Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 SD dengan Biaya Sekolah Termahal di Indonesia

5 SD dengan Biaya Sekolah Termahal di Indonesia, Uang Pangkal Sampai Ratusan Juta

Salah satu pertimbangan orang tua ketika mendaftarkan anak ke jenjang Sekolah Dasar (SD) adalah biaya. Makin bagus fasilitas sebuah sekolah biasanya makin tinggi biaya sekolah tersebut. Tidak terkecuali pada SD di Indonesia. Berikut beberapa pilihan sekolah dengan biaya sekolah di atas rata-rata yang SekolahDasar.Net lansir dari detikcom (27/07/21).

Lihat juga : Penyebab Banyak SD Negeri Sepi Peminat dan Kehilangan Murid

5 Sekolah Dasar dengan Biaya Termahal

1. SD British School Jakarta

British School Jakarta semulai didirikan dengan dukungan Kedutaan Besar Inggris untuk siswa internasional di lingkungan setempat. Sekolah ini menerapkan kurikulum pengembangan dari kurikulum nasional untuk mata pelajaran matematika dan bahasa Inggris, serta International Primary Curriculum untuk mata pelajaran lain.

Biaya sekolah di British School Jakarta per tahun akademik 2021-2022 untuk anak usia 7-11 tahun yaitu Rp124 juta per term atau Rp353,4 juta per tahun. Sementara itu, biaya sekolah untuk anak usia 12 dan 13 tahun yaitu Rp387,4 juta per tahun. Biaya ini mencakup uang sekolah, alat tulis, dan ekskursi.

2. Binus International School Simprug

Binus International School Simprug menerapkan kurikulum International Baccalaureate (IB). Biaya sekolah di Binus International School Simprug terdiri dari yang uang pangkal sebesar Rp144 juta dan uang sekolah sebesar Rp 540 juta hingga kelulusan.

3. Global Jaya School

Biaya SPP SD Global Jaya School per tahun ajaran 2018-2019 yaitu Rp29,1 juta per term atau per tiga bulan. Jika orang tua memilih membayar SPP satu tahun langsung, maka biaya SPP yang dikenakan yaitu Rp106,7 juta per tahun atau dikenakan diskon satu bulan.

Biaya SP Global Jaya School terdiri dari dua opsi pembayaran, yaitu SP per tahun Rp23 juta atau SP untuk 6 tahun sebesar Rp98,8 juta. Murid SD Global Jaya School juga dikenakan biaya Kegiatan Olahraga dan After School dari penyedia luar tergantung aktivitasnya.

4. SD Cikal

Sekolah ini memiliki kurikulum International Baccalaureate (IB). Biaya masuk atau uang pangkal di SD Cikal Cilandak adalah Rp104,3 juta (non-sibling) dan Rp93,9 juta (sibling), seperti dikutip dari Mommies Daily. Sementara biaya SPP adalah Rp6 juta per bulan, Rp17,4 juta per 3 bulan, atau Rp65,8 juta per tahun.

5. New Zealand School Jakarta

Biaya sekolah New Zealand School Jakarta untuk murid SD kelas 1-6 yaitu Rp195,6 juta per tahun untuk satu kali bayar, Rp203,3 juta per tahun untuk pembayaran per 6 bulan, dan Rp210,9 juta per tahun untuk pembayaran per term, seperti dikutip dari situs resmi NZSJ.

Orangtua murid dikenakan biaya pendaftaran murid SD baru sebesar Rp5 juta. Siswa sekolah NZSJ juga dikenakan Annual Development Levy (ADL), semacam biaya pengembangan tahunan yang dibayarkan untuk satu tahun penuh. Di samping itu, NZCJ mengenakan biaya bus sekolah, katering atau kantin, seragam sekolah, dan kegiatan setelah sekolah atau perkemahan.