Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Membangkitkan Motivasi Siswa Melalui Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Membangkitkan Motivasi Siswa Melalui Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Membangkitkan motivasi siswa nyatanya bisa kita lakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah melalui penguatan profil pelajar Pancasila. Sebagian dari kita mungkin menyadari, apa yang Pak Nadiem Makarim katakan mengenai tema Kurikulum Merdeka serta platform Merdeka Mengajar. Dalam hal tersebut ternyata terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipahami.

Seperti yang kita ketahui bahwa motivasi merupakan hal yang penting. Karena dengan melakukan hal tersebut nantinya hasilnya juga akan berbeda jika seseorang melakukan suatu hal tanpa adanya motivasi terlebih dahulu. Motivasi tersebut juga membantu seseorang untuk melakukan sesuatu karena memang motivasi tersebut benar-benar berpengaruh terhadap diri.

Lihat juga : Peran Guru Membentuk Profil Pelajar Pancasila, Ini Ciri-ciri Pelajar Pancasila

Perlu Anda ketahui juga bahwa beberapa tahun belakangan ini salah satu topik perbincangan hangat adalah kurikulum baru sejalan dengan periode menteri pendidikan, kebudayaan, riset, serta teknologi Indonesia yang baru yakni Nadiem Makarim. Seperti penjelasan sebelumnya yang mengatakan bahwa kurikulum tersebut bisa dijadikan sebagai acuan pendidikan yang perlu evaluasi dan terus berkembang sesuai dengan kebutuhan dari masyarakat.

Membangkitkan Motivasi Para Siswa dengan Penguatan Terhadap Profil Pelajar Pancasila

Kurikulum itu berfungsi sebagai acuan pendidikan. Untuk mengimplementasikan kurikulum tersebut, nyatanya membutuhkan evaluasi dalam kegiatan belajar mengajar. Mengapa demikian? Karena untuk mengukur kesuksesan belajar dalam proses yang dirasa sudah berhasil serta menyentuh beberapa tujuan dalam pembelajaran yang sudah menjadi ketetapan. Lebih tepatnya evaluasi itu perlu dalam pembelajaran guna melihat apakah proses belajarnya sudah berhasil atau belum.

Guna mencapai keinginan serta harapan tersebut, penting sekali melakukan peningkatan motivasi para siswa dalam proses belajar mengajar. Tak cukup itu saja tetapi juga mengembangkan sumber daya manusia dengan melakukan pembimbingan, pelatihan serta pengantar. Nah, Salah satu cara untuk memotivasi siswa itu bisa melalui penguatan profil pelajar Pancasila. Bagaimana, penasaran bukan?

Profil Pelajar Pancasila

Tapi sebelum membahas lebih jauh mengenai hal ini ketahuilah bahwa profil pelajar Pancasila itu adalah salah satu bentuk keberhasilan dari sebuah program sekolah penggerak. Menteri pendidikan nadiem Makarim mengatakan bahwa sekolah penggerak tersebut nantinya memiliki tujuan untuk menghasilkan profil pelajar Pancasila.

Sila sendiri adalah suatu perwujudan pelajar Indonesia yang menjadi pelajar sepanjang Hayat serta memiliki potensi global juga perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Karakter yang terdapat dalam setiap sila Pancasila tersebut mulai dari nilai religius, peduli sosial, kemandirian, patriotisme serta rela berkorban untuk negara juga bangsa, kebersamaan juga demokratis dan keadilan.

Mungkin banyak orang yang pertanyaan mengenai bagaimana sesuatu itu bisa mencapai kategori sebagai penguat profil pelajar Pancasila? Hal yang demikian itu merupakan tugas bagi guru juga sekolah. Sebagai salah satu upaya membangkitkan motivasi siswa untuk menciptakan profil pelajar Pancasila sebagai standar kelulusan siswanya. Penting sekali bagi para guru untuk membangkitkan menggunakan penguatan profil pelajar Pancasila tersebut. Apalagi sekarang ini sudah terombang-ambing dengan adanya pembelajaran secara daring atau jarak jauh.

Seperti penjelasan sebelumnya yang mengatakan bahwa membangkitkan motivasi siswa merupakan hal yang sangat penting. Proses pembelajaran seharusnya mampu meningkatkan motivasi intrinsik bagi murid sebanyak mungkin. Maksudnya adalah seorang guru itu harus bisa menarik minat juga meningkatkan hasrat rasa ingin tahu dari para siswa terhadap materi yang akan disampaikan. Berikut ini beberapa cara yang bisa guru lakukan untuk membangkitkan motivasi siswa.

Bangkitkan Minat Belajar

Untuk cara pertama membangkitkan motivasi siswa adalah dengan cara bangkitkan minat belajar mereka. Pada dasarnya minat dengan pembelajaran merupakan perpaduan yang sangat penting. Untuk itu tunjukkanlah kepada mereka bahwa yang mereka pelajari itu akan sangat bermanfaat. Begitu juga dengan tujuan pembelajaran adalah untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa mengenai pembelajaran yang akan datang nantinya.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan pilihan kepada murid mengenai materi yang akan dipelajari dan bagaimana caranya. Maka dengan demikian itu para guru bisa membuat siswa lebih tertarik dengan materi yang akan mereka sajikan.

Mendorong Rasa Ingin Tahu

Tak hanya itu saja untuk membangkitkan motivasi siswa seorang guru juga harus mendorong rasa ingin tahu mereka. Guru yang kreatif kita akan mudah menggunakan cara guna membangkitkan serta memelihara rasa ingin tahu peserta didiknya ketika proses belajar mengajar. Sebagai contohnya adalah, guru seni budaya yang mengajar siswa dengan bernyanyi sehingga dapat meningkatkan semangat juga ingin tahunya.

Adanya metode pembelajaran yang harus para guru pilih Nantinya juga akan membantu untuk membangkitkan rasa tahu para siswa. Sekarang ini kita bisa mengetahui bahwa terdapat beberapa metode yang bisa kita gunakan misalnya adalah studi kasus, pembelajaran Discovery, pembelajaran inkuiri, curah pendapat, serta diskusi.

Membantu Siswa

Membantu siswa didik dalam merumuskan tujuan pembelajaran juga menjadi salah satu hal yang harus para guru lakukan. Prinsip yang paling dasar dari motivasi itu sendiri adalah mempunyai semangat belajar yang tinggi guna bisa mencapai tujuan. Hal tersebut akan terwujud apabila tujuan tersebut dirumuskan atau ditetapkan oleh mereka sendiri bukan orang lain. 

Untuk itu sebagai seorang guru bagi peserta didik, alangkah lebih baiknya Anda itu mampu mendorong serta membantu mereka supaya lebih mudah merumuskan dan bisa mencapai tujuan belajarnya sendiri. Maka dengan demikian itu membangkitkan motivasi siswa melalui profil pelajar Pancasila akan lebih mudah.