Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Hakekat dari Seni Mengajar Adalah Membantu Para Siswa Menemukan

Hakekat dari Seni Mengajar Adalah Membantu Para Siswa Menemukan

Hakekat dari seni mengajar merupakan salah satu tugas seorang guru dan wajib dilakukan saat kegiatan belajar mengajar. Seperti yang disebutkan dalam UU No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Guru merupakan pendidik profesional dengan tugasnya untuk mengajar, mendidik, membimbing, menilai, mengarahkan, dan melatih peserta didik. Salah satu tujuannya adalah agar murid-murid bisa pandai berkat seorang guru.

Berikut Ini Hakekat dari Seni Mengajar oleh Seorang Guru

Mengapa mengajar merupakan seni? Mengapa tidak science? Pada sebuah survei yang telah dihimpun oleh beberapa guru bahwa mengajar adalah seni bukan ilmu.

Dengan artian bahwa mengajar tidak hanya dihasilkan untuk mengetahui ilmu maupun pengetahuan saja tentang mengajar. Tetapi adalah sebuah praktik-praktik dalam kegiatan mengajar.

Seorang penulis James S. Cangelosi di dalam bukunya yang berjudul Classroom Management Strategies menyatakan bahwa seni mengajar ini mempunyai kompleksitasnya sendiri. Sehingga ini membutuhkan cara dalam menuntut kemampuan guru untuk memiliki strategi yang sesuai.

Selain itu, juga mengatasi perilaku siswa dan melaksanakan tahapan pembelajaran secara efektif. Sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai lebih maksimal dan pengetahuan yang diperoleh bisa sempurna.

Supaya proses belajar mengajar bisa berjalan lancar, maka seorang guru juga membutuhkan seni. Apa maksudnya? Berikut penjelasannya!

1. Kemampuan dalam Mengelola Kata

Hakekat dari seni mengajar yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah kemampuannya dalam mengolah kata. Dengan melalui kata-kata yang benar dan baik, maka guru harus mampu mengapresiasi, memotivasi, maupun menyampaikan materi pelajaran dengan baik.

Dengan begitu, siswa-siswa bisa mengerti dan paham apa yang telah dijelaskan oleh seorang guru. Sehingga pengetahuan siswa juga akan lebih meningkat berkat pembahasannya bisa sesuai.

2. Mengelola Lingkungan Kelas

Kondisi lingkungan kelas atau fisik merupakan faktor yang bisa memengaruhi atas keberhasilan dalam proses pembelajaran. Maka dari itu, seorang guru harus bisa menata ruang kelasnya agar lebih baik.

Hakekat dari seni mengajar untuk mengelola lingkungan kelas seperti memperhatikan tata letak ruangan meja dan kursi. Salah satu tujuannya adalah guna membuat siswa merasa nyaman dan tidak bosan.

Lakukan pula perubahan posisi tempat duduk sesuai kebutuhan masing-masing siswa. Misalnya saja dengan membuat bentuk atau pengelompokan.

Tidak hanya itu saja, melainkan lakukan rolling atau perpindahan tempat duduk antara siswa satu dengan lain. Perpindahan ini bertujuan sebagai agar pandangan dan badan siswa tidak hanya akan mengarah pada satu arah saja.

Pasangan untuk pertukaran teman duduk juga bertujuan sebagai melatih dan menumbuhkan sikap sosial mereka. Sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan akrab agar tidak pilih-pilih teman.

3. Seni Mengelola Konflik

Sebagai seorang guru, hakekat dari seni mengajar adalah harus mampu dan bisa dalam mengelola suatu konflik. Pasalnya, setiap pembelajaran terkadang sering terjadi suatu masalah atau konflik di dalam ruang kelas.

Beberapa masalah tersebut misalnya terkait fokus atau perhatian siswa ketika mengikuti kegiatan pembelajaran. Ada siswa yang sering bertengkar dan bercanda sehingga menimbulkan ketidaknyamanan saat belajar mengajar. Sehingga guru harus bisa mengatasinya dengan baik.

Sebagai kesimpulannya bahwa hakikat mengajar merupakan sebuah usaha guru dalam menciptakan proses belajar siswa. Sehingga hal paling penting ketika belajar mengajar itu bukan pada bahan yang disampaikan dari guru.

Lihat juga : Cara Supaya Siswa Tidak Jalan-Jalan Saat Guru Mengajar

Akan tetapi, sebuah proses siswa saat mengikuti kegiatan pembelajaran yang sudah diberikan oleh guru tersebut. Pasalnya, guru lebih menyukai dan menghargai proses daripada hasil.

Hakekat dari seni mengajar oleh seorang guru ini juga memiliki peran yang sangat penting. Karena guru profesional merupakan guru yang mampu melaksanakan tugasnya dengan baik ketika mendidik siswanya.