Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kumpulan Soal Ulangan Kelas 1 Semester 1 K-13

Kumpulan Soal Ulangan Kelas 1 Semester 1 K-13
Download kumpulan soal ulangan atau soal penilaian semester ganjil kelas 1 SD/MI sesuai Kurikulum 2013 edisi revisi terbaru.

Proses evaluasi berupa penilaian atau Ulangan Harian (UH) dan Penilaian Tengah Semester (PTS) atau Ujian Tengah Semester (UTS), serta Penilaian akhir semester (PAS) atau juga dikenal dengan Ulangan akhir semester (UAS) ganjil pada kelas 4 jenjang Sekolah Dasar (SD) dilakukan dengan pendekatan tematik, sesuai dengan metode yang diterapkan oleh Kurikulum 2013 (K-13).

Dalam Kurikulum 2013 SD/MI kelas 1 disediakan beberapa tema, setiap tema memiliki 4 subtema, dan setiap subtema terdiri dari 6 pembelajaran. PAS semester ganjil dilaksanakan pada bulan Desember sesuai dengan kalender pendidikan yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan. Tema yang digunakan untuk penilaian akhir semester 1 Kelas 1 K-13 revisi terbaru sebagai berikut:

TEMA DAN SUBTEMA KELAS 1 SEMESTER 1 KURIKULUM 2013


TEMA 1. DIRIKU
Subtema 1 Aku dan Teman Baru
Subtema 2 Tubuhku
Subtema 3 Aku Merawat Tubuhku
Subtema 4 Aku Istimewa

TEMA 2. KEGEMARANKU
Subtema 1 Gemar Berolahraga
Subtema 2 Gemar Bernyanyi dan Menari
Subtema 3 Gemar Menggambar
Subtema 4 Gemar Membaca

TEMA 3. KEGIATANKU
Subtema 1 Kegiatan Pagi Hari
Subtema 2 Kegiatan Siang Hari
Subtema 3 Kegiatan Sore Hari
Subtema 4 Kegiatan Malam Hari

TEMA 4. KELUARGAKU
Subtema 1 Anggota Keluargaku
Subtema 2 Kegiatan Keluargaku
Subtema 3 Keluarga Besarku
Subtema 4 Kebersamaan dalam Keluarga

DOWNLOAD KUMPULAN SOAL ULANGAN SEMESTER 1 KELAS 1


Soal ulangan atau penilaian akhir semester 1 Kelas 1 SD/MI disusun berdasarkan kisi-kisi terdiri dari soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian. Soal ulangan akhir semester Kurikulum 2013 kelas 1 semester 1 terdiri dari beberapa kompetensi dasar muatan mata pelajaran, yaitu: PPKn, Bahasa Indonesia, Seni Budaya dan Prakarya (SBdP).

Untuk bahan persiapan menghadapi UAS atau PAS, khususnya kelas 1 yang menggunakan K-13 dapat mengerjakan soal-soal latihan berikut ini. Selengkapnya soal UAS atau soal penilaian akhir semester ganjil kelas 1 SD/MI sesuai Kurikulum 2013 edisi revisi terbaru yang belum disertai kunci jawabannya dapat didownload melalui link berikut:




Kurikulum 2013 (K-13) telah mengalami revisi, salah satunya, Mata pelajaran (mapel) PJOK di jenjang Sekolah Dasar dan sederajat untuk kelas 1 pada Kurikulum 2013 terpisah dari tematik. PJOK pada Kurikulum 2013 revisi terbaru menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri.

Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) kelas 1 semester 1 perlu dilakukan guru untuk mempermudah dalam melakukan penilaian hasil belajar peserta didik, mempermudah membuat soal evaluasi, mempermudah dalam membuat kisi-kisi soal serta dapat mempermudah dalam melakukan analisis soal.

Hasil penilaian pengetahuan diolah secara kuantitatif dengan menggunakan angka yaitu bilangan bulat skala 0-100, predikat, dan deskripsi. Deskripsi berupa kalimat positif terkait capaian kemampuan peserta didik yang mengacu pada setiap KD. Nilai penilaian akhir semester (NPAS) merupakan nilai setiap KD.