Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Tips Memotivasi Anak Usia 4-6 Tahun Agar Semangat Belajar Menulis

7 Tips Memotivasi Anak Usia 4-6 Tahun Agar Semangat Belajar Menulis

Salah satu ketrampilan yang bisa diajarkan sejak dini adalah menulis. Bahkan sejak usia 4-6 tahun anak sudah dikenalkan pensil untuk mendukung kemampuan menulisnya. Tetapi ada kalanya anak malas belajar menulis, baik ketika di sekolah maupun rumah. Ada banyak penyebab anak malas menulis, misalnya karena suasana belajar yang kurang menyenangkan. 

Menulis adalah kemampuan dasar yang perlu anak miliki sebelum masuk ke jenjang Sekolah Dasar (SD). Jika anak mempunyai kemampuan menulis, anak akan lebih mudah untuk mengikuti pelajaran di kelas 1. Kemampuan menulis tidak datang begitu saja, harus dilatih secara konsisten supaya bisa melakukannya. Berikut beberapa tips memotivasi anak agar lebih bersemangat belajar menulis.

1. Singkirkan pensil dan kertas

Tips pertama yang bisa Anda coba supaya anak senang belajar menulis yaitu dengan mengunakan media yang menarik minat anak. Singkirkan kertas dan pensil, Anda dapat memakai pasir untuk anak belajar sambil bermain dengan menulis huruf dengan menggunakan jarinya. Ciptakan suasana belajar yang santai dan menyenangkan.

2. Latih kemampuan motorik halus anak

Sebelum belajar menulis anak harus memiliki kemapuan motorik halus. Untuk melatih kemampuan motorik halus anak bisa dengan bermain play dough, bermain slime, mengunting dan menempel. Setelah mampu mengontrol motorik halusnya, anak bisa diperkenalkan alat tulis seperti pensil, spidol dan krayon.

3. Gunakan alat tulis yang menarik

Anak-anak sangat mengutamakan visual. Untuk itu, Anda dapat menyediakan perlengkapan menulis yang menarik. Jenis alat tulis yang digunakan dapat mempengaruhi minat anak untuk belajar menulis. Misalnya, berikan alat tulis dengan warna dan gambar yang anak sukai. 

4. Biarkan anak menulis apapun

Anak usia 4-6 tahun lebih suka menggambar daripada menulis kata-kata. Sebagai permulaan, Anda dapat membiarkan anak mencoret-coret atau menggambar sesuka hati untuk membiasakan anak memegang pensil. Bangun terlebih dulu minat anak setelah itu ajak ia untuk menulis kata dari benda yang disukai.

5. Kembangkan kemampuan berbicara dahulu

Sering ajak anak berkomunikasi, biarkan anak mengenal nama benda-benda di sekitarnya. Setelah anak mampu menyebutkan namanya, Anda bisa mulai memperkenalkan huruf yang membentuk nama dari benda tersebut. Anda juga bisa mengemas dalam bentuk permainan yang menyenangkan.

6. Gunakan buku cerita 

Membacakan cerita dapat menjadi langkah awal mendorong anak belajar menulis. Minta anak untuk menceritakan kembali dengan menulisnya. Tidak masalah jika anak hanya menulis satu kata, yang penting anak sudah mempunyai minat menulis. Sampaikan bahwa anak dapat mempelajarinya secara  perlahan.

7. Pastikan anak dalam suasana hati yang baik

Supaya Anda lebih mudah untuk mengajarkan anak menulis pastikan anak dalam keadaan yang baik. Jangan mengajak anak belajar ketika ia lapar, mengantuk, dan sedang dalam hati yang tidak baik. Anda juga bisa mengajaknya bermain terlebih dahulu sebelum belajar menulis.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk memotivasi anak usia 4-6 tahun untuk belajar menulis. Saat mengajarkan anak menulis, orang tua harus sabar serta hargai setiap perkembangan anak ketika proses anak belajar menulis.