Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Phobia Sosial Anak dan Gejala Awalnya

Cara Mengatasi Phobia Sosial Anak dan Gejala Awalnya

Cara mengatasi phobia sosial anak tidaklah mudah, apalagi pada anak pemalu dan pendiam. Anda harus lebih jeli dalam memperhatikan anak tersebut.

Jika muncul gejala maupun tanda yang mengarah pada kecemasan sosial, maka sebaiknya anda melakukan beberapa hal untuk mengatasinya. Sebaiknya anda mengenali lebih dulu tanda pasti yang berkaitan dengan kecemasan sosial anak tersebut. 

Mengetahui Tanda dan Cara Mengatasi Phobia Sosial Anak

Umumnya gangguan kecemasan tersebut ditandai dengan adanya rasa takut terhadap keramaian. Anak mulai menghindar dari lingkungan maupun pergaulan sekitarnya. 

Selain itu, anak mengalami kesulitan untuk bergabung dalam sebuah pertemuan atau kelompok. Anak tersebut mengalami kecemasan yang berlebihan, berupa menangis karena alasan yang tidak jelas, diam membisu, mengamuk dan lainnya. 

Lihat juga : Penting, Jangan Lupa Melatih Keterampilan Sosial Anak

Bahkan reaksi tubuh juga sangat terlihat yakni pucat, keringat dingin, mual hingga muntah. Apalagi berhadapan dengan orang banyak. Cenderung tidak memiliki banyak teman juga merupakan salah satu tandanya. 

Penanganan Phobia Sosial Anak

Jika anak anda mengalami hal tersebut sebaiknya anda lakukan cara mengatasi phobia sosial anak berikut ini. 

1. Mengajak dan Mengajari Anak Bergaul

Bawa anak anda ke lingkungan yang tepat. Sehingga anak tersebut dapat belajar berinteraksi dengan banyak orang. Anda dapat mengajarkan melalui keluarga, kerabat, teman dan lainnya. Berikan kenyamanan ketika berinteraksi, sehingga anak mampu memahami dan merespon secara baik. 

2. Berikan Semangat dan Katakan Jika Anak Anda Berani

Ketika anak pemalu lebih diam, maka yang dapat anda lakukan adalah dengan memberi semangat dan mengembalikan kepercayaan dirinya. Hindari menyebut anak anda seorang pemalu, karena dapat mengurangi kepercayaan dirinya. 

3. Hindari Memaksa Anak

Cara mengatasi phobia sosial anak yakni hindari memaksakan keinginan anda agar anak lebih aktif. Hal tersebut akan membuat anak menjadi kurang nyaman dan malah memberontak.

Sebaiknya, anda bertanya kepada anak apa yang diinginkan, sehingga anda dapat mengambil sikap mana yang tepat untuk memberikan kondisi sosial untuknya. 

4. Biarkan Anak Berpikir Positif

Terkadang gangguan kecemasan tersebut membuat anak menjadi bahan candaan. Berikan dukungan kepada anak agar selalu berpikiran positif.

Jelaskan padanya dengan metode yang paling baik, sehingga ia mampu melatih dirinya agar selalu santai menghadapi bullying sekitarnya. Hal ini anda melatih keberanian dan mental anak terhadap cemoohan teman-temannya, sehingga tidak mudah minder. 

5. Mengajarkan Ketenangan Diri

Cara mengatasi phobia sosial anak yang dapat anda lakukan yakni dengan mengajari untuk menenangkan diri ketika merasakan phobia waktu berinteraksi di tempat ramai. 

Anda dapat memberikan masukan yang memberinya kepercayaan diri dan mengajarkan sikap tenang dengan cepat. Seperti, gerakan menarik nafas dan lepaskan, atau metode lainnya.  

6. Ajak Berbicara dan Beri Penjelasan

Mengajaknya berkomunikasi dengan baik adalah salah satu cara untuk mengatasi phobia. Dengan komunikasi tersebut, anda dapat menjelaskan apa itu phobia dan sampaikan cara mengatasinya. Sehingga, anak dapat memahami apa yang anda sampaikan. Anak akan menjadi paham cara mengatasi dirinya sendiri. 

Dengan mengetahui cara mengatasi phobia sosial anak, maka anak anda akan menjadi anak yang aktif dan mudah berinteraksi dengan lingkungan.