Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Demi Masa Depan, Sejak Dini Terapkan 5 Keterampilan Penting untuk Anak


Orang tua tentu mengharapkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Mulai dari pendidikan terbaik hingga asupan nutrisi agar anak tetap sehat. Namun lebih daripada itu, kita juga perlu melatih keterampilan penting untuk anak sebagai bekal kehidupan hingga ia dewasa kelak.

Lihat juga : Penting Bagi Orangtua Mengajarkan Kegagalan pada Anak

Skill atau keterampilan yang penting dilatih sejak dini bukan hanya sebatas akademis saja. Berprestasi di sekolah memang membanggakan, namun keterampilan hidup juga tidak kalah penting. Kita sebagai orang tua tidak selamanya bisa hidup mendampingi anak. Oleh karena itu, penting untuk anak diajarkan berbagai keterampilan hidup agar kelak ia bisa mengatasi masalahnya sendiri.

Pondasi Keterampilan Penting untuk Anak Sebagai Bekal Masa Depan

Life skill atau keterampilan hidup bukanlah suatu hal yang datang dengan sendirinya. Hal itu perlu diajarkan dan dilatih sejak dini. Tujuannya adalah supaya nilai-nilai kehidupan yang diajarkan akan mampu menjadi pondasi kehidupan untuk anak.

Seperti yang kita ketahui bahwa usia dini adalah periode emas. Dalam masa itu sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai pondasi kehidupan sehingga anak bisa survive di masa depan. Apa saja ya keterampilan yang diperlukan? Yuk kita bahas 5 keterampilan penting untuk anak yang bisa diterapkan sejak dini berikut ini.

1. Keterampilan Bersosialisasi

Ini merupakan hal yang sangat mendasar karena kita sebagai manusia adalah makhluk sosial yang hidup membutuhkan orang lain. Keterampilan bersosialisasi yang baik tentu akan memudahkan anak untuk bergaul dan beradaptasi dengan lingkungannya baru. Keterampilan bersosialisasi ini juga sangat berguna di masa depan dalam mencapai kesuksesan.

2. Mengerjakan Pekerjaan Rumah Tangga

Siapa bilang pekerjaan rumah tangga hanya dilakukan oleh perempuan saja? Ini adalah pekerjaan untuk semua gender karena merupakan salah satu skill penting dalam kehidupan. Anda bisa mengajarkan anak untuk menaruh pakaian kotor sendiri, mencuci piring dan gelasnya sendiri, menyapu, atau menyiapkan makanannya sendiri. Kemandirian ini perlu dijadikan rutinitas yang menyenangkan supaya anak tidak merasa terbebani melakukannya.

3. Keterampilan mengambil keputusan

Mungkin kita kesal ketika anak tidak menurut, namun itu menunjukan bahwa ia berani mengambil keputusan. Tentu saja sebagai orang tua kita tetap mengarahkan ke hal yang positif ya. Anak-anak usia dini mulai bisa memahami konsekuensi baik dan buruk dari suatu keputusan yang diambil. Oleh karena itu, penting sekali bisa melatih keterampilan penting untuk anak yang satu ini.

4. Manajemen keuangan

Keterampilan ini memang cukup sulit dilakukan, bukan hanya anak-anak bahkan orang dewasa pun banyak yang kesulitan manajemen keuangan. Karena butuh pembiasaan bertahun-tahun, maka keterampilan ini perlu diajarkan sejak dini. Sedini mungkin anak harus diajarkan untuk tidak boros dan memahami bahwa uang tidak datang dari langit yang bisa digunakan semaunya. Harapannya bahwa dengan keterampilan ini bisa menghindarkan anak dari masalah finansial di kemudian hari.

5. Manajemen Waktu

Bukan hanya anak-anak namun orang dewasa juga perlu keterampilan manajemen waktu yang baik. Sejak dini anak sudah bisa dilatih untuk disiplin dan tepat jadwal. Tujuannya adalah supaya anak-anak bisa memperkirakan durasi dan mempermudah kehidupan sehari-hari.

5 keterampilan penting untuk anak di atas bisa diterapkan sejak dini. Berikan pemahaman untuk anak agar bisa menguasai life skill yang akan sangat berguna saat dewasa kelak. Setiap hari anak terus bertumbuh jadi jangan sia-siakan periode emas anak untuk bisa menanamkan nilai-nilai yang berguna dalam kehidupannya di masa mendatang.