Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kiat Guru Menginspirasi Siswa Menjadi Kreatif

Kiat Guru Menginspirasi Siswa Menjadi Kreatif

Pentingnya bagi setiap guru menginspirasi siswa menjadi kreatif. Saat mendengar kata guru, mungkin akan terbesit di benak Anda yakni seseorang yang menggantikan peran orang tua di sekolah. Seseorang yang siap untuk membimbing Anda dalam sebuah pelajaran. Seringkali guru ini dianggap sebagai sosok yang menyeramkan. Hal ini juga membuat beberapa muridnya menjadi tegang saat berada di sekolah.

Namun, Anda mungkin berharap memiliki guru yang dapat meningkatkan motivasi belajar. Bahkan juga dapat menginspirasi  untuk melakukan sesuatu dan menghasilkan sebuah karya yang bermanfaat. Guru ini tentu saja dapat membuat para muridnya merasa bersemangat untuk datang ke sekolah. Pastinya juga mengetahui cara berkomunikasi yang baik dengan muridnya.

Ketahui Cara Guru Menginspirasi Siswa Menjadi Kreatif

Untuk bisa menjadi seorang guru yang kreatif memang tidak mudah. Hal ini sama dengan menciptakan acara atau kegiatan yang bermutu. Oleh karena itu, memang dibutuhkan beberapa orang dalam membentuk tim kreatif di suatu kegiatan. Penilaian sukses tidaknya suatu acara kadang berdasarkan dari pengalaman dan kualitas tim kreatifnya. Berikut ini beberapa hal yang dapat membantu mengasah kreativitas.

1. Melihat Dunia Luar

Maksudnya dengan mengamati hal lain diluar bidang atau keahlian selama ini. Kreativitas dapat muncul apabila memandang sesuatu dari perspektif yang berbeda dari biasanya. Namun apabila hanya memandang sesuatu dari satu perspektif berdasarkan bidang, maka akan lebih sulit memunculkan kreativitas. Anda dapat mencoba dan mendalami atau mengerjakan hal baru. Tentu saja diluar bidang Anda agar dapat memunculkan ide baru.

2. Amati Tiru Modifikasi Inovasi

Untuk bisa menjadi kreatif, sebenarnya tidak harus dari ide asli Anda sendiri. Cara guru menginspirasi siswa menjadi kreatif dengan amati tiru modifikasi inovasi. Apabila melakukan pengamatan yang seksama, kemungkinan dapat terinspirasi untuk membuat sesuatu yang baru dari hasil karya orang lain. Meski produk tersebut sama, namun dapat memodifikasi produknya agar lebih praktis atau memberikan manfaat lain.

3. Bergabung dengan Komunitas

Meski menjadi guru tentu tidak membatasi apabila ingin bergabung dengan komunitas. Apabila rajin mengikuti pertemuan atau kegiatan dengan komunitas seprofesi. Biasanya ada hal-hal atau perkembangan baru yang memotivasi Anda untuk berubah. Anda juga dapat melakukan diskusi dan belajar langsung dengan rekan-rekan dalam komunitas. Setiap komunitas biasanya juga sangat senang berbagi.

4. Mulai dari Sekarang

Cara guru menginspirasi siswa menjadi kreatif dengan mulai dari sekarang. Segala hal yang baik memang sebaiknya disegerakan. Tentu Anda tidak perlu menunggu jadi kreatif, apabila tidak mencoba dari sekarang. Kreatif membutuhkan proses dan waktu koreksi berkali-kali. Mengasah kreativitas dapat Anda mulai dari hal-hal kecil, untuk pekerjaan yang mungkin sebelumnya belum terpikirkan.

5. Berhenti Sejenak dan Evaluasi Diri

Anda perlu berhenti sejenak dan melakukan evaluasi diri. Bagian pentingnya untuk hasil kerja atau hasil karya yang semakin baik. Tentu saja mengenai sudah sejauh apa perjalanan pekerjaan Anda. Kemungkinan Anda sudah merasa profesional mengajar, namun tidak memahami respon siswa selama ini.

Lihat juga : Meski Tidak Mudah, Inilah Cara Menjadi Guru yang Kreatif

Kemungkinan siswa hanya sekedar melaksanakan kewajiban belajar atau muncul perubahan signifikan dari hasil mengajar. Sebab, bagaimanapun yang menjadi ukuran keberhasilan dalam pendidikan yakni siswa. Terkait kreativitas siswa Anda yang sudah terlihat, maka perlu untuk sama sama belajar dan terus belajar.

Setiap guru memang perlu menginspirasi siswa menjadi kreatif. Hal ini dilakukan agar siswa tidak hanya dapat menerima pelajaran saja, namun dapat melakukan sesuatu serta menghasilkan karya yang bermanfaat.