Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pentingnya Menumbuhkan Self Awereness Bagi Siswa, Berikut Caranya

Pentingnya Menumbuhkan Self Awereness Bagi Siswa, Berikut Caranya

Menumbuhkan self awareness merupakan salah satu upaya untuk membentuk siswa menjadi generasi berkarakter. Menurut Koeswara (1987), self awareness merupakan kemampuan seseorang untuk mengenal diri sendiri. Seseorang yang mengenal diri sendiri maka dia memiliki kemampuan untuk mengukur kapasitasnya dalam menempatkan diri terhadap siapa saja dan pada kesempatan apa saja.

Lihat juga : 5 Ungkapan Semangat untuk Anak yang Membuatnya Lebih Berarti

Goleman (1996) mengatakan bahwa self awareness terdiri atas tiga hal yakni kemampuan pengakuan diri, mengenali emosi dan mempercayai diri sendiri. Tiga aspek ini memungkinkan seseorang untuk memahami kekurangan dan kelebihannya serta memahami akan harga diri dan kemampuan yang dimiliki.  Seseorang dengan tiga aspek tersebut cenderung percaya diri  dan pantang menyerah.

Pentingnya Upaya Menumbuhkan Self Awareness Bagi Siswa

Karakter merupakan hal dasar yang mensifati seseorang bagaimana dia dikenal. Memiliki kesadaran diri atau sadar diri adalah kemampuan seseorang sehingga bisa memutuskan sesuatu melalui pertimbangan kapasitas yang dia miliki. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa perlu menumbuhkan kemampuan ini, lantas bagaimana cara menumbuhkannya?

Pentingnya Menumbuhkan Self Awareness Bagi Siswa

1. Siswa dengan kesadaran diri memungkinkan untuk lebih mengenali diri sendiri juga memahami perasaan yang dia rasakan. Hal ini diharapkan dapat mendorong siswa kearah yang lebih baik. Selain itu diharapkan mampu mengungkapkan ide pikirannya dengan baik.

2. Siswa mungkin mampu mengevaluasi dan mengontrol diri sendiri dengan kesadaran siapa dirinya serta bagaimana mengatasi perihal emosi diri. Hal ini memungkinkan siswa untuk mampu mengontrol dirinya sendiri, terbuka terhadap kritik, dan mampu mengambil hikmah atas apa yang telah terjadi. Dengan begitu harapannya tentu siswa akan memahami setiap potensi dan kekurangan yang dia miliki dan dapat menjadikannya bahan perencanaan karir dan masa depannya.

3. Siswa yang memiliki self awareness akan memiliki kemampuan menghadapi semua masalah dalam kondisi apapun dengan kepala dingin. Selain itu dalam pekerjaan dan kehidupan mereka, tentu mereka lebih percaya diri, mampu berkomunikasi secara efektif dan tidak mudah sakit hati. Selanjutnya mereka akan lebih kreatif, terbuka terhadap perbedaan dan karier yang lebih sukses.

Peran Menumbuhkan Self Awareness

1. Guru memiliki peran untuk menumbuhkan kesadaran diri para siswa. Hal tersebut dilakukan dengan memberikan motivasi berupa pengertian kepada siswa bahwa mereka tidak harus ahli pada semua mata pelajaran namun apapun keahliannya mereka harus mampu untuk memberi manfaat kepada orang lain baik di lingkup sekolah atau di luar sekolah. Untuk menjadi orang bermanfaat seorang siswa tentu tidak harus ahli matematika tidak juga harus ahli sastra sehingga siswa yang tidak bisa matematika dan sastra tidak akan minder.

2. Orangtua memiliki peran dalam menumbuhkan kesadaran diri yang lebih penting lagi terhadap siswa. Orangtua, dewasa ini ternyata perlu lebih mengevaluasi diri terhadap apa yang terjadi pada anaknya. Anak yang minder ternyata banyak didasari oleh seringnya orang tua membandingkan si anak dengan teman atau saudaranya padahal dia memiliki karakter tersendiri yang tentu juga berpotensi untuk memberi manfaat pada orang lain.

3. Siswa sendiri, sebaik apapun motivasi yang diberikan oleh orang lain atau seburuk apapun perlakuan dan anggapan dari orang lain. Segala hal yang akan membuat seseorang lebih baik adalah dirinya sendiri. Begitu juga dalam membangun kesadaran diri tentu didominasi oleh individu masing - masing.

Bagaimana Cara Menumbuhkan Self Awareness?

1. Untuk menumbuhkan kesadaran diri seseorang perlu menyendiri. Saat sendiri seseorang tentu lebih jujur terhadap dirinya, mungkin dia takut, khawatir, senang dan sebagainya. Dengan kejujuran itu maka tentu dia akan memiliki peluang untuk menganalisa diri sehingga akan memiliki intuisi untuk bersikap yang terbaik dalam suatu kondisi tertentu.

2. Bersedia mendengarkan orang lain, maksud dari mendengarkan orang lain tidak hanya sampai pada dia mendengar lalu keluar dari telinga yang lain. Namun lebih kepada bagaimana dia menyikapi bahwa terkadang seseorang memiliki pendapat yang berbeda dengan dirinya. Hal itu memungkinkan dia untuk cerdas dalam menghadapi permasalahan serta mampu untuk lebih menghargai orang lain.

Menumbuhkan self awareness penting dilakukan agar menjadi pribadi atau individu yang lebih baik dari hari kemarin. Sehingga, kemampuan dalam melakukan aktivitas akan menjadi lebih lancar dalam masyarakat.