7 Langkah Agar Proses Belajar Mengajar Menarik dan Berkualitas
Cari Berita

Atas


7 Langkah Agar Proses Belajar Mengajar Menarik dan Berkualitas

Senin, 18 November 2019

7 Langkah Agar Proses Belajar Mengajar Menarik dan Berkualitas
Ada 7 langkah yang harus dilakukan agar proses belajar mengajar menarik dan berkualitas untuk peserta didik.

Pihak pendidik harus menjadi salah satu yang bertanggung jawab terhadap hadirnya proses belajar mengajar yang menarik dan berkualitas. Sebenarnya ada beberapa langkah yang dapat dilakukan agar proses belajar mengajar menarik dan berkualitas. Dengan proses yang menyenangkan, maka peserta didik akan lebih mudah menyerap pelajaran yang disampaikan.

Langkah-langkah ini menjadi pedoman yang cocok digunakan para pengajar nantinya. Ketika proses belajar mengajar menarik dan berkualitas tentu saja juga dapat diperoleh hasil pembelajaran yang terbaik. Pahami langkah-langkahnya di bawah ini.

Lakukan Berbagai Langkah Ini Agar Proses Belajar Mengajar Menarik dan Berkualitas


1. Pahami Lingkungan Tempat Kegiatan Belajar Mengajar Dilakukan

Pertama pihak pengajar harus lebih dahulu memahami lingkungan tempatnya melakukan kegiatan belajar mengajar. Pemahaman terhadap lingkungan ini menjadi langkah penting untuk memahami model, strategi sampai dengan metode pembelajaran mana yang tepat diterapkan pada siswa.

2. Lakukan Analisa Karakteristik Siswa Secara Umum

Setelah memahami bagaimana lingkungan tempat belajar mengajar akan berjalan selanjutnya pahami analisa karakteristik dari siswa secara umum. Ini akan menunjang informasi mengenai lingkungan yang sebelumnya telah diperoleh untuk menemukan metode, model sampai strategi yang tepat.

3. Buatlah Model Pembelajaran yang Dirasa Sesuai

Sekarang jika semua data yang diperlukan telah diperoleh mulai buat sebuah model pembelajaran yang dirasa sesuai dengan kebutuhan dari siswa. Tak ada salahnya lebih dahulu mencari referensi model pembelajaran untuk memperoleh hasil yang terbaik.

4. Pilih Metode Pembelajaran yang Bervariatif dan Sesuai Kebutuhan

Metode pembelajaran yang itu-itu saja seringkali membuat siswa menjadi bosan. Untuk meningkatkan ketertarikan siswa pilih metode pembelajaran yang bervariasi dan sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk memastikan variasi metode pembelajaran ini tidak membuat tujuan pembelajaran menjadi terabaikan ya.

5. Jangan Ragu Memilih Media Pembelajaran yang Berbeda

Selain memilih metode pembelajaran yang bervariasi jangan lupa terapkan juga pemilihan media belajar yang berbeda. Media belajar yang berbeda dan baru akan membuat siswa lebih tertarik. Selain itu besar kemungkinan materi akan dapat disampaikan dengan baik. Hanya saja sesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi lingkungan pembelajaran ya.

6. Pastikan Siswa Aktif Saat Proses Berlangsung

Untuk memastikan pesan atau materi pembelajaran diterima dengan baik, pacu siswa menjadi aktif selama proses berlangsung. Namun, tidak hanya sekedar aktif siswa juga sebaiknya memahami apa yang disampaikan selama proses tersebut berlangsung.

Ada banyak cara yang dapat memacu keaktifan siswa seperti memberikan reward atau memberikan pertanyaan yang memancing siswa untuk bertanya. Ini menjadi tugas pendidik yang mungkin cukup sulit dilakukan karena keinginan siswa untuk terlibat aktif dalam proses belajar mengajar biasanya berbeda-beda.

7. Ajak Siswa Mengaplikasikan Hasil Belajar Pada Lingkungan Sekitar

Hal-hal yang mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari biasanya lebih melekat di benak siswa. Untuk itu cobalah mengajak siswa mengaplikasikan hasil pembelajaran di lingkungan sekitarnya.

Misalkan saja memahami terkait anatomi tumbuhan langsung di lingkungan sekitar. Selain itu juga dapat dengan melakukan praktek langsung pada materi-materi tertentu seperti praktikum kimia atau berbagai jenis penerapan materi lainnya.

Pembahasan mengenai tujuh langkah agar proses belajar mengajar menarik dan berkualitas di atas diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi Anda para pengajar. Sehingga hal tersebut dapat memacu penyerapan materi yang diberikan menjadi lebih maksimal.