Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penggunaan Humor Sebagai Bagian dari Metode Pembelajaran yang Menyenangkan

Penggunaan Humor Sebagai Bagian dari Metode Pembelajaran yang Menyenangkan

Sekarang ini penggunaan humor sebagai bagian dari metode pembelajaran memang seringkali kita gunakan untuk membuat pembelajaran semakin bervariasi. Namun dengan seiring berkembangnya dunia pendidikan, guru lebih banyak berfokus hanya pada  materi yang harus dikejar sehingga murid lebih cepat bosan.

Masih jarang yang menggunakan humor dalam strategi pembelajaran. Padahal strategi ini dapat menghilangkan rasa bosan para murid. Tentunya rasa bosan pada murid ini harus segera diatasi dan jangan dibiarkan begitu saja, karena ini bisa mempengaruhi kualitas belajar siswa.

Penting dan Manfaatnya Penggunaan Humor Sebagai Bagian dari Metode Pembelajaran

Kebanyakan saat pembelajaran biasanya antara siswa dengan guru ada yang kurang nyambung, misalnya antara rasa emosional siswa dengan rasa bosan siswa. Nah, strategi humor ini bisa menjadi solusi tepat untuk mengurangi rasa emosional antara guru dan siswa.

Selain itu kegiatan pembelajaran pun akan menjadi menyenangkan dengan diselingi dengan humor sehingga murid tidak akan mudah bosan. Selain itu penggunaan strategi humor dalam pembelajaran juga memberikan banyak manfaat dalam pembelajaran.

Manfaat Humor dalam Pembelajaran

Penggunaan humor sebagai bagian dari metode pembelajaran ini merupakan cara yang sangat tepat agar siswa terdorong untuk tidak merasa bosan dengan pelajaran tersebut. Makanya dalam pembelajaran hendaknya seorang guru menyempatkan diri untuk tertawa dan bisa menciptakan suasana riang.

Guru harus bisa menciptakan suasana menyenangkan, salah satunya dengan memasukan humor. Hal ini dapat meningkatkan rasa kebersamaan antara guru dan siswa. Selain itu, emosi juga mempengaruhi daya ingat seseorang. Nah dengan tertawa ini diharapkan dapat meningkatkan ingatan siswa.

Selain itu, dengan tertawa ini mampu melepaskan zat endorphin dari dalam tubuh yang menyebabkan kita lebih merasa bahagia. Dengan ini diharapkan dapat mengurangi ketegangan dan tekanan selama pembelajaran, sehingga siswa tidak cepat merasa bosan.

Jenis Humor dalam Pembelajaran

Penggunaan humor sebagai bagian dari metode pembelajaran ini bisa dituangkan dalam beberapa bentuk seperti gambar, cerita maupun perilaku. Dalam pembelajaran sendir ada beberapa jenis humor yang bisa dilakukan seperti anekdot, karikatur, kata-kata, gambar atau film lucu.

Jenis humor anekdot merupakan sebuah humor yang dituangkan dalam sebuah cerita, guru bisa menyelipkan cerita humor saat pembelajaran. Selain itu, guru juga bisa menggunakan humor menggunakan gambar lucu, hal ini bisa mengurangi rasa stress dan bosan siswa.

Lihat juga : 6 Rahasia Guru Mengajar Menghindari Bosan pada Anak

Atau mungkin juga bisa menggunakan kata-kata yang diplesetkan, hal ini bisa mengurangi rasa bosan siswa selama pembelajaran. Guru juga bisa menggunakan gambar atau film yang masih berhubungan dengan pembelajaran namun berunsur humor. Hal ini bisa memudahkan siswa memahami materi.

Cara Mengajar dengan Menyisipkan Humor

Namun kenyataannya menyisipkan humor dalam pembelajaran juga tidak bisa dilakukan sembarangan terlebih di depan para siswa. Guru tetap harus menjaga perilaku, ucapan dan sopan santun di depan para siswanya agar para siswa tidak meniru hal buruk yang mungkin dilakukan guru.

Dalam pembelajaran pastinya murid akan mudah bosan dan mengantuk terutama jika guru hanya mengajar materi yang cukup membosankan. Makanya humor ini bisa sesekali digunakan agar murid tidak cepat merasakan bosan, karena jika bosan menyerang informasi pun tidak akan masuk di otak.

Penggunaan humor sebagai bagian dari metode pembelajaran ini sebaiknya guru menggunakan humor yang meningkatkan kenyamanan saat di kelas. Jangan menggunakan humor yang berunsur sarkasme, humor yang kurang pantas, dan sebaiknya gunakan humor sesekali saja untuk menghilangkan rasa bosan.