Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Guru Itu Bukan Buruh, Guru Adalah Ujung Tombak Pendidikan Bangsa

Guru Itu Bukan Buruh, Guru Adalah Ujung Tombak Pendidikan Bangsa

Guru adalah ujung tombak pendidikan, karena kehadirannya mempengaruhi secara langsung, membina serta mengembangkan kemampuan siswa dalam pembelajaran. Berkat guru siswa menjadi manusia yang cerdas, terampil serta bermoral.

Bahkan demi para siswa didiknya, guru dituntut memiliki dasar kemampuan dasar sehingga proses belajar mengajar lebih berkualitas. Dengan guru yang berkualitas dan profesional, maka tercipta generasi bangsa yang bermutu dan bermartabat.

Lihat juga: Peran Guru Sangat Besar Dalam Menciptakan Kepemimpinan di Masa Mendatang

Guru mengajar dengan hati, dan bukan dari buku. Guru sepenuh hati memberikan yang terbaik untuk masa depan pada anak didiknya.

Guru memilih profesi bukan karena uang atau semata buruh saja, namun berkeinginan membuahkan perubahan serta kualitas generasi penerus yang bermoral untuk menghadapi tantangan dunia global.

Guru Adalah Ujung Tombak Pendidikan dan Kemajuan Bangsa

Guru merupakan tenaga pendidik profesional yang memiliki tugas utama dalam mendidik, memberi arahan, membimbing, mengevaluasi dan memberikan pelatihan dan penilaian.

Masyarakat percaya bahwa dengan adanya guru, maka dapat membentuk kepribadian anak didik agar memiliki intelektual yang tinggi serta jiwa kepemimpinan yang bertanggung jawab.

Guru mengajarkan banyak pengetahuan sehingga membuat kehidupan seseorang menjadi lebih mudah. Tingkat guru lebih tinggi di mata pendidikan.

Guru adalah ujung tombak pendidikan yang menggunakan teknik dan metode belajar yang menyenangkan namun tetap menciptakan belajar mengajar yang diinginkan siswa. Metode yang menumbuhkan gairah belajar, suasana yang menyenangkan dan menciptakan interaksi interaktif dengan anak didik.

Peran Penting Serta Fungsi Dari Guru

Guru tidak hanya sekedar bekerja sebagai pendidik saja. Namun berbagai elemen terdapat padanya. Sehingga tidak akan cukup untuk mengutarakan peran penting seorang guru. Karena sudah melekat hingga jiwa dan menjadi suatu keharusan terutama dalam menciptakan pribadi yang berkualitas.

1. Guru Sebagai Pendidik

Guru menjadi pendidik dan menjadi panutan untuk peserta didik maupun lingkungannya. Pendidik harus memiliki standar kualitas karena mencakup kedisiplinan, wibawa, tanggung jawab serta kemandirian.

Peran guru disini dapat meningkatkan pertumbuhan serta perkembangan anak sehingga memiliki pengalaman. Sehingga anak lebih bertanggung jawab kemasyarakatan, terampil dan berpengetahuan luas. Selain itu Guru adalah ujung tombak pendidikan yang mengontrol aktivitas anak agar tidak menyimpang dari norma yang ada.

2. Sebagai Pembimbing

Guru bertanggung jawab terhadap kelancaran perjalanan anak didik ke fase yang lebih tinggi. Tidak hanya menyangkut fisik. Namun lebih kepada kreatifitas, mental, emosional, spiritual dan moral. Oleh karena itu guru harus merencanakan tujuan atau kompetensi yang akan dicapai.

Dengan melaksanakan pembelajaran serta penilaian terhadap siswa, maka guru akan lebih mengerti kualitas dan karakter masing-masing anak didiknya. Sehingga perlu adanya keterlibatan interaksi secara langsung dengan murid.

3. Sebagai Panutan dan Teladan

Seorang guru memperhatikan sikap dasar, kebiasaan bekerja, gaya bahasa dan bicara, pakaian, proses berpikir, sikap pengalaman, selera, keputusan serta gaya hidup. Berdasarkan beberapa hal tersebut sangat berpengaruh pada sosok guru di lingkungan masyarakat.

Guru adalah ujung tombak pendidikan dan sebagai teladan yang baik, guru menjadi sorotan peserta didik maupun lingkungan sekitar.

4. Guru Sebagai Pendorong Kreativitas

Kreativitas merupakan hal yang penting untuk menciptakan anak didik yang berbakat serta intelektual. Guru harus bisa menciptakan dan menemukan cara lebih baik untuk melayani peserta didik sehingga siswa dapat lebih menggali kreativitasnya.

5. Guru Sebagai Pengajar

Guru berperan penting dalam memotivasi, menggali keterampilan serta perkembangan anak didik. Terutama mengembangkan sisi kepribadian anak agar dapat secara mudah memecahkan masalah.

Guru membuat ilustrasi, mendefinisikan, menganalisis, mensintesis, merespon, bertanya, mendengarkan, menciptakan kepercayaan, menyediakan media, dan lainnya.

Guru adalah ujung tombak pendidikan bangsa. Gurulah yang mengukir anak didik sehingga menjadi pribadi dan generasi penerus yang kuat, berkompeten, dan intelektual.