Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Aplikasi Teori Gestalt dalam Proses Pembelajaran

Aplikasi Teori Gestalt dalam Proses Pembelajaran

Aplikasi Teori Gestalt atau sering dikenal dengan Gestalt Principle merupakan aturan dalam dunia psikologi yang muncul pada 1920. Teori ini menggambarkan bagaimana manusia bisa melihat objek hanya dengan mengelompokkan elemen yang serupa mengenali pola serta menyederhanakan gambar.

Designer menggunakan teknik ini untuk menarik pengguna serta menghadirkan desain yang unik dan kuat.

Aplikasi Teori Gestalt untuk Pembelajaran

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa teori ini dikenal dengan Gestalt Principle yang merupakan hukum atau aturan pada dunia psikologi yang muncul pada tahun 1920-an. Teori ini menggambarkan cara pandang manusia saat melihat objek dengan mengelompokkan elemen yang serupa menyederhanakan gambar yang kompleks serta mengenali pola.

Teori ini seringkali digunakan oleh desainer untuk menarik penggunaan serta menghadirkan desain yang mempunyai perspektif unik dan kuat.

Belajar

Proses pembelajaran merupakan fenomena kognitif. Jika individu mengalami proses belajar maka terjadi reorganisasi saat perceptual fieldnya. Setelah proses belajar seseorang akan mempunyai pandangan Baru terhadap suatu masalah. Aplikasi Teori Gestalt ini merupakan proses pembelajaran antara lain:

Pembelajaran Bermakna

Kebermaknaan unsur yang terkait akan menunjang pembentukan tilikan pada proses pembelajaran. Semakin jelas makna hubungan suatu unsur maka sesuatu yang dipelajari akan semakin efektif.

Hal ini sangat penting untuk kegiatan pemecahan masalah apalagi dalam identifikasi masalah serta pengembangan alternatif pemecahannya. Hal yang dipelajari seharusnya mempunyai makna yang logis dan jelas dengan proses kehidupan.

Prinsip Ruang Hidup

Perilaku individu yang mempunyai ketertarikan dengan lingkungan dimana ia berada. Maka dari itu materi yang diajarkan seharusnya mempunyai ketertarikan mengenai situasi serta kondisi lingkungan kehidupan kepada peserta didik.

Pengenalan Tilikan

Tilikan mempunyai peran yang sangat penting dalam berperilaku. Pada proses pembelajaran seharusnya peserta didik mempunyai kemampuan di lingkungan yaitu mengenal ketertarikan unsur pada suatu objek atau sebuah peristiwa.

Transfer dalam Belajar

Pemindahan pola perilaku pada suatu pembelajaran tertentu pada situasi lain. Menurut pandangan aplikasi Teori Gestalt transfer belajar terjadi dengan jalan melepaskan pengertian objek dari suatu konfigurasi pada situasi tertentu untuk ditempatkan dalam situasi konfigurasi lain.

Transfer belajar akan terjadi jika peserta didik bisa menangkap prinsip pokok dari suatu persoalan serta menemukan energi ionisasi yang digunakan untuk memecahkan masalah.

Perilaku Bertujuan

Perilaku yang terserah pada tujuan. Perilaku terjadi bukan hanya karena hubungan stimulus respon tetapi berkaitan mengenai tujuan yang akan dicapai. Proses pembelajaran akan sangat efektif jika peserta didik mengerti tujuan yang hendak ia raih.

Maka dari itu, sebaiknya guru sadar akan tujuan sebagai arah aktivitas pengajar serta membantu peserta didik untuk memahami tujuannya.

Memori

Hasil persepsi terhadap objek yang meninggalkan jejak ingatan. Seiring berjalannya waktu, jejak ingatan akan berubah sejalan dengan prinsip organisasional terhadap suatu objek. Penerapan prinsip sering muncul serta terbukti secara eksperimental.

Fenomena ini dijelaskan membawa pengaruh gosip atau rumor secara sosial. Fenomena gosip seringkali berbeda mengenai fakta yang ada. Fakta yang diterima sebagai suatu informasi akan diteruskan kepada orang oleh seorang lalu diteruskan kepada orang lain dengan dilengkapi oleh informasi yang relevan atau tidak adanya fakta.

Insight

Pemecahan masalah yang terjadi secara jitu akan muncul setelah adanya proses pengujian dari berbagai dugaan atau kemungkinan. Setelah pengalaman insight individu bisa menerapkan suatu masalah yang sejenis tanpa melalui proses trial error.

Konsep ini merupakan fenomena yang penting dalam belajar dan ditemukan oleh Kohler pada eksperimen yang sistematis. Terjadinya insight pada setiap individu tergantung pada berikut ini.

Pengalaman

Dengan belajar suatu individu akan memperoleh pengalaman serta memunculkan insight.

Kesanggupan

Kesanggupan sangat berkaitan dengan kemampuan integrasi suatu individu.

Latihan

Latihan yang banyak akan mempertinggi kemampuan infinite pada suatu individu dalam situasi yang bersamaan.

Tara Kompleksitas isi dari Suatu Situasi

Semakin kompleks suatu masalah maka akan semakin sulit untuk diatasi.

Error dan Trial

Jika seseorang tidak bisa memecahkan suatu problem maka seseorang akan melakukan percobaan hingga akhirnya menemukan insight untuk memecahkan problem tersebut.

Lihat juga : 6 Rahasia Guru Mengajar Menghindari Bosan pada Anak

Aplikasi Teori Gestalt sangat sesuai untuk pembelajaran. Dengan teori ini peserta didik bisa menguasai suatu prinsip pokok dari materi yang sedang diajarkan.