Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru

Tips Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru

Tips meningkatkan kompetensi kepribadian tentunya sangat penting dan menjadi sesuatu hal yang harus diperhatikan oleh seorang guru. Sebab kompetensi guru merupakan indikator yang berguna untuk standar penilaian seorang guru secara profesional.

Bahkan berdasarkan UU ada berbagai macam hal yang harus dimiliki oleh tenaga pendidik, mulai dari status pendidikan sampai memiliki ketetapan hukum. Selain kualifikasi akademik, maka bapak ibu guru juga wajib memenuhi empat standar kompetensi yang ada.

Begini Tips Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru, Apa Saja?

Kepribadian merupakan sesuatu pada setiap diri seseorang yang akan membimbing serta memberi arah kepada semua tingkah laku. Kepribadian ini juga merupakan kesatuan sifat sempurna, baik itu akal sosial, jasmani, hingga intelegensi dalam berinteraksi sosial.

Lihat juga : Tips Meningkatkan Kompetensi Sosial Guru

Bisa kita ketahui bahwa kepribadian seorang guru merupakan sifat hakiki guru yang sudah tercermin pada sikap dan perbuatannya sendiri. Jadi kepribadian adalah salah satu kajian psikologi yang sudah terlahir dari pemikiran maupun temuan-temuan.

Sedangkan dalam agama Islam, kepribadian ini lebih diidentikan sebagai akhlak. Akhlak seorang guru harus sopan, ikhlas, dan tidak sombong. Tapi bagaimanakah peran seorang guru untuk bisa membentuk kepribadian yang lebih baik?

1. Memahami Kompetensi Kepribadian

Tips meningkatkan kompetensi kepribadian penting untuk bapak atau ibu guru ketahui. Pada dasarnya kompetensi kepribadian merupakan kemampuan personal yang bisa mencerminkan sifat kepribadian dewasa.

Seorang guru juga harus bisa bertindak tegas sesuai norma-norma sosial yang berlaku dan konsisten dalam melakukan tindakan. Selain itu, seorang guru juga harus bisa menampilkan bagaimana sifat mandiri dalam melakukan segala kegiatan sebagai tenaga pendidik.

Tentunya tenaga pendidik alias guru juga harus bisa menampilkan bagaimana tindakan berdasarkan manfaat untuk para peserta didik. Kemudian seorang guru harus memiliki perilaku yang bisa memberi pengaruh baik dan disegani oleh para siswa.

2. Pengembangan Kepribadian Guru

Tips meningkatkan kompetensi kepribadian guru, maka cukup penting pula untuk melakukan pengembangan diri. Dalam kegiatan untuk meningkatkan mutu pendidikan, maka guru adalah salah satu faktor yang paling penting.

Sementara itu kompetensi sendiri merupakan seperangkat pengetahuan, perilaku dan keterampilan yang harus dikuasai dan dihayati oleh guru. Kesimpulannya bahwa kompetensi ini merupakan sifat yang berhubungan dengan kriteria kinerja dan keefektifan yang baik dalam melakukan suatu pekerjaan.

Tentunya kompetensi seorang guru ini meliputi kompetensi personal, pedagogik, sosial hingga kompetensi profesional. Pada hakikatnya kompetensi seorang guru juga tidak akan terlepas dari konsep hakikat guru serta segala tugas-tugasnya.

3. Cara Mudah Tingkatkan Kompetensi Guru

Tips meningkatkan kompetensi kepribadian guru salah satunya adalah dengan meningkatkan penguasaan materi pembelajaran. Selain itu juga meningkatkan pengetahuan PBM, evaluasi belajar melalui belajar mandiri, pelatihan hingga lanjut ke jenjang lebih tinggi.

Kemudian meningkatkan bagaimana kemampuan dalam berkomunikasi dengan baik bersama murid maupun sesama guru dan tenaga pendidik lain. Mampu untuk menampilkan bagaimana perilaku yang sesuai dengan pribadi seorang guru yang dikehendaki.

Bisa juga dilakukan melalui peran kepala sekolah, misalnya sebagai supervisor, edukator, manajer, pencipta iklim kerja hingga wirausahawan sekalipun. Selain hanya dari kepala sekolah, maka peningkatan kompetensi guru juga bisa dilakukan oleh pihak pemerintah dalam bentuk UU guru, sertifikasi guru hingga dosen.

Sebenarnya tips meningkatkan kompetensi kepribadian guru itu cukup mudah asalkan tahu bagaimana cara melakukannya. Nah bagi Anda seorang guru, maka penting sekali untuk mengetahui trik atau langkah yang benar.