Rekomendasi Mainan yang Cocok Untuk Anak Usia 10-12 Tahun
Cari Berita

Atas


Rekomendasi Mainan yang Cocok Untuk Anak Usia 10-12 Tahun

Rabu, 29 Juli 2020

Rekomendasi Mainan yang Cocok Untuk Anak Usia 10-12 Tahun
Agar tidak salah pilih, pastikan Anda memilih mainan yang cocok untuk anak usia 10-12 tahun demi tumbuh kembangnya.

Mainan adalah salah satu benda yang tidak bisa dilepaskan dari anak-anak. Bahkan di jenjang yang dianggap masa akhir usia anak-anak yakni 10-12 tahun, mereka tetap butuh mainan. Namun agar memperoleh manfaat yang maksimal, orangtua jangan salah pilih dan wajib tahu seperti apa mainan yang cocok untuk anak usia 10-12 tahun.

Memang jika dibandingkan anak-anak yang masih tujuh tahun, jenjang usia 10-12 tahun cenderung sudah tidak suka bermain. Apalagi di zaman serba gawai dan internet seperti sekarang, mereka mungkin lebih memilih smartphone atau main game di konsol modern. Padahal menurut laporan AAP (American Academy of Pediatrics), mainan tradisional lebih baik daripada mainan di gawai modern.

Lihat juga: Rekomendasi Mainan yang Cocok Untuk Anak Usia 7-9 Tahun

Laporan itu senada dengan penelitian JAMA Pediatrics di tahun 2016, bahwa mainan-mainan tradisional seperti puzzle atau balok lebih terbukti meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Hanya saja kembali lagi pada jenjang usia 10-12 tahun yang siap memasuki tahapan remaja, tentunya mainan mereka juga akan berbeda. Seperti apa saja? Simak ulasannya berikut ini!

1. Monopoli

Monopoli adalah salah satu mainan rekomendasi untuk anak usia 10-12 tahun yang terbaik. Melalui monopoli, anak akan belajar berinteraksi sosial, mengasah keterampilan, mengatur strategi, mengatasi kesulitan dan tentunya mengatur keuangan secara bijaksana. Dengan bermain monopoli, orangtua pun bisa ikut terlibat aktif sehingga hubungan dengan anak semakin baik.

2. Catur

Menurut Stuart Marguiles, Ph.D. selaku pakar psikologi pendidikan di New York, siswa SD di Los Angeles dan New York yang bermain catur, bisa meraih nilai 10% lebih tinggi dibandingkan teman-temannya yang tidak main catur. Apalagi di usia 10-12 tahun yang memasuki tahap terakhir bangku SD, catur bisa menjadi salah satu alat permainan terbaik sekaligus mengasah otak.

3. Skateboard

Usia anak-anak memang sangat aktif sehingga untuk menyalurkan energi mereka yang meluap, olahraga adalah jawabannya. Jika di usia 7-9 tahun sudah dikenalkan pada sepeda atau roller blade, cobalah memberikan skateboard untuk anak umur 10-12 tahun. Tidak banyak yang tahu kalau skateboard bisa meningkatkan koordinasi tubuh dan mengurangi stres.

4. Action Figure

Action figure bisa menjadi salah satu rekomendasi mainan untuk anak usia 10-12 tahun. Kenapa begitu? Karena melalui action figure, anak akan berlatih untuk menyelesaikan masalah, gigih mencapai tujuan dan daya imajinasi. Dibandingkan membelikan robot dalam bentuk jadi, action figure akan membuat mereka lebih kreatif, semangat dan tentunya tekun.

5. Scrabble

Saat buah hati berusia 10-12 tahun, coba perbanyak permainan yang edukatif dan menunjang pendidikannya. Salah satunya adalah scrabble, permainan papan merangkai kata. Melalui scrabble, kosakata anak bakal bertambah, daya hitung cepat matematika meningkat serta makin pintar dalam mengolah anagram, yang mana semuanya berguna dalam pendidikan di sekolah.

6. Science Kit

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, anak-anak umur 10-12 tahun ada baiknya bermain yang menunjang pendidikan. Science kit bisa jadi pilihan seperti mempelajari arus listrik, keseimbangan benda, atau gaya gesek secara sederhana. Dengan permainan edukatif saintik ini, anak tidak akan sadar kalau mereka tengah belajar lantaran seperti sedang bermain.

Bagaimana? Ternyata ada cukup banyak bukan mainan-mainan rekomendasi untuk anak usia 10-12 tahun? Anda sebagai orangtua tinggal memilih salah satu di antaranya yang paling sesuai untuk mereka. Dengan mainan yang tepat, orangtua pun bisa tenang sementara buah hati bisa menghabiskan waktu sembari belajar dan mengembangkan kepribadian dan kemampuan diri secara maksimal.