Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6 Cara Meningkatkan Daya Ingat Siswa

6 Cara Meningkatkan Daya Ingat Siswa

Kebanyakan siswa pasti seringkali lupa terhadap pelajaran yang sudah mereka pelajari. Tentunya hal ini akan menghambat proses belajar mereka. Lantas bagaimana cara untuk meningkatkan daya ingat anak supaya proses belajar mereka lebih mudah? Perlu Anda ketahui bahwa pada dasarnya ada 6 cara meningkatkan daya ingat siswa yang harus Anda ajarkan. Untuk mengetahui apa saja 6 hal tersebut, simak artikel ini sampai selesai. 

Berikut 6 Cara Meningkatkan Daya Ingat Siswa yang Perlu Anda Ketahui

Agar siswa mampu mengikuti pembelajaran dengan baik, pastinya mereka harus memiliki daya ingat yang tinggi. Akan tetapi pada dasarnya, tidak semua siswa memiliki daya ingat yang tajam.

Lihat juga : Cara Meningkatkan Keterampilan Mengelola Kelas Bagi Guru

Maka dari itu Anda sebagai pengajar atau orang tua juga harus mengetahui cara untuk meningkatkan daya ingat anak atau siswa. Sebab hal ini penting untuk mendukung kemudahan berfikir mereka saat belajar.

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan daya ingat siswa antara lain yaitu:

1. Makan Makanan Bergizi 

Hal yang perlu Anda lakukan pertama kali untuk menguatkan daya ingat adalah menyuruhnya untuk mengkonsumsi makanan bergizi. Sebab asupan makanan juga dapat mempengaruhi kecerdasan dan daya ingat para siswa. 

  • Beberapa makanan yang dapat menguatkan daya ingat anak antara lain yaitu:
  • Makanan yang mengandung Omega 3 seperti, minyak ikan, alpukat, kacang-kacangan dan sejenisnya. 
  • Folat juga merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa makanan yang mengandung folat antara lain yaitu sayuran seperti bayam, brokoli, kubis, dan lain sebagainya. 
  • Makanan yang mengandung vitamin B dan B12. 

2. Olahraga Secara Teratur

Selain konsumsi makanan sehat, Anda juga harus mengimbanginya dengan mengajarkan siswa untuk rajin olahraga secara teratur. Olahraga secara teratur juga dapat membuat otak lebih rileks sehingga hal tersebut dapat meningkatkan daya ingat mereka. Tak hanya itu saja, olahraga secara teratur juga dapat mencegah obesitas kepada para siswa. 

3. Ajak Bermain Permainan Asah Otak

Setiap siswa pastinya suka dengan permainan yang menarik. Apalagi permainan tersebut sebuah teka-teki yang menantang, pastinya mereka akan berlomba dengan siswa lain untuk menjawab teka-teki tersebut. 

Adapun permainan lain yaitu tebak gambar. Tebak gambar ini akan sangat mengasah kemampuan serta kecerdasan siswa. Selain itu juga akan meningkatkan daya ingat mereka sehingga mereka tidak akan mudah lupa. Masih banyak lagi permainan yang mengasah otak sehingga hal itu dapat meningkatkan daya ingat mereka. 

4. Merangkum Materi

Cara meningkatkan daya ingat siswa berikutnya adalah dengan cara merangkum materi yang penting-penting. Mungkin pelajaran yang diajarkan oleh guru terlalu banyak dan juga membuat para siswa akan merasa kesulitan pada saat mempelajarinya.

Jadi sebaiknya Anda harus mengajarkan cara merangkum materi yang penting-penting agar mereka dapat mempelajari dengan mudah. 

5. Mengulang Pelajaran

Pada saat memberikan pelajaran sebaiknya jangan hanya sekali, lain waktu Anda harus mengulang pelajaran tersebut agar mereka dapat mengingatnya kembali. Selain itu nantinya mereka akan semakin paham dengan pelajaran tersebut. 

6. Tumbuhkan Kebiasaan Membaca

Membaca merupakan suatu hal yang sangat penting. Maka dari itu sebaiknya tanamkan kebiasaan membaca untuk mereka. Sebab selain akan meningkatkan daya ingat, mereka juga akan memiliki lebih banyak wawasan. 

Cara meningkatkan daya ingat siswa ini perlu untuk Anda ketahui agar para siswa dapat dengan mudah mengingat apa yang sudah dipelajari. Selain itu, dengan daya ingat yang kuat otomatis mereka akan menjadi siswa yang jenius dan cerdas.