Langkah-langkah Menumbuhkan Minat Siswa dalam Menulis
Cari Berita

Atas


Langkah-langkah Menumbuhkan Minat Siswa dalam Menulis

Selasa, 23 Juli 2019

Langkah-langkah sistematis untuk meningkatkan kecintaan siswa terhadap kegiatan menulis.

Anda menemukan siswa yang tidak begitu suka menulis? Waspada! Kondisi ini menjadi penyebab hambatan belajar siswa. Pasalnya, kebiasaan ini memengaruhi kemauannya untuk mencatat penjelasan guru. Sehingga sesampainya di rumah, mereka tidak memiliki bahan belajar. Atas dasar itu tips menumbuhkan minat siswa dalam menulis sangat dibutuhkan guru.

Kondisi malas menulis ini diperparah dengan pesatnya teknologi. Bahkan, dengan adanya internet, aktivitas menulis siswa akan semakin rendah. Mereka lebih rajin bermain gadget atau ponsel dibandingkan berkreasi melalui media tulis.

Namun Anda tidak usah khawatir. Karena langkah-langkah menumbuhkan minat siswa dalam menulis sangat banyak. Diantaranya adalah:

1. Awali dengan Kebiasaan Membaca

Langkah pertama meningkatkan minat menulis siswa adalah membiasakan mereka membaca. Jika siswa sudah gemar membaca, tentu kebiasaan menulis akan muncul dengan sendirinya. Alasannya,karena siswa yang gemar membaca, menjadi paham teknik menulis. Bahkan gaya-gaya kepenulisan juga mereka ketahui dari buku yang dibaca.

Selain itu, dengan gemar membaca, jenis-jenis tulisan akan dimengerti siswa. Mereka akan mencoba mengaplikasikannya dalam bentuk tulisan dengan ciri khas pribadinya. Yang tak kalah penting efek gemar membaca adalah, perbendaharaan diksi dan kosakata siswa lebih banyak sehingga ketika menulis mereka tidak kesulitan.

2. Lapangkan Imajinasi Siswa

Sekali siswa menulis, lanjutkan kreasinya. Jangan batasi kreativitasnya dengan tema tulisan tertentu. Agar dia bisa mengeksplorasi kemampuannya secara bebas. Lapangkan imajinasi siswa saat menulis. Biarkan mereka mencari sendiri inspirasi yang akan dituangkan ke dalam tulisannya. Apapun itu, selama masih positif, biarkan.

Karena membatasi imajinasi siswa hanya membuatnya tidak nyaman dan tidak bebas. Sehingga kreativitas tidak berkembang dengan baik. Jika di awal mereka senang menulis, dan imajinasinya lepas, tentu kegemarannya akan meningkat.

3. Lengkapi Fasilitas Menulis Siswa

Tips menumbuhkan minat siswa dalam menulis selanjutnya adalah sediakan fasilitas menulis yang lengkap. Anda bisa menyiapkan media komunikasi yang bisa dijadikan tempat mempublikasikan tulisan mereka. Salah satu fasilitas menulis yang bisa dilengkapi adalah Mading sekolah.

Adanya fasilitas media merupakan unsur penting untuk meningkatkan minat siswa dalam menulis. Karena mereka menjadi sadar, kalau tulisannya akan dibaca orang lain dan dihargai. Nah, jika fasilitas semacam ini dipenuhi dengan baik, tentu minat siswa menulis lebih besar.

4. Berikan Reward Atas Tulisan Siswa

Pujian atas tulisan siswa adalah langkah tepat untuk merangsang minatnya. Sekalipun menurut anda, hasil tulisan siswa masih jauh dari sempurna. Pasalnya, penghargaan atas usaha yang mereka lakukan, lebih berharga dibandingkan hasil karya tulis itu sendiri.

5. Hindari Study Tata Bahasa Yang Banyak Bagi Siswa Menulis Pemula

Tata bahasa adalah ilmu yang dinamis. Itu artinya, suatu saat nanti anak pasti menguasainya secara maksimal. Atas dasar itulah, jangan paksa siswa belajar seluruh tata bahasa.

Kemampuan menulis biasanya muncul secara alamiah. Ini tergantung apa yang ia baca dan kemampuan siswa berbicara. Atas dasar itulah, daripada menekan mereka belajar kosakata yang banyak, lebih baik suruh mereka membaca.

6. Manfaatkan Fitur Teknologi Terkini

Teknologi adalah sesuatu yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan minat menulis siswa. Terutama teknologi gadget yang hampir semua peserta didik memilikinya. Memang bermain gadget ada efek negatif. Tetapi efek positifnya juga banyak. Salah satunya adalah, Anda bisa menekan siswa untuk menjadikan gadget sebagai media menulis.

7. Hindari Tuntutan Menulis Langsung Sempurna

Tidak ada satu kali menulis, hasil langsung sempurna. Siswa harus berlatih dengan serius untuk mendapatkannya. Maka dari itu, jangan paksa ia jika masih awal menulis.

Dipaksa menulis sempurna, sama juga mendorong anak berkreativitas melampaui kemampuannya. Padahal ia masih pemula. Dampaknya adalah minat menulis semakin hilang.

Itulah tips dan kiat menumbuhkan minat siswa dalam menulis. Silakan dilakukan, semoga hasrat mereka menjadi besar dan mau belajar.