Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengajar Anak SD Metode Praktikum Lebih Efektif

Cara Mengajar Anak SD Metode Praktikum Lebih Efektif

Cara mengajar anak SD tidak melulu soal penjelasan maupun penyampaian materi saja. Anak usia SD memiliki karakteristik yang berbeda-beda pada perkembangan belajar mereka. Guru hendaknya memperhatikan beberapa metode belajar yang perlu diterapkan sesuai dengan situasi belajar sehingga mereka dapat menyerapnya secara maksimal.

Salah satunya dengan menerapkan metode pembelajaran praktikum. Metode ini mampu menarik perhatian para siswa untuk memahami materi secara lebih mendalam. Selain itu bisa menjadi bentuk motivasi siswa belajar secara menyenangkan. Dengan metode praktikum, guru dapat meningkatkan kompetensi siswa baik dalam materi inti, berinovasi hingga keterampilan belajar.

Menerapkan Cara Mengajar Anak SD dengan Pembelajaran Praktikum

Pembelajaran yang monoton seringkali membuat siswa mengalami kebosanan. Sehingga perlu adanya pemenuhan keterampilan agar peserta didik dapat mengasah kemampuan berpikir lebih kritis. Untuk mengintegrasikannya maka dengan metode praktikum yang tepat.

Metode praktikum ini merupakan cara penyampaian bahan pelajaran dengan memberikan kesempatan siswa untuk berlatih sehingga dapat meningkatkan keterampilan sebagai penerapan pengetahuan untuk mencapai tujuan pengajaran.

Lihat juga : 7 Langkah Agar Proses Belajar Mengajar Menarik dan Berkualitas

Praktikum ini lebih kepada bentuk kerja praktek yang lingkungannya disesuaikan dengan tujuan sehingga siswa memiliki pengalaman belajar yang terencana dan berinteraksi langsung dengan peralatan. Hal ini bertujuan untuk mengobservasi serta memahami fenomena.

Selain itu cara mengajar anak SD dengan praktikum ini merupakan metode laboratory. Guru menggunakan berbagai objek untuk membantu siswa melakukan uji coba atau percobaan.

Guru memberikan arahan maupun aba-aba serta petunjuk untuk melaksanakannya. Kegiatan ini perlu menggunakan alat-alat tertentu.

Dalam melaksanakan metode praktikum maka guru memperkenalkan beberapa bentuk realita ke dalam pelajaran baik pertunjukan dengan model, produk, kebiasaan dan lainnya.

Selain itu guru merencanakan dengan teliti serangkaian pengajaran langsung yang sama dengan manual laboratorium untuk kegiatan siswa. Gunanya untuk memecahkan masalah dibawah bimbingan guru. Langkah pembelajaran praktikum hendaknya guru mempersiapkan secara matang.

1. Persiapan Pembelajaran Praktikum

Dalam persiapan hendaknya guru menetapkan tujuan. Mempersiapkan alat serta bahan yang diperlukan. Hal ini menyesuaikan dengan jumlah siswa dengan jumlah alat yang ada serta kapasitas tempatnya.

Selain Itu mempertimbangkan risiko keamanan, tata tertib menjaga peralatan serta bahan. Guru hendaknya membuat petunjuk tentang langkah yang harus ditempuh selama praktikum sehingga lebih sistematis dan mencapai tujuan dengan tepat.

2. Pelaksanaan dalam pembelajaran

Cara mengajar anak SD selanjutnya sebelum siswa melaksanakan praktek sebaiknya guru mendiskusikan terlebih dahulu dengan siswa. Menyesuaikan alat-alat serta perlengkapan yang akan digunakan. Sementara saat praktek berlangsung, hendaknya guru mendekati siswa dan mengamati proses yang sedang berlangsung.

Guru menerima pertanyaan-pertanyaan serta memberikan dorongan atau bantuan pada kesulitan yang sedang dihadapi siswa. Sehingga praktikum berjalan dengan lancar. Guru sebaiknya memperhatikan situasi menyeluruh dalam mengontrol praktikum.

3. Pemeriksaan dan Tindak Lanjut

Jalannya praktikum secara lancar maka siswa mampu menyerap informasi dan pengetahuan secara maksimal. Ketika praktek sudah dilakukan maka selanjutnya guru meminta siswa membuat laporan untuk diperiksa dari hasil praktek tersebut.

Kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan masalah-masalah yang ditemui selama praktikum berlangsung.

Guru dapat memeriksa keberhasilan alat dan menyimpan kembali semua peralatan atau perlengkapan yang sudah digunakan. Kelebihan dari pembelajaran praktikum adalah meningkatkan kadar keterampilan siswa, membangkitkan motivasi dan rasa percaya diri karena melibatkan secara fisik, aktif dalam pikiran, emosi hingga mempertinggi hasil belajar. Cara mengajar anak SD melalui praktikum dapat meningkatkan semangat belajar  dan penyerapan materi secara maksimal.