Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Metode Terapi untuk Meningkatkan Konsentrasi Anak, Menarik untuk Diterapkan

Metode Terapi untuk Meningkatkan Konsentrasi Anak, Menarik untuk Diterapkan

Terapi untuk meningkatkan konsentrasi anak dapat dilakukan dengan berbagai metode. Daya ingat serta konsentrasi merupakan suatu hal penting bagi anak. Kedua hal tersebut dapat memudahkan anak untuk lebih fokus dalam pelajaran di sekolah maupun berbagai kegiatan lainnya.

Akan tetapi tidak semua akan dapat berkonsentrasi dengan baik. Bahkan ada pula anak yang sulit untuk berkonsentrasi pada tingkat tertentu, seringkali dihubungkan dengan ADHD (attention deficit hyperactivity disorder).

Metode Terapi untuk Meningkatkan Konsentrasi Anak

Konsentrasi anak yang mudah terganggu dapat disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari pengaruh dalam diri anak, seperti kelelahan, tidak ada motivasi, serta kurangnya kemampuan anak dalam mengontrol diri.

Terdapat pula pengaruh luar, seperti lingkungan yang terlalu ramai atau berisik. Sedangkan konsentrasi sangat penting bagi anak-anak. Mereka yang mempunyai konsentrasi yang baik , pada umumnya terbiasa memenuhi tugas serta tanggung jawab yang baik. Bahkan terkesan cepat dalam menyelesaikan pekerjaan.

Dengan pentingnya konsentrasi pada diri anak, berikut ini beberapa metode terapi untuk meningkatkan konsentrasi anak yang dapat Anda terapkan pada buah hati antara lain:

1. Meditasi Lilin

Metode ini dapat dilakukan buah hati Anda dengan cara duduk bersila di depan lilin. Selanjutnya pejamkan mata. Kemudian pikirkan hal-hal lain selain tentang lilin tersebut. Ajak buah hati Anda untuk melakukan kegiatan tersebut selama 5 hingga 10 menit.

Kegiatan meditasi lilin tersebut terbukti dapat membuat kekuatan konsentrasi anak menjadi meningkat. Dengan kegiatan ini, anak akan menemukan pikiran-pikiran yang rileks di kepala. Setelah itu anak akan menemukan diri pada konsentrasi yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

2. Permainan yang Mengasah Konsentrasi

Dengan permainan menari dan menyenangkan, dapat Anda gunakan sebagai salah satu metode terapi konsentrasi mereka. Permainan konsentrasi adalah salah satu aktivitas yang dapat membantu buah hati Anda dalam mengasah kemampuan berkonsentrasi.

Terdapat beberapa jenis permainan yang mengasah konsentrasi yang cukup mudah dilakukan. Salah satunya dengan bermain puzzle, mencari perbedaan gambar, mewarnai satu tempat dalam setiap beberapa waktu. Terdapat pula permainan konsentrasi yang dapat dimainkan anak tanpa adanya alat bantu apapun.

Permainan tersebut dimainkan dengan cara berhitung atau menyebutkan satu kata dari setiap pemain secara bergantian. Permainan ini mengikuti sebuah pola. Seperti mengganti angka kelipatan 3 dengan huruf A. Nantinya akan menjadi "1-2-A-4-5-A-7-8-A, dan seterusnya.

3. Mencium Bau

Poin penting dalam metode ini adalah dengan memfokuskan indra penciuman Anak untuk mendeteksi satu baju saja dari sekian banyak bau yang dapat mereka cium. Hal ini dapat dilakukan dengan melatih anak untuk mengumpulkan berbagai batang dengan bau yang tajam.

Seperti nangka, durian, jeruk, mengkudu. Letakkan buah tersebut di sekitar anak. Dengan mata tertutup, anak mencoba mengidentifikasi bau dari buah-buahan tersebut.

Lihat juga : Penggunaan Gawai Berlebihan Akibatkan Konsentrasi Belajar Menurun

Setelah teridentifikasi, lanjutkan agar anak lebih fokus pada satu buah saja. Metode terapi untuk meningkatkan konsentrasi anak satu ini memerlukan intensitas pada indra penciuman serta melatih otak anak untuk memusatkan perhatian pada satu macam bau saja. Tujuan dari latihan ini untuk memusatkan konsentrasi sehingga anak dapat mengendalikan serta mengarahkan pikiran mereka.