Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apakah Sekolah Anak Anda Sudah Mengajarkan 4 Keterampilan Belajar Abad Ke 21?

Apakah Sekolah Anak Anda Sudah Mengajarkan 4 Keterampilan Belajar Abad Ke 21?

Keterampilan belajar abad ke 21 sangat penting dimiliki generasi-generasi milenial saat ini. Apalagi di era zaman sekarang menuntut semuanya berbasis digital atau online.

Oleh sebab itu skill yang dimiliki setiap orang sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari hari. Misalnya untuk memperoleh sebuah pekerjaan.

Lihat juga : Guru Harus Mengembangkan Kreativitasnya Untuk Menyesuaikan Zaman

Selain itu dengan kemampuan ini menjadikan anak-anak bangsa Indonesia tidak tertinggal oleh negara-negara maju. Seperti Amerika Serikat, Singapura, Jepang, dan lain-lain.

Peran sekolah sangat penting untuk menumbuhkan skill ini. Pasalnya sekolah sebagai wadah bagi anak-anak tersebut mendapatkan berbagai ilmu. Oleh sebab itu sudah sewajarnya sekolah memiliki berbagai macam keterampilan belajar ini.

Agar anak semakin memiliki skill yang mumpuni dan siap bersaing secara global.

Berikut beberapa skill yang harus dimiliki anak-anak pada abad ke 21 ini. Agar mampu bersaing di kancah nasional maupun internasional.

4 Keterampilan Belajar Abad Ke 21 yang Wajib Anda Punya

Sebagai pencetak generasi unggul harapan bangsa. Hendaknya setiap sekolah sudah menerapkan dan mempersiapkan beberapa skill berikut ini.

1. Komunikasi

Sebagai makhluk sosial sudah sewajarnya manusia berkomunikasi dengan makhluk lainnya. Oleh sebab itu keterampilan belajar abad ke 21 yang harus dimiliki yaitu komunikasi. Namun tentunya setiap orang memiliki skill untuk berkomunikasi.

Akan tetapi tidak semua orang menyampaikan komunikasi dengan cara tepat dan benar. Oleh sebab itu melalui pendidikan yang ada di sekolah. Nantinya anak akan diajarkan cara berkomunikasi dengan baik dan benar.

Anak akan dituntut untuk memahami berbagai hal bentuk komunikasi lisan maupun tertulis. Apalagi ketika berdiskusi atau bekerja sama tentu saja anak akan mengungkapkan pendapatnya.

Mulai dari situ dapat dilihat bagaimana penyampaian bahasa, intonasi, etika, dan lain-lain. Meskipun anak tersebut nantinya akan dihadapkan suatu masalah akan dilihat bagaimana solusi yang bisa anak berikan.

2. Kolaborasi

Selain berkomunikasi yang baik sebagai makhluk sosial anak-anak juga dituntut untuk saling bekerja sama. Karena pada dasarnya manusia pasti membutuhkan manusia lainnya untuk hidup.

Oleh sebab itu sebagai manusia hendaknya saling tolong menolong. Ternyata filosofi tersebut juga masuk dalam keterampilan belajar abad ke 21.

Kolaborasi anak-anak dapat dilihat ketika mereka sedang melakukan diskusi dan kerja kelompok bersama. Ketika menemukan pendapat yang bermacam macam dan berbeda beda bagaimana sifat anak-anak ini.

Nantinya akan terlihat sifat kepemimpinan, kekompakan, tanggung jawab, dan lain-lain.

Kapanpun dan dimanapun team work itu selalu dibutuhkan dan digunakan. Mulai dari kerja, sekolah, bahkan aktivitas sehari hari.

3. Berpikir Kritis Dan Mampu Memecahkan Masalah

Mungkin belum banyak sekolah yang sudah mengajarkan salah satu skill ini. Padahal berpikir kritis dan mampu memecahkan masalah sangat penting. Apalagi ketika anak-anak dihadapkan berbagai permasalahan yang muncul.

Lalu, juga dituntut untuk berpikir tepat dan cepat maka dapat menggunakan skill ini.

Salah satu dari keterampilan belajar abad ke 21 ini harusnya sudah diajarkan sedari kecil. Mulai dari hal-hal yang ringan seperti mengerjakan soal-soal matematika. Apabila anak-anak merasa kesulitan dalam memecahkan soal tersebut.

Maka sebagai guru hendaknya kita mengarahkan terlebih dahulu seperti cara-cara atau rumus penyelesaiannya. Setelah itu apabila dirasa tidak bisa baru guru bisa memberikan jawabannya.

Sehingga guru tidak langsung memberikan jawabannya. Akan tetapi menyuruh anak tersebut untuk berusaha memecahkannya sendiri. Karena guru sudah memfasilitasi dengan rumus-rumus yang telah diberikan.

4. Kreativitas Dan Inovasi

Untuk keterampilan yang satu ini memang sangat berguna di masa depan misalnya dalam dunia kerja. Keterampilan belajar abad ke 21 ini dibutuhkan untuk memajukan bisnis yang sedang digeluti. Agar terlihat beda dengan yang lainnya dan anti mainstream. Sehingga memicu peluang untuk semakin berkembang kedepannya hingga menuju gerbang sukses.