Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Tips Memilih Guru Les Privat untuk Anak yang Bagus

5 Tips Memilih Guru Les Privat untuk Anak yang Bagus
Mencarikan guru les adalah bentuk dukungan orang tua untuk menunjang prestasi anak. Untuk itu yuk cari tahu tips memilih guru les privat untuk anak.

Ada kalanya anak membutuhkan kehadiran guru les privat untuk menunjang prestasinya. Guru les privat sering dibutuhkan biasanya ketika saat sudah mendekati ujian nasional. Harapan dari orang tua seorang anak bisa lulus dengan nilai yang bagus. Untuk itu dukungan maksimal diberikan demi kelancaran saat ujian nasional nanti. Namun memilih guru les untuk buah hati jangan sembarangan. Yuk sama-sama pelajari tips memilih guru les privat untuk anak berikut:

1. Ketahui Pengalaman yang Dimiliki

Mencarikan guru les privat untuk anak tidak bisa dilakukan secara asal-asalan ya. Anak Anda harus mendapatkan yang terbaik dalam pendidikannya. Saat Anda sedang mencari guru les privat sebaiknya mencari yang sudah ada pengalaman di bidangnya. Guru les yang sudah berpengalaman sangat paham cara menghadapi anak.

Tentu Anda sudah tahu kalau anak itu memiliki sifat dan pemahaman yang berbeda-beda. Kalau guru les belum memiliki pengalaman justru anak Anda dikhawatirkan tidak bisa menerima materi dengan baik. Dan yang terpentingnya lagi, tidak merasa nyaman dan senang melakukan les privat.

Jika hal ini Anda biarkan, anak bisa jadi tertekan loh. Sebaiknya Anda benar-benar pahami dengan baik hal ini. Pengalaman guru les sangat penting dan jangan hanya mencari yang pandai saja. Guru les yang pandai belum tentu bisa mengajari anak Anda dengan baik. Tapi yang berpengalaman tentu sudah hafal bagaimana mengajar dan memberikan yang terbaik bagi anak Anda.

2. Meminta Rekomendasi dari Orang Terpercaya

Tips memilih guru les privat untuk anak bisa dilakukan dengan meminta rekomendasi dari orang terpercaya. Orang yang Anda percaya bisa dengan meminta pada keluarga, guru, orang terdekat atau kepala sekolah. Tidak mungkin kan kalau mereka akan memberikan rekomendasi secara sembarangan?

Selain dari keluarga dan orang terdekat, Anda bisa juga meminta rekomendasi dari pengguna jasa guru les privat. Dengan meminta langsung pada sesama pengguna les privat mereka lebih tahu betul keunggulan dan kualitas dari guru les privatnya. Karena mereka sudah merasakan sendiri hasil dari menggunakan guru les privat tersebut.

3. Cek Kualifikasi Calon Guru Privat Anak

Hanya mengandalkan rekomendasi saja itu belum cukup ya. Untuk menemukan guru les privat yang terbaik, Anda perlu cek langsung kualifikasi dari setiap calon. Mungkin bisa dengan melihat latar belakang pendidikannya, gaya mengajarnya atau melihat dari segi pengalamannya.

Guru les memiliki banyak macam, ada yang individu dan ada pula yang tergabung dalam sebuah jasa. Guru les yang tergabung dalam jasa sudah mendapatkan bimbingan dan pelatihan bagaimana mengajar yang baik dan berdasarkan standar dari jasa tersebut.

Tapi bukan berarti yang individu tidak kompeten. Namun untuk mencari guru les privat individu harus di cek lebih dalam lagi kualitasnya.

4. Minta Rekomendasi dari Klien Sebelumnya

Mungkin Anda perlu juga meminta rekomendasi dari klien sebelumnya. Bukan hanya soal menanyakan kualitasnya saja namun Anda bisa melihat hasil dari seorang anak setelah mengikuti les privat di guru les tersebut. Bagaimana Anda bisa tahu klien-klien yang pernah daftar di sana? Anda bisa meminta langsung ke calon guru les beberapa klien yang pernah privat.

5. Perhatikan Cara Mengajar dan Berinteraksi

Anak akan merasa senang dan nyaman kalau terjadi interaksi yang baik antara guru dan anak. Bermula dari hal tersebut anak merasa lebih siap dalam belajar. Anak juga akan lebih bisa memahami materi yang disampaikan. Namun Anda juga harus selalu melakukan pengawasan.

Jangan sampai kesan baik hanya dimunculkan di awal saja dan setelah beberapa bulan mengajarnya malah asal-asalan dan kurang baik. Kalau hal ini terjadi maka Anda harus ambil tindakan tegas dengan memberhentikan guru les tersebut.

Dengan mempelajari tips memilih guru les privat untuk anak di atas, kini Anda tidak lagi pusing menentukan guru les privat untuk buah hati. Kualitas guru les private yang terbaik adalah kunci.

Berlangganan via Email