak mendahuluinya. 

Mengajari Bacaan Niat Sholat Tarawih

Niat sholat merupakan hal yang paling penting anda ajarkan kepada anak. Anda dapat menjelaskan kepada anak agar selalu membacanya sebelum melakukan sholat. 

Anda dapat membantunya dengan catatan kecil dan membantunya dalam menghafal. 

Memberikan Pujian

Ketika anak sudah menunjukkan kesediaannya dalam sholat tarawih, berikan ia pujian untuk memotivasi anak tersebut sehingga lebih rajin selanjutnya. 

Dengan cara mengajarkan shalat tarawih pada anak ersebut, anak anda akan lebih cepat bisa dan memahami pentingnya ibadah tersebut.


Berlangganan via Email