Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengapa Anak Sulit Paham Ketika Belajar dengan Orangtua

Mengapa Anak Sulit Paham Ketika Belajar dengan Orangtua

Anak sulit paham ketika belajar bersama orang tua menjadi persoalan yang sering ditemui sehari hari. Tentunya hal ini perlu diulik lebih dalam. Sebenarnya apa penyebab anak kurang menangkap materi pelajaran yang diajarkan oleh orang tua.

Tentu saja dalam proses belajar membutuhkan kerjasama dari dua pihak. Dua pihak tersebut yaitu orang tua dan anak-anak. Materi pembelajaran tidak akan bisa diserap dengan baik oleh anak. Jika hanya salah satu pihak yang bekerja keras.

Agar hasil belajar yang diperoleh anak bisa maksimal. Berikut beberapa penyebab anak kurang menangkap materi pelajaran dengan baik.

Hal yang Memicu Anak Sulit Paham Ketika Belajar Bersama Orang Tua

Setelah pulang sekolah alangkah baiknya materi yang sudah diajarkan oleh guru. Kembali dipelajari oleh siswa saat berada di rumah. Oleh sebab itu peran orang tua sebagai pembimbing dan pengajar sangat dibutuhkan disini.

1. Gaya Belajar yang Belum Sesuai

Tentunya Anda sebagai orang tua harus paham mengenai berbagai macam gaya belajar. Setiap anak memiliki keunikan yang berbeda beda termasuk dalam hal belajar.

Oleh sebab itu Anda harus benar-benar memastikan apakah gaya belajar yang digunakan sudah sesuai. Gaya belajar ada beberapa macam. Misalnya visual, auditori, dan kinestetik.

Dari ketiga gaya belajar tersebut manakah yang paling sesuai dengan karakteristik anak Anda? Sehingga problem anak sulit paham ini dapat terselesaikan.

2. Waspada Jika Terdapat Gangguan Pada Anak

Anak sulit paham juga bisa disebabkan dari dalam diri anak tersebut. Sebagai orang tua Anda harus paham betul mengenai situasi yang sedang dialami si anak.

Apabila ditemukan gejala yang tidak normal pada anak. Anda bisa berkonsultasi pada psikolog atau dokter anak. Pasalnya bisa saja anak menderita gangguan seperti disleksia dan lain-lain.

3. Orang Tua Terlalu Otoriter Pada Anak

Pasti sering Anda menemui atau melihat kasus orang tua yang memarahi anaknya. Karena tidak paham materi pelajaran. Padahal hal tersebut berpotensi dalam psikologi si anak. Selain itu, berpengaruh pada mental sang anak.

Memang mengajari anak bukal hal yang mudah untuk dilakukan. Akan tetapi itu sudah menjadi kewajiban Anda dan kita semua sebagai orang tua.

Lihat juga: Trik Menghadapi Anak Sulit Belajar di Rumah Dengan Pola yang Baik

Oleh sebab itu hendaknya lebih bersabar lagi untuk mengajari si buah hati. Mungkin alternatif solusi yang bisa diberikan apabila anak sulit paham.

Bisa dengan memberikan reward atau metode pembelajaran yang menyenangkan. Selain anak senang dan tidak takut untuk belajar. Anda juga bisa dengan tenang dan sabar dalam mengajarinya.

4. Orang Tua Terlalu Memanjakan Anak

Selain sifat otoriter yang harus dihindari sifat memanjakan ini juga harus dihindari. Sifat yang paling pas yaitu tidak  terlalu memanjakan si kecil. Selain itu, tidak terlalu mengekangnya untuk belajar agar anak sulit paham saat belajar dapat dihindari.