Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran

Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran

Dalam dunia pendidikan, guru memiliki peran yang sangatlah penting. Sebab, dengan adanya guru proses belajar dan pembimbingan siswa bisa lebih efektif. Kinerja guru diperlukan sekali dalam kegiatan belajar mengajar untuk mencapai target dan tujuan pendidikan. Sebenarnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja guru.

Kinerja guru yaitu suatu proses pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan baik di dalam atau di luar kelas. Mulai dari membimbing peserta didik, melakukan penilaian, mengerjakan bagian administrasi sekolah, administrasi pembelajaran, dan lain sebagainya.

Inilah Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru

Menjadi seorang guru tentunya wajib mempunyai kinerja yang baik. Dengan begitu, kegiatan belajar bisa berjalan dengan lebih optimal. Jika kinerja yang dimiliki semakin baik, maka target dan tugasnya bisa lebih cepat terpenuhi.

Nah, beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja guru dalam kegiatan belajar mengajar diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Tingkat Pendidikan Guru

Tingkat pendidikan sangat berpengaruh sekali terhadap kinerja guru. Sebab dengan pendidikan bisa menambah pengetahuan dan pengalaman.

Guru yang tingkat pendidikan tinggi biasanya akan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang lebih banyak. Sehingga tugas dan tanggung jawabnya bisa terlaksana dengan baik. Bahkan, guru dengan pendidikan tinggi bisa menghasilkan murid-murid yang lebih berkualitas.

2. Kondisi Tempat Mengajar

Kinerja guru juga dipengaruhi oleh kondisi atau suasana lingkungan sekolah. Pengelolaan kelas yang baik, fasilitas yang memadai, dan kondisi kelas yang bersih dan nyaman akan menjadikan guru dan siswa menjadi lebih semangat belajar. Jadi, proses pengajaran bisa berjalan dengan lebih lancar.

Selain itu, suasana lingkungan sekolah juga sangat berpengaruh dengan kinerja seorang guru. Jika guru bisa menjalin hubungan yang baik dengan semua pihak yang ada di sekolah, maka pastinya akan menciptakan suasana yang menyenangkan. Bahkan, guru juga bisa menjalankan tugasnya dengan semangat dan lebih optimal.

3. Kondisi Fisik dan Mental Guru

Faktor yang mempengaruhi kinerja guru selanjutnya yaitu fisik dan mental. Seorang guru yang punya tubuh sehat dan bugar pastinya bisa memiliki kinerja yang lebih baik. Tak hanya fisik, kesehatan mental juga berpengaruh sekali terhadap kinerja para guru.

Ketika mental seorang guru itu sehat, maka guru akan lebih mudah dan lancar dalam menjalankan aktivitas mengajarnya. Untuk itu, agar bisa mendapatkan kinerja yang baik dan profesional, penting sekali untuk memperhatikan kesehatan fisik dan mental.

4. Sikap Guru

Kinerja guru dalam kegiatan belajar mengajar tentunya juga dipengaruhi oleh sikap mereka sendiri. Mengapa bisa demikian? Jadi, jika seorang guru yang bersikap terbuka, kreatif dan semangat kerjanya tinggi, jelas kinerjanya akan meningkat.

Suasana seperti ini akan menjadikan suasana mengajar di kelas menjadi semakin positif dan bisa untuk meningkatkan kinerja dari masing-masing guru.

5. Tingkat Pendapatan Guru

Faktor yang mempengaruhi kinerja guru selanjutnya yaitu tingkat pendapatan. Pada umumnya, jika guru tersebut memiliki tingkat pendapatan yang tinggi, maka kinerjanya akan lebih optimal. Kesemangatan dalam kinerja pun akan semakin tinggi.

Nah, dalam hal ini lembaga pendidikan sebaiknya terus memperhatikan tingkat pendapatannya dan jaminan kesejahteraan lainnya untuk para tenaga pendidik. Mulai dari  peningkatan pangkat, peningkatan gaji secara berkala, asuransi kesehatan, bonus dan lain sebagainya.

Faktor yang mempengaruhi kinerja guru tersebut akan berdampak pada kesuksesan pencapaian target belajar mengajar.  Jika kinerja setiap guru bisa maksimal, tentu saja target akan mudah untuk dicapai. Guru berkualitas akan mampu menghasilkan murid yang berkualitas pula.