Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Manfaat Menulis Jurnal untuk Anak Sejak Dini, Apa Saja?

5 Manfaat Menulis Jurnal untuk Anak Sejak Dini, Apa Saja?

Usia anak-anak merupakan masa emas untuk mengembangkan segala bakat dalam diri anak. Menulis adalah salah satu kegiatan yang memberikan dampak positif. Berikut manfaat menulis jurnal untuk anak.

Pahami Manfaat Menulis Jurnal untuk Anak

Menulis jurnal dapat menjadi pilihan kegiatan positif yang bisa anak lakukan. Dengan aktif menulis, mereka akan belajar mengolah kata dan menyampaikan emosi yang mereka rasakan. Anak juga dapat melihat sudut pandang orang lain yang ada di sekitarnya.

Emosi pada anak biasanya masih sangat labil. Artinya, anak akan merasakan gelombang emosi yang tidak terkendali di alam kepalanya. Menyampaikannya dengan menulis tentu dapat membantu anak melepaskan emosi yang terpendam. Selain itu ada beberapa manfaat menulis jurnal untuk anak, sebagai berikut. 

1. Meningkatkan Produktivitas dan Fokus Dalam Melakukan Kegiatan

Rutin menulis jurnal akan membantu anak lebih produktif dan disiplin. Mereka akan menetapkan waktu yang tepat menulis jurnal dan harus mereka ikuti, seperti pagi atau malam hari sebelum tidur.

Jika sudah terbiasa, maka anak akan mengerti skala prioritas mereka. Anak akan melakukan hal-hal yang kiranya bermanfaat dan lebih menghargai waktu. Selain itu, mereka juga akan lebih fokus dalam melakukan kegiatan dan tidak akan semena-mena.

2. Membantu Menyampaikan Suara Saat Enggan Berbicara

Karena emosinya yang labil, anak akan cenderung menyimpan apa yang mereka rasakan di dalam kepala saja. Mereka seringkali melakukan silent treatment atau diam ketika sedang kesal, marah, ataupun sedih.

Hal tersebut jika tidak diajarkan sejak dini akan terus tertanam hingga dewasa yang menyebabkannya sukar menyampaikan pendapat. Salah satu dari 5 manfaat menulis jurnal untuk anak adalah membantu mereka menyampaikan emosi lewat tulisan.

Menyampaikan emosi lewat tulisan sama efektifnya dengan melalui kata. Anak-anak bisa mengeluarkan emosi baik yang positif dan negatif dari dalam tubuh mereka.

3. Mengajarkan Anak untuk Melihat Perspektif yang Berbeda

Saat menulis jurnal dengan fokus yang penuh, anak akan mampu memahami sudut pandang orang lain yang berinteraksi dengannya. Mereka akan dapat melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang sehingga tidak akan mementingkan dirinya sendiri.

Anak juga akan mendapatkan wawasan tentang hubungan mereka dengan orang lain dan membantunya melihat hal-hal baru yang dapat membentuk karakternya di masa depan. Mereka akan memahami berbagai pikiran dan sudut pandang orang lain, sehingga akan tumbuh menjadi anak yang cerdas dan menghargai pendapat.

4. Meningkatkan Keterampilan Menulis

Selanjutnya dari 5 manfaat menulis jurnal untuk anak adakah meningkatkan kemampuan menulis. Kemampuan menulis tidak bisa didapatkan secara instan. Untuk menjadi penulis yang hebat adalah dengan mulai belajar sejak dini. Anak dapat mengasah kemampuan menulisnya dengan mulai mengisi jurnal sederhana. 

Lihat juga : Langkah-langkah Menumbuhkan Minat Siswa dalam Menulis

Cara ini sangat ampuh karena anak akan bersemangat untuk menceritakan apa yang mereka rasakan. Selain itu, anak juga akan menyampaikan dengan maksimal karena tahu tidak akan ada yang mengoreksi tulisannya, sehingga tidak perlu malu ketika terjadi kesalahan.

Brain Balance juga mengatakan bahwa tugas untuk menulis bagi anak kurang efektif karena mereka tidak akan secara maksimal menyampaikan apa yang mereka pikirkan. 

5. Menyimpan Kenangan

Manfaat menulis jurnal untuk anak yang terakhir adalah sebagai media untuk menyimpan kenangan. Otak manusia memiliki limit yang sedikit untuk menyimpan kenangan. Oleh karena itu, kita bisa menyimpannya melalui cerita atau foto. Anak-anak juga dapat menulis apa yang mereka lakukan di satu hari itu pada jurnal mereka.

Pahami apa saja manfaat menulis jurnal untuk anak. Sebagai orang tua sebaiknya tidak memaksakan anak untuk melakukan sesuatu. Anda bisa tanamkan sedikit demi sedikit sehingga mereka bisa terbiasa untuk menulis jurnal sebagai kegiatan wajib.