Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Tepat Memuji Anak Atas Prestasi yang Diperolehnya

Cara Tepat Memuji Anak Atas Prestasi yang Diperolehnya

Orang tua mempunyai peran penting dalam mendidik anak. Mendidik anak tidak hanya dilakukan dengan mengarahkan dan memberikan nasehat pada anak saja. Akan tetapi, mendidik anak juga harus dilakukan dengan cara memberikan pujian saat anak mendapatkan prestasi. Memuji anak atas prestasi yang diraihnya harus dilakukan dengan cara yang tepat.

Cara Tepat Memuji Anak yang Memotivasi

Memuji anak memang diperlukan. Tak hanya sebagai bentuk apresiasi saja, akan tetapi memuji anak juga bisa membentuk perilaku dan karakter seorang anak. Anak juga akan merasa senang dan lebih bersemangat lagi kedepannya.

Memuji anak ternyata tidak bisa dilakukan sembarangan. Jika orang tua salah memuji anak atau berlebihan dalam memuji anak, maka dampaknya justru bisa menjadi buruk. Maka dari itu, pujilah anak Anda dengan cara yang baik dan benar.

1. Pujilah Dengan Tulus

Anak tentu saja sudah paham dan peka dengan kalimat pujian yang Anda ucapkan padanya. Maka dari itu, penting untuk Anda memujinya dengan hati yang tulus dan ucapan yang baik.

Jika Anda memuji anak Anda dengan sekedar basa-basi saja, maka Anak tidak akan merasa mendapatkan apresiasi dari orang tuanya.

Lakukan pujian dengan tatapan mata yang tulus pada anak. Ucapkan juga kalimat-kalimat pujian yang memotivasi. Tunjukkan jika Anda benar-benar merasa bangga atas prestasi yang diraih anak Anda.

2. Jangan Terlalu Banyak Mengumbar Pujian

Terlalu sering mengumbar pujian tidak akan memberikan dampak yang baik. Sebab, nantinya anak akan merasa biasa saja saat dipuji. Ini menyebabkan anak tidak akan semangat lagi dalam berjuang.

Maka dari itu, berikan pujian pada anak pada waktu dan tempat yang tepat. Dorong anak agar terus berjuang dan bersemangat untuk menghasilkan prestasi yang lebih maju lagi kedepannya.

3. Puji Usahanya Bukan Hasilnya

Memuji hasilnya ternyata bisa membuat seorang anak tidak siap dalam menerima kegagalan. Maka dari itu, cara tepat memuji anak saat mendapatkan prestasi adalah dengan memuji usaha yang telah dilakukannya.

Ketika anak dipuji hasilnya, maka bisa berdampak buruk bagi perilaku anak. Bahkan, terkadang ada anak yang rela berbuat curang untuk mendapatkan hasil terbaik dan mendapatkan pujian dari orang tuanya.

Lain halnya ketika Anda memuji kerja keras atau usahanya, sang anak justru bisa menjadi sabar dan lebih semangat lagi untuk mendapatkan prestasi yang lebih baik.

Maka dari itu, ketika memuji seorang anak, Anda perlu fokus pada usahanya. Bukan hanya terpaku pada hasil yang dicapainya.

4. Gunakan Kata-Kata yang Tepat

Jangan lupa menggunakan bahasa yang sesuai dengan perkembangan anak ketika memujinya.  Gunakan kata-kata yang memotivasi dan bisa membuat anak menjadi lebih semangat dan senang dalam berusaha.

5. Berikan Pujian Mulai Dari Hal Kecil

Memberikan pujian pada anak penting sekali dilakukan mulai dari hal-hal yang kecil. Ketika orang tua memperhatikan anak mulai dari hal-hal kecil, maka sang anak akan merasa diakui dan dihargai oleh orang tuanya.

Berikan pujian ketika anak memang layak mendapatkan pujian dari Anda. Sebab, jika terlalu berlebihan dalam memuji anak, bisa saja anak menjadi ingin dipuji dalam berbagai macam hal.

Lihat juga : 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Orang Tua dalam Mendidik Anak

Cara tepat memuji anak saat mendapatkan prestasi sifatnya harus membangun seorang anak agar bisa menjadi lebih baik lagi di kemudian harinya. Dengan begitu, anak tidak menjadi besar kepala atau sombong saat dipuji. Justru, seorang anak bisa menjadi lebih bersemangat dan termotivasi untuk berusaha yang lebih baik lagi.