Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban PTS Tematik Semester 1 Kelas 1

Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban PTS Tematik Semester 1 Kelas 1

Penilaian Tengah Semester (PTS) alias Ujian Tengah Semester (UTS) semester 1 kelas 1 dilaksanakan pada September minggu akhir atau awal bulan Oktober. Metode evaluasi hasil belajar berupa PTS dilaksanakan dengan pendekatan tematik. Ini sesuai dengan yang diimplementasikan oleh Kurikulum 2013.


Dalam Kurikulum 2013 (K-13) kelas 1 terdapat 8 tema. Setiap tema terdiri dari 3 subtema, dan masing- masing subtema ada 6 pembelajaran. PTS kelas 1 semester ganjil terdiri dari 2 tema. SekolahDasar.Net akan membagikan soal latihan PTS semester ganjil kelas 1. Tema yang dipakai untuk PTS semester 1 kelas 1 ialah sebagai berikut:

Tema 1 Diriku 
Subtema 1 Aku Dan Teman Baru
Subtema 2 Tubuhku
Subtema 3 Aku Merawat Tubuhku
Subtema 4 Aku Istimewa

Tema 2 Kegemaranku 
Subtema 1 Gemar Berolahraga
Subtema 2 Gemar Menyanyi Dan Menari
Subtema 3 Gemar Menggambar
Subtema 4 Gemar Membaca

Tujuan pelaksanaan penilaian tengah semester secara khusus adalah untuk memperbaiki cara pembelajaran yang sudah berjalan selama separuh semester. Mengetahui kemajuan hasil belajar dan mendiagnosis kesulitan belajar anak didik. Tidak cuma itu, PTS juga untuk memotivasi murid dalam melakukan perbaikan hasil belajar.

Download Kumpulan Soal PTS Kelas 1 Semester 1 serta Kunci Jawabannya


Soal PTS Tematik kelas 1 semester ganjil terdiri dari beberapa kompetensi dasar (KD) muatan mata pelajaran: PPKn, Bahasa Indonesia, Seni Budaya dan Prakarya (SBdP), dan Matematika. Soal-soal latihan penilaian tengah semester 1 kelas 1 dan kunci jawabannya dalam satu berkas. rar dapat didownload melalui link berikut ini:


Soal PTS semester 1 kelas 1 tematik terdiri dari pertanyaan pilihan ganda, isian pendek, dan uraian. Pertanyaan disusun bersumber pada kisi- kisi indikator KD mata pelajaran. Untuk bahan berlatih anak dan menambah bank soal kelas 1 dapat mengunduh soal latihan PTS 1 kelas 1 di atas yang sudah dilengkapi dengan kunci jawabannya.

Tips Sukses Mendapatkan Hasil Maksimal Saat PTS


Memperbanyak latihan soal untuk menghadapi PTS berguna untuk mengukur seberapa paham anak dengan materi yang telah dipelajari. Tidak hanya itu, dengan mempunyai banyak latihan soal, anak dapat mengenali ragam soal. Anak lebih siap menghadapi beragam tipe soal yang bisa jadi muncul saat PTS semester 1 kelas 1 nanti.

Saat berlatih materi pelajaran dan latihan soal, hendaknya cari juga sumber atau bahan ajar lain di internet. Di atas telah disajikan kumpulan soal PTS kelas 1 semester 1 yang bisa dicoba. Soal latihan PTS semester 1 yang telah diunduh juga bisa diprint. Jadi, kamu tidak perlu capek-capek menulis soalnya lagi.