Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Bagi Guru Menginspirasi Muridnya Dengan Keinginan Untuk Belajar

Tips Bagi Guru Menginspirasi Muridnya Dengan Keinginan Untuk Belajar

Guru menginspirasi muridnya untuk belajar merupakan suatu hal yang sulit-sulit gampang untuk dilakukan. Karena belajar bagi sebagian siswa menjadi suatu momok yang sangat dihindari.

Masih banyak siswa yang beranggapan bahwa belajar bukan hal yang menyenangkan. Bahkan cenderung seperti beban bagi mereka karena harus menghafal atau menghitung.

Oleh sebab itu, bagi seorang guru, ini merupakan tantangan untuk menginspirasi murid-muridnya. Sebenarnya kunci utama belajar agar dapat diminati siswa terletak pada suasana dan lingkungan.

Lihat juga : Menjadi Guru SD Harus Siap Stok Sabar, Simak Kiat-Kiatnya

Apabila suasana kelas dan lingkungan mendukung, maka proses pembelajaran akan berjalan lancar. Namun sebaliknya, apabila suasana kelasnya buruk serta lingkungannya tidak mendukung untuk giat rajin dalam belajar, maka semua ini akan berakibat dengan proses pembelajaran yang terasa berat. 

Bahkan sama sekali tidak memberikan kesan yang menyenangkan. Oleh sebab itu, simak tips dibawah ini untuk anda para guru agar mampu menginspirasi murid-murid.

Simak Tips Bagi Guru Menginspirasi Muridnya Belajar

Beberapa tips dibawah ini dapat dijadikan referensi agar siswa menjadi semangat belajar.

1. Menciptakan Lingkungan Kelas yang Nyaman

Lingkungan kelas sangat berpengaruh dalam proses guru menginspirasi muridnya untuk belajar. Karena kelas merupakan tempat di mana siswa menimba ilmu. Kelas tempat keseharian murid untuk melakukan berbagai aktivitas pembelajaran.

Berbagai sarana prasarana yang tersedia dalam kelas menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Seperti warna tembok kelas, bangku kursi, pencahayaan, ventilasi udara, dan lain-lain.

2. Bantuan Dari Guru yang Siap Sedia

Apabila dalam proses belajar, siswa sedang mengalami kesusahan, seorang guru harus siap sedia untuk membantu siswa. Agar kesulitan tersebut segera terpecahkan dan terselesaikan dengan baik.

Seorang guru harus mampu mengelola agar setiap siswa mendapatkan perlakuan yang sama. Untuk istilahnya agar tidak ada pilih kasih di antara mereka semuanya.

Dengan jumlah siswa per kelas yang banyak yaitu sekitar belasan bahkan puluhan orang, guru harus mampu mengelola kelas agar seluruh siswa mendapatkan hak yang sama. Sehingga itu menjadi tantangan tersendiri bagi guru untuk mengelola kelas dan siswa.

3. Menyediakan Berbagai Sumber Belajar yang Beragam

Langkah selanjutnya yang bisa dijadikan tips bagi guru menginspirasi murid belajar yaitu terkait sumber belajar. Sumber belajar menjadi kebutuhan wajib yang harus ada di sekolah.

Biasanya siswa sering kebingungan ketika mencari sumber belajar terkait tugas yang diberikan. Sehingga peran guru sangat dibutuhkan untuk menunjang sumber belajar siswa.

Seorang guru juga merupakan salah satu sumber belajar yang biasanya digunakan. Selain itu, sumber belajar lainnya juga bisa berasal dari buku, ensiklopedia, dan internet.

4. Mengusung Tema Belajar Sambil Bermain

Ketika proses belajar, guru harus membuat metode pembelajaran yang sesuai keinginan siswa. Seperti mengusung tema belajar sambil bermain. Semua ini bertujuan agar otak siswa bisa fresh dan tidak tegang.

Tips ini sangat ampuh bagi guru menginspirasi muridnya belajar. Contohnya seperti mengadakan game untuk menebak kata-kata. Dengan cara itu dapat merangsang siswa berfikir kritis dan cepat. Selain itu, juga melatih kreativitas daya pikir dan menumbuhkan ide-ide cemerlang.

Sehingga selain bermain, siswa juga dituntut untuk mengolah teka-teki dalam otak. Selanjutnya otak akan berproses berfikir mencari solusi dan jawaban dari teka-teki tersebut.

Teka-teki yang dibuat guru tersebut dapat seputar materi pembelajaran. Sehingga selain bermain game, siswa juga mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat. Anda bisa menerapkan tips bagi guru menginspirasi muridnya tersebut.