Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Alasan Kenapa Guru SD Harus Terbiasa Menghadapi Masalah

5 Alasan Kenapa Guru SD Harus Terbiasa Menghadapi Masalah

Menjadi guru memang pekerjaan yang berat. Karena tugas guru bukan hanya mengajarkan murid ilmu pengetahuan, tapi juga adab yang baik. Lebih berat lagi jika Anda dipercaya untuk menjadi guru SD. Tak heran jika seorang guru, termasuk guru SD, harus sudah terbiasa menghadapi banyaknya masalah.

Jika ingin tahu lebih lanjut kenapa guru SD harus terbiasa menghadapi masalah, berikut kami sampaikan alasan beserta penjelasannya.

1. Mendidik siswa SD tidaklah mudah

Tidak seperti siswa SMP atau SMA, siswa SD masih lah anak-anak. Karena itulah, membutuhkan tenaga dan pikiran yang ekstra dalam mendidiknya.

Jika sudah terbiasa menghadapi masalah, mungkin Anda tidak akan terlalu repot sampi overthinking. Karena, pengalaman tersebut bisa sangat membantu saat ada masalah terjadi.

Sebelum memutuskan untuk menjadi guru SD, ada baiknya jika Anda sudah tahu dan siap dengan konsekuensinya. Karena seperti yang saya katakan di atas, mendidik siswa SD tidaklah mudah.

2. Harus selalu terlihat semangat

Sikap anak-anak selalu ceria dan selalu ingin diperhatikan oleh sekitarnya, membuat Anda sebagai guru SD tidak punya kesempatan untuk murung. Karena, hal tersebut bisa mempengaruhi para siswa yang Anda ajar.

Masalah yang Anda miliki harus dipendam dan jangan di bawa ke sekolah. Apalagi jangan sampai melampiaskan semua masalah pada para siswa.

Karena itulah, jika sudah terbiasa menghadapi masalah, maka segala emosi yang ditimbulkan oleh masalah bisa bisa tersimpan dengan baik di dalam hati, dan ia pun tetap bisa bersikap seperti biasa.

3. Anda adalah panutan

Bagi para siswa, Anda adalah panutan. Semua yang Anda katakan dan semua yang Anda lakukan, bisa saja ditiru oleh para siswa yang Anda ajar.

Masalah silih berganti, dan jika Anda tidak bisa mengendalikannya dan malah melampiaskannya dalam kemarahan, judes, acuh, dan yang lainnya di dalam kelas, itu sungguh tidak baik. Karena hal tersebut bisa saja ditiru oleh para siswa.

Belajar mengendalikan emosi merupakan hasil panjang dari terbiasa nya seseorang menghadapi masalah. Tekanan masalah yang bertubi-tubi bisa membuat munculnya banyak hal baik.

4. Anda juga seorang penasihat yang baik

Tidak pantas jika seorang penasihat tidak bisa menghadapi masalahnya. Selain itu, seorang penasihat juga tidak boleh melampiaskan emosi dari masalahnya di dalam kelas.

Sebagai seorang penasihat bagi para murid, Anda juga harus memberikan contoh yang baik dalam hidup, termasuk sikap saat menghadapi masalah.

Terlebih lagi, sikap guru yang tidak sesuai dengan ucapannya juga bisa menjadi cibiran bagi para murid.

5. Karena dalam hidup memang selalu ada masalah

Alasan terakhir kenapa guru SD harus terbiasa dengan masalah adalah karena dalam hidup selalu aja ada masalah.

Entah di sekolah maupun di rumah, yang besar maupun kecil, masalah akan selalu ada dalam hidup. Adanya masalah bukanlah tanda bencinya Tuhan kepada kita. Karena jika kita orang yang beriman, masalah hadir sebagai ujian untuk membuktikan bahwa kita pantas naik ke tingkat iman berikutnya.

Lihat juga : 5 Alasan Kenapa Anda Tidak Akan Pernah Menyesal Menjadi Guru

Karena itulah, siapapun, termasuk guru SD, harus terbiasa menghadapi masalah. Mengendalikan masalah dan menyelesaikan masalah merupakan hal yang harus dilakukan. Jangan sampai masalah yang di hadapi berpengaruh buruk pada profesionalitas Anda. Bahkan, jangan sampai masalah tersebut dilampiaskan kepada orang lain, termasuk kepada para murid yang Anda ajar.

Nah itulah 5 alasan kenapa guru SD harus terbiasa menghadapi masalah. Sebenarnya menjadi guru semua tingkat sekolah juga tidak mudah. Jadi, artikel ini mungkin berlaku untuk semua guru.