Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Lakukan Evaluasi Diri dengan Membenahi Cara Mengajar

Anda Seorang Guru? Lakukan Evaluasi Diri dengan Membenahi Cara Mengajar

Cara mengajar merupakan faktor yang paling penting dalam proses belajar mengajar. Keefektifan ilmu yang berhasil diserap oleh para siswa tergantung dari bagaimana cara guru mengajar. Karena itulah, ada baiknya seorang guru melakukan evaluasi diri dengan membenahi cara mengajar.

Metode belajar dengan menyuruh siswa menghafal atau memberikan tugas seperti biasa sudah tidak efektif lagi. Anak zaman sekarang sudah berfikir lebih terbuka tentang dunia, dibarengi dengan hadirnya kecanggihan teknologi. Karena itulah, guru harus mencari cara mengajar lain yang benar-benar efektif. Kebetulan, kami memiliki beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengajar. Apa saja? Berikut kami sajikan beserta penjelasannya.

1. Belajarlah ilmu lebih dalam lagi

Karena kemajuan zaman, mendapatkan ilmu menjadi semakin mudah untuk dilakukan. Karena itulah, seorang guru sebaiknya menggunakan teknologi untuk memperdalam ilmu yang mereka ajarkan kepada para siswa. Dengan mengetahui seluk beluk ilmu pengetahuan, proses mengajar pun bisa lebih efektif dan lebih mudah untuk dilakukan.

Kunjungilah forum-forum ilmu pengetahuan terkait, termasuk forum-forum bahasa Inggris. Karena, forum berbahasa Inggris biasanya menyajikan ilmu yang lebih luas.

2. Belajar juga caranya mengajar

Karena sudah lama mengajar, guru jadi lupa caranya mengajar. Hal tersebut mungkin dikarenakan keyakinan bahwa Anda sudah mengajar dengan benar.

Banyak guru yang mengedepankan persaingan dan kecepatan saat mengajar kepada siswa. Padahal hal tersebut bukanlah cara mengajar yang benar. Lagi-lagi, penggunaan teknologi sangat diperlukan di sini. Saran saya, pelajarilah teknik feynman di Youtube maupun mencarinya di Google.

3. Maksimalkan penggunaan teknologi saat mengajar

Teknologi adalah kabar baik bagi dunia pendidikan. Karena, teknologi bisa mempermudah proses belajar mengajar. Contohnya seperti dalam hal pemberian materi yang bisa diberikan dalam video, ujian yang bisa dilangsungkan dengan menggunakan Google Form atau Schoology, pemberian tugas yang bisa dilakukan menggunakan WhatsApp, dan masih banyak lagi. Selain itu, contoh lainnya adalah pembelajaran jarah jauh secara real time seperti sekarang juga menggunakan teknologi.

4. Jadilah lebih dekat dengan siswa

Nah jika tadinya hubungan guru dan siswa seringkali tidak begitu dekat, alias banyak guru yang jual mahal. Sekarang, hal tersebut bukanlah pilihan yang tepat. Karena, anak zaman sekarang seringkali tidak menyukai bahkan membenci guru yang seperti itu.

Untuk membuat kegiatan pembelajaran lebih efektif, alangkah baiknya jika para guru mulai membangun hubungan baik dengan para siswa. Jika sudah terjadi kedekatan, maka para siswa pun akan merasa lebih tenang dan nyaman saat belajar.

5. Ajak siswa untuk belajar di luar kelas

Belajar di kelas seringkali membuat siswa mengantuk dan kehilangan fokus mereka. Karena hal tersebut, ilmu yang diberikan para guru tidak bisa ditangkap dengan baik.

Untuk menghindari hal tersebut, belajar di luar kelas adalah pilihan yang tepat. Belajar sambil menikmati keindahan alam sepertinya sangat bagus untuk dilakukan. Dengan begitu, para siswa pun bisa bersemangat dan bahkan ceria.

Lihat juga : Bukan Standarisasi, Guru Harus Memberikan Ruang Terbuka Bagi Siswa untuk Memunculkan Kreativitas

Nah itulah beberapa cara mengajar yang bisa seorang guru lakukan di zaman berteknologi canggih seperti sekarang. Kami pikir, seharusnya tidak perlu ada peraturan tentang larangan membawa smartphone di tingkatan pendidikan SMP dan SMA. Yang harus dilakukan adalah bagaimana caranya memanfaatkan teknologi tersebut untuk mengefektifkan proses belajar. Karena, kita pun tidak bisa menghindar dari yang namanya teknologi. Lambat laun, teknologi pasti akan masuk ke semua lini kehidupan.