Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Begini Refleksi Guru Indonesia Agar Belajar Lebih Menyenangkan

Begini Refleksi Guru Indonesia Agar Belajar Lebih Menyenangkan

Belajar lebih menyenangkan menjadi dambaan bagi semua komponen yang ada di sekolah. Mulai dari siswa hingga guru. Banyak kasus yang terjadi saat ini yaitu siswa enggan untuk belajar.

Karena memiliki berbagai latar belakang alasan yang mendasari. Misalnya anggapan bahwa belajar itu merupakan sebuah beban yang harus dijalani. Selain itu mereka cenderung menganggap belajar itu bukan hal yang menyenangkan.

Lihat juga : 9 Tipe Guru Seperti Ini yang Dibutuhkan Indonesia

Biasanya belajar yang berlangsung di dalam kelas terkesan spaneng. Nantinya guru akan menjelaskan memaparkan di depan kelas. Selanjutnya siswa duduk mendengarkan ceramah dari guru.

Akan tetapi semenjak diterapkannya kurikulum 2013 siswa dituntut untuk lebih aktif lagi. Sehingga peran guru beralih menjadi fasilitator dalam belajar.

Berikut beberapa tips agar belajar dalam kelas menjadi lebih menyenangkan, serta membuat siswa betah dan nyaman.

Tips Bagi Guru Untuk Menciptakan Suasana Belajar Lebih Menyenangkan

Anda bisa mencoba beberapa tips di bawah ini untuk menciptakan suasana yang nyaman dan happy.

1. Memiliki Aturan yang Tegas, Namun Tetap Empati

Salah satu hal yang perlu di refleksi dari cara belajar mengajar guru selama ini yaitu sikap guru tersebut. Misalnya saat suasana kelas sedang gaduh atau ramai jangan pernah menggunakan nada tinggi pada anak. Karena hal tersebut akan berpengaruh pada psikologis anak tersebut.

Anda bisa mengingatkan dengan nada bahasa yang lembut namun tetap tegas. Selain itu seorang anak itu tentunya mencontoh semua tindakan yang dilakukan gurunya.

Karena terdapat peribahasa jawa yang mengatakan guru merupakan sosok yang "digugu lan ditiru". Maksudnya apabila Anda ingin dihormati oleh siswa-siswa. Maka Anda juga harus menunjukkan rasa empati dan peduli terhadap mereka.

Nanti dengan sendirinya mereka akan menghormati Anda sebagai gurunya. Sehingga akan membuat suasana belajar lebih menyenangkan.

2. Siswa Ikut Berpartisipasi dalam Membuat Aturan

Agar siswa tidak merasa tertekan dengan adanya sebuah aturan. Maka sebagai seorang guru Anda bisa mengajak mereka untuk membuat aturan bersama sama.

Sehingga untuk menepati aturan tersebut tidak akan merasakan beban apapun. Karena siswa-siswa tersebut merasa ikut adil dalam pembuatan aturan.

Selain membuat suasana belajar lebih menyenangkan ini juga membantu melatih kedisiplinan siswa.

3. Memberikan Contoh Real dalam Kehidupan

Biasanya banyak anak yang kurang semangat untuk belajar dikarenakan terpaku dalam satu konsep. Oleh sebab itu anda bisa menciptakan suasana belajar lebih menyenangkan dengan mengajak siswa ke alam bebas.

Anda tidak perlu melakukannya jauh-jauh dari sekolah cukup di lingkungan sekitar sekolah. Misalnya untuk mata pelajaran IPA bisa mengamati hewan maupun tumbuhan di sekitar.

Jika melakukan hal tersebut dijamin siswa tidak akan bosan dan bersemangat untuk belajar. Karena di usia-usia kecil anak menyukai bermain.

Oleh sebab itu Anda bisa menerapkan sistem pembelajaran belajar sambil bermain. Selain menyenangkan anak-anak juga akan mendapatkan berbagai pengetahuan baru. Bahkan terkadang berbeda atau tidak sesuai dengan keadaan di lapangan.

4. Berikan Apresiasi Untuk Anak

Agar anak semakin bersemangat untuk belajar Anda juga bisa memberikan apresiasi. Apresiasi ada berbagai bentuknya. Seperti tepuk tangan jika anak tersebut sudah melakukan sesuatu yang berani atau gagal sekalipun.

Karena dengan memberikan apresiasi anak akan merasa dihargai usahanya. Sehingga jika disuruh mengulangi hal tersebut mereka lebih percaya diri dan berani.

Selain itu Anda juga bisa memberikan apresiasi agar belajar lebih menyenangkan berupa materi misal uang atau jajanan. Hal tersebut dapat menjadi motivasi bagi siswa agar lebih berprestasi lagi kedepannya.