Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Trik dan Tips Bagi Guru Mendorong Siswa untuk Terus Belajar

Trik dan Tips Bagi Guru Mendorong Siswa untuk Terus Belajar

Trik dan tips bagi guru supaya siswanya tetap mau belajar tentunya berbeda-beda. Kenyataanya belajar itu tidak harus melulu di sekolah. Jika hanya harus belajar di sekolah lantas bagaimana jika seorang guru nantinya memberikan pekerjaan rumah? Bukan hanya itu saja akan tetapi guru juga membutuhkan strategi tersendiri supaya ia tetap mau belajar baik di rumah maupun sekolah.

Bukankah kesulitan dalam belajar itu menjadi hal yang paling sering dihadapi? Umumnya, masalah ini akan bisa anda lihat dari adanya ketidakmampuan siswa dalam mempelajari materi yang sudah diajarkan. Misalnya membaca, menulis, ataupun berhitung. Bagi seorang guru yang selalu mempunyai keberanian yang luar biasa dalam mengajar namun juga tidak henti-hentinya untuk selalu belajar, hal yang demikian itu membutuhkan strategi khusus.

Trik dan Tips Bagi Guru Supaya Siswa Tetap Memiliki Semangat Belajar

Sudah bukan rahasia lagi jika guru merupakan sosok orang tua kedua bagi muridnya. Dengan demikian bisa ditarik kesimpulan bahwa guru juga memiliki peran yang tidak kalah pentingnya dengan orangtua kandung. Karena orangtua kandung justru memberikan kepercayaan penuh kepada guru sekolah untuk memberikan pengajaran kepada anaknya yang berupa moral baik dan akademik.

Akan tetapi apabila melihat sifat dari anak-anak yang berbeda, justru akan membuat guru-guru menjadi stres. Mengapa demikian? Karena kemampuan dalam memahami pelajaran antara anak yang satu dengan yang lainnya itu berbeda. Untuk itu perlu adanya trik dan tips bagi guru supaya dalam keadaan yang bagaimanapun seorang murid itu tetap semangat belajar. Bagaimana caranya? Mari kita kupas dengan tuntas.

1. Gunakan Prior Knowledge

Apa itu prior knowledge? Ia merupakan sebuah pengetahuan awal yang sudah siswa miliki dari pengalaman ataupun pengetahuan yang sudah didapatkan sebelumnya. Prior knowledge ini juga bisa menjadi trik dan tips bagi guru guna mengatasi kesulitan belajar bagi siswa ketika berada di sekolah.

Dengan cara ini pula siswa bisa dengan mudah menerima materi baru yang ke selanjutnya. Untuk bisa mengamalkan metode ini harus mempelajari suatu materi tertentu terlebih dahulu. Sebagai salah satu contohnya adalah dengan memberikan tugas kepada siswa untuk terlebih dahulu membaca materi besok yang dipelajari.

2. Selalu Mengadakan Evaluasi

Mengadakan evaluasi juga menjadi trik dan tips bagi guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa. Dalam metode ini guru bisa bisa melihat perkembangan siswa juga mengambil langkah apa yang sekiranya bisa ia lakukan kepada siswa tersebut.

Lihat juga : Usaha Yang Harus Dilakukan Guru Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengajarnya

Contohnya adalah, ketika seorang guru memberikan kunci jawaban yang benar setelah muridnya selesai dalam mengerjakan tugas. Dari situ pula, guru bisa mengetahui sejauh mana kemampuan dalam mengerjakan tugas tersebut. Bukan hanya itu saja manfaatnya, akan tetapi juga perkembangan siswa tersebut dalam mengerjakan suatu tugas juga mengetahui konsepnya yang mana yang sekiranya masih sulit.

3. Hindarkan untuk Memberikan Tugas yang Panjang

Karena setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam memahami materi, maka trik dan tips bagi guru adalah supaya bisa menghindari untuk memberikan tugas yang panjang. Biasanya, kesulitan tersebut muncul karena adanya ketidaksanggupan mereka dalam mengerjakan tugas. Maka, alangkah lebih baiknya berikan saja tugas yang singkat.

4. Usahakan untuk Mengajak Siswa Aktif

Perlu anda ketahui bahwa trik dan tips bagi guru supaya siswanya tetap mau belajar adalah dengan mengajaknya aktif dan tanggap. Misalnya adalah mengajaknya untuk berdiskusi tentang apapun yang ingin ia sampaikan atau materi mana yang belum dipahami dan ingin ditanyakan.

Bukan hanya itu saja, akan tetapi juga ketika sedang proses belajar mengajar, usahakan untuk Guru bisa memberikan sesi tanya dan menjawab. Namun untuk hal ini, jangan sampai melibatkan sifat marah. Karena tanpa disadari hal tersebut justru akan membuat mental seseorang akan menjadi menurun.

5. Ajari Mereka untuk Selalu Mencatat

Beberapa orang mungkin bisa saja mengingat materi tanpa harus menulisnya. Akan tetapi bagi kelompok lain justru tidak bisa mengingat tanpa dengan membaca atau membuat catatan. Nah hal ini juga bisa menjadi trik dan tips bagi guru supaya semangat belajar seorang siswa itu kembali menggelora.

Dengan mengajarkan mencatat kepada mereka, maka juga akan membantu mereka untuk mengingat kembali materi yang sudah diajarkan. Bukan hanya itu saja, ketika di rumah pun catatan tersebut juga bisa mereka baca-baca ulang untuk memahami.

Nah, beberapa trik dan tips bagi guru bisa anda amalkan untuk mengajarkan supaya siswa itu tetap semangat dalam belajar baik di sekolah maupun rumah.