Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Tanda Anak Butuh Bimbingan Belajar atau Les Privat

5 Tanda Anak Butuh Bimbingan Belajar (Les) Privat

Kemampuan memahami pelajaran pada setiap anak tidaklah sama. Hal yang perlu dipahami di sini adalah anak yang tidak bisa menerima pelajaran dengan baik di kelas bukan berarti dirinya adalah anak bodoh atau kurang cerdas. Sebagai orang tua, Anda perlu memahami tentang 5 tanda anak butuh bimbingan belajar (Les)

Anggota keluarga terkadang terlalu sibuk sehingga tidak mempunyai banyak waktu mendampingi buah hati saat belajar. Solusinya adalah menggunakan bimbingan belajar secara individu agar ruang belajar anak lebih produktif. 

Ulasan 5 Tanda Anak Butuh Bimbingan Belajar (Les)

Hal yang jarang atau bahkan tidak pernah ada adalah anak akan terbuka dan mengeluh pada orang tua saat mereka mengalami kesulitan memahami pelajaran di sekolah. Di sinilah Anda perlu mencari tahu tanda-tanda saat anak sudah butuh pendampingan belajar secara individu. 

1. Nilai Anak Turun

Orang tua perlu mencari tahu perihal apa yang menyebabkan nilai anak selalu turun. Beberapa faktor yang mungkin saja dialami anak adalah pergaulan dengan teman di sekolah, kondisi kesehatan, serta kesulitan-kesulitan yang dialami anak dalam memahami mata pelajaran tersebut.

Memiliki guru les privat saat anak mengalami kesulitan memahami pelajaran akan membangun kembali kesuksesan akademis anak di masa depan. Upaya awal untuk memperbaiki nilai akademis anak dengan mendatangkan tutor yang berpengalaman dari suatu lembaga les adalah solusi yang tepat.

Cara ini dinilai sangat efektif karena tutor memiliki cara dan teknik untuk menerangkan konsep pelajaran yang mudah kepada anak, terutama di mata pelajaran matematika dan sains.

2. Anak Tidak Percaya Diri

Satu diantara 5 tanda anak butuh bimbingan belajar (Les) adalah anak cenderung tidak percaya diri. Kebanyakan anak enggan bertanya jika tidak paham pada pelajaran yang diterangkan oleh guru di sekolah.

Biasanya anak akan membenci mata pelajaran yang tidak bisa diikutinya dengan baik. Kehadiran guru les privat akan membantu anak lebih bebas menanyakan tentang konsep-konsep pelajaran yang tidak dipahaminya. 

3. Anak Sulit Fokus

Anak dengan gangguan gagal fokus, disleksia, atau masalah pemrosesan visual harus berjuang ekstra dalam memahami pelajaran daripada teman-temannya yang lain. Melalui bimbingan belajar privat, diharapkan anak mampu memproses pelajaran secara personal, bertahap, dan berkelanjutan.

Seorang guru les privat memiliki kemampuan menyajikan informasi dengan teknik yang mudah dipahami oleh anak. Proses belajar ini akan melahirkan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan. Suasana menyenangkan ini mungkin saja diterapkan anak hingga ke sekolah.

4. Sering Lupa PR dan Tugas

5 tanda anak butuh bimbingan belajar (Les) apabila sering lupa mengerjakan PR. Beban akademis yang sudah melebihi kemampuan bisa menjadi salah satu faktor anak sering lupa mengerjakan pekerjaan rumah.

Saat Anda  menghadirkan seorang guru privat, otomatis anak juga belajar disiplin mengerjakan semua tugas termasuk pekerjaan rumah, hingga mengulang semua pelajaran yang didapat di sekolah. Bukan tidak mungkin anak akan menanyakan perihal materi pelajaran yang belum dipahami.

5. Kesibukan Orang Tua

Seharusnya, proses belajar berlangsung di dua tempat. Dari sini kita dapat menarik kesimpulan bahwa orang tua juga memiliki kewajiban dan tugas untuk membantu anak dalam memahami semua hal yang dipelajari di sekolah. 

Faktanya, berbagai kesibukan yang dijalani acapkali membuat orang tua tidak bisa turut serta menemani anak belajar. Fakta lain yang menjadi penyebab tidak maksimalnya orang tua membantu proses belajar anak di rumah yaitu tidak memahami beberapa atau bahkan semua materi pelajaran.

Lihat juga : 5 Tips Memilih Guru Les Privat untuk Anak yang Bagus

Kehadiran guru les adalah ide brilian untuk mempertahankan hingga meningkatkan prestasi anak. Secara  tidak langsung, kehadiran guru les juga mencegah terjadinya konflik keluarga bila terjadi masalah pada penurunan nilai akademis anak.

Setelah memahami 5 tanda anak butuh bimbingan belajar (Les), tugas Anda selanjutnya adalah mengatur jadwal kapan waktu terbaik mendatangkan guru les. Bicarakan baik-baik dengan anak agar tidak timbul kesan memaksa. Baik les privat online maupun offline (datang ke rumah) akan mendatangkan kebaikan untuk anak Anda.