Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Buku Daftar Nilai Kelas 1 Semester 1 Kurikulum 2013

Buku Daftar Nilai Kelas 1 Semester 1 Kurikulum 2013

Setiap guru pasti melakukan evaluasi hasil proses belajar mengajar dengan memberikan suatu penilaian pada siswa. Pada Kurikulum 2013 (K-13) tidak hanya menilai pengetahuan dan ketrampilan namun juga menilai sikap spiritual dan sosial. 

Penilaian pada K-13 juga berbeda dengan kurikulum sebelumnya, dimana penilaian dilakukan per Kompetensi Dasar (KD). Sehingga guru kelas perlu menyiapkan format penilaian sesuai K-13 revisi terbaru sebagai salah perangkat yang wajib digunakan oleh guru.


Sebelumnya, pasti guru telah memiliki pemetaan KD yang merupakan analisis KD yang muncul pada pembelajaran setiap subtema dan tema di semester 1 kelas 1. Dengan pemetaan KD ini juga memudahkan guru dalam membuat buku daftar nilai kelas 1 semester 1.

Di kelas 1 semester 1 ada 4 tema, setiap tema terdiri dari 4 subtema yang terdiri dari muatan pelajaran PPKN, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, SBdP, Matematika dan PJOK. Setiap akhir dari subtema dilaksanakan penilaian harian.

Penilaian pada K-13 tidak hanya bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman atau mengukur tingkat daya serap siswa pada kompetensi dasar materi ajar. Namun juga untuk refleksi bagi guru untuk memperbaiki proses belajar mengajar lebih baik.

Download Buku Daftar Nilai Kelas 1 Semester 1

SekolahDasar.Net akan membagikan format nilai kelas 1 semester ganjil dalam file Excel. Guru dapat mengeditnya untuk disesuaikan dengan sekolah. File ini dapat dicetak dan dibuat menjadi buku daftar nilai siswa. File daftar nilai kelas 1 semester 1 yang telah dikompres menjadi .rar dapat didownload melalui link berikut ini:


Buku daftar nilai yang telah Anda download di atas terdiri dari daftar penilaian harian, penilaian tengah semester (PTS), dan penilaian akhir semester (PAS). Selain itu juga ada daftar nilai portofolio hingga rekapitulasi nilai akhir yang akan digunakan sebagai nilai raport.