Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Membuka dan Menutup Pelajaran yang Baik

Tips Membuka dan Menutup Pelajaran yang Baik

Keterampilan membuka serta menutup pelajaran menjadi keterampilan dasar yang mempunyai peran penting untuk bisa mendapatkan proses belajar mengajar efektif, efisien, juga menyenangkan. Walaupun terlihat sederhana, akan tetapi tidak seluruh guru bisa mencapai proses pembelajaran yang baik. Berikut ini beberapa tips membuka dan menutup pelajaran yang dapat Anda praktikkan dalam mendukung keberhasilan dan minat siswa saat belajar.

Tips Membuka dan Menutup Pelajaran, Apa Saja Itu?

Ketika aktivitas belajar mengajar akan berlangsung, tidak semua siswa merasa siap mental dan tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran tersebut. Di sinilah, guru berperan untuk memotivasi para siswa supaya kegiatan belajar mengajar bisa berlangsung dengan lancar dan baik. Sebab, konsentrasi siswa yang bercabang akan menyebabkan hasil belajar siswa tidak optimal.

Pembukaan dalam proses pembelajaran yang menarik akan mempengaruhi antusiasme siswa untuk belajar di kelas. Apabila seorang guru bersemangat dalam mengajar, siswa pun akan menyertai belajar dengan semangat pula. Akan tetapi sebaliknya, jika seorang guru tampak lesu, tidak ada semangat belajar serta terkesan malas, maka kegiatan belajar mengajar akan berlangsung tidak efektif dan menjenuhkan.

Cara Membuka Pelajaran yang Baik

Proses mengawali kegiatan belajar mengajar yang baik pada prinsipnya adalah berpengaruh, berkelanjutan, semangat, fleksibel, memakai komunikasi yang hangat, menggunakan prinsip cara membuka pelajaran, singkat, padat, jelas, juga menambah daya tarik siswa.

Lihat juga : Ketertarikan Siswa Pada Pelajaran Dimulai Ketertarikan Siswa Terhadap Guru

Teknik buka pelajaran yang menarik dan baik, tidak hanya sekedar mengucap salam, memperkenalkan diri, dan menyampaikan materi yang akan tersaji saja. Lebih dari itu, seorang guru harus paham sikap yang sesuai dalam menyampaikan pembukaan serta kata-kata untuk memotivasi siswa.

1. Menyapa Siswa Dengan Semangat

Ketika pelajaran akan mulai, guru wajib menyapa siswa dengan antusias agar siswa dapat memiliki semangat yang sama. Apabila guru mengawali pelajaran tanpa semangat, siswa juga merasakan energi daya tersebut, sehingga siswa juga ikut tidak mempunyai semangat.

2. Menarik Perhatian Siswa

Ketika mengajar, cara dan teknik mengajar guru merupakan hal penting untuk para siswanya. Variasi pola interaksi yang terjadi antara guru dan murid serta penggunaan beragam media pembelajaran juga termasuk di dalamnya.

Jika seorang guru menyuguhkan pembelajaran dengan menarik, siswa juga akan serius mendengarkan dengan baik. Proses pembelajaran akan berlangsung secara maksimal serta optimal. Seorang guru yang kreatif dan inovatif ketika mengajar, mempunyai fungsi penting selama belajar.

3. Memberi Motivasi Kepada Siswa

Kata-kata guru terhadap siswa dapat memberi dukungan bagi siswa. Siswa akan menjadi lebih giat serta antusias jika ada motivasi. Selain itu juga siswa dapat ikut serta dalam belajar serta menyampaikan ide-ide yang mereka punya. Hal ini bagus saat guru membuka proses pembelajaran.

4. Menerangkan Materi dan Hal-Hal Terkait Sebelumnya

Guru bisa menyampaikan tujuan dari materi yang akan tersaji. Sebelumnya guru bisa mengawali pelajaran dengan menerangkan hubungan materi yang sebelumnya. Hal ini membantu siswa lebih mudah memahami materinya.

Cara Menutup Pelajaran yang Baik

Tips membuka dan menutup pelajaran yang baik memang sangat berpengaruh dalam belajar. Keterampilan menutup pelajaran juga perlu guru miliki.

1. Meninjau Ulang Materi 

Guru menyampaikan konklusi atau kesimpulan terhadap apa yang sudah siswa pelajari selama proses pembelajaran. Guru dapat memberitahukan ringkasan poin-poin penting dari materi tersebut.

2. Evaluasi Pembelajaran

guru dapat mengakhiri pelajaran dengan bertanya kepada siswa terkait materi. Hal tersebut untuk mengukur pemahaman siswa. Melalui evaluasi, guru dapat mengetahui keberhasilannya selama kegiatan belajar mengajar.

3. Memberi Dorongan Sosial

Untuk menutup pelajaran dengan baik, guru bisa bisa memberi dukungan secara sosial. Guru bisa memberi pujian kepada siswa untuk menjalin interaksi yang bisa menunjang tercapainya tujuan belajar. Selain itu dengan mengapresiasi hasil karya murid, mereka akan lebih percaya diri.

Pahami beberapa tips membuka dan menutup pelajaran. Meskipun terdengar sepele, akan tetapi hal ini tidak boleh abai. Seorang guru perlu melakukannya dengan baik serta optimal.