Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Menutup Kegiatan Pembelajaran Jangan Asal, Berikut Caranya

Menutup Kegiatan Pembelajaran Jangan Asal, Berikut Caranya

Kegiatan mengajar memang harus diawali dengan baik. Namun tidak hanya awalnya saja, Anda juga perlu tahu cara menutup pembelajaran dengan baik. Ketika menutup kegiatan pembelajaran jangan asal, ada beberapa cara yang perlu Anda tahu.

Menutup pembelajaran ada beberapa kiat khusus agar anak anak tidak bingung lagi dengan apa yang baru saja diajarkan. Karena itu, ada guru yang harus melalui tes mengajar, demi bisa memberikan materi yang sesuai dengan baik dan mudah dipahami murid.

Sedangkan sebagai inspiratory, seorang guru harus mampu menangani dan memberikan gambaran yang sesuai dengan keinginan siswanya. Dengan begitu, siswa bisa lebih mudah untuk memahami pelajaran yang diberikan.

Beberapa Tahapan Menutup Kegiatan Pembelajaran

Menutup pembelajaran bukan hanya soal mengucapkan salam dan membaca doa di akhir kegiatan sekolah. Menutup pembelajaran ada trik khususnya, jadi Anda tidak bisa melakukannya dengan asal-asalan. Memang mengakhiri pembelajaran dengan salam dan doa itu wajib dilakukan setiap akhir pembelajaran.

Namun, yang dimaksud dengan tahapan menutup pembelajaran merupakan kegiatan guru untuk mengakhiri pembelajaran dengan memberikan pertanyaan mengenai pokok-pokok pembelajaran yang diperoleh siswa.

Lihat juga : Tips Memusatkan Perhatian Siswa Ketika Membuka Pembelajaran

Menutup pembelajaran merupakan tahapan di mana guru harus bisa memberikan gambaran yang utuh mengenai apa saja yang sudah dipelajari. Kegiatan menutup pembelajaran juga bisa menjadi pintu keluar usainya kegiatan pembelajaran.

Akan lebih baik jika akhir pelajaran, seorang guru memberikan ringkasan materi mengenai pokok-pokok pembelajaran. Dengan begitu, siswa bisa memahami pelajaran dengan lebih mudah. Perlu Anda ketahui, menutup pembelajaran tidak hanya dilakukan di akhir sesi saja, namun juga ketika akhir pokok pembahasan yang diajarkan.

Adapun Beberapa Usaha yang Bisa Anda Lakukan Ketika Hendak Menutup Pembelajaran:

1.       Memberikan rangkuman dari inti pembelajaran

2.       Memberi dorongan sosial dan psikologis pada siswa

3.       Memberikan petunjuk yang mudah untuk anak mempelajari ulang topic yang diajarkan

4.       Melakukan evaluasi tentang materi yang baru diajarkan, ketika sudah selesai

Nah, untuk Anda yang masih bingung dengan cara menutup kegiatan pembelajaran maka bisa membaca ulasan berikut ini. Anda bisa memberikan materi pelajaran dengan lebih mudah, dan siswa juga tidak akan kebingungan dengan apa yang diberikan.

Merangkum Inti Pembelajaran

Menunjang pembelajaran bisa dilakukan dengan merangkum inti pokok pembelajaran. Anda bisa meminta siswa untuk membuat ringkasan,  baik lisan maupan tulisan yang sudah dibahas. Kegiatan merangkum ini bisa siswa lakukan baik itu secara individu maupun kelompok.

Membuat Ringkasan

Memberikan ringkasan mengenai inti pembelajaran bisa memudahkan siswa untuk lebih mantap lagi dalam memahami isi pembelajaran. Ringkasan bisa berupa pokok-pokok inti materi pembelajaran yang sudah dipelajari.

Ringkasan bisa Anda buat sendiri atau meminta siswa membuat secara mandiri, agar dirinya lebih paham dengan isi ringkasannya. Jika rangkuman yang dibuat siswa masih kurang, maka Anda sebagai pendidik bisa menambahkan poin-poin yang kurang.

Tahapan Menutup Kegiatan Pembelajaran

Dalam menutup pembelajaran ada beberapa tahapan, pendidik perlu melakukan refleksi untuk mengevaluasi:

1. Semua kegiatan pembelajaran dengan hasil yang didapatkan bersama bisa mencapai pembelajaran yang sudah diberikan secara langsung

2. Memberikan umpan balik terhadap hasil kerja siswa dalam proses pembelajaran

3. Pemberian kegiatan tindak lanjut dengan pemberian tugas baik individu atau kelompok

4.   Memberikan informasi untuk pertemuan berikutnya, yakni mengenai rencana kegiatan pembelajaran

Keterampilan menutup kegiatan pembelajaran merupakan hal yang bisa Anda lakukan dengan baik. Jika penutupan bisa dilakukan dengan baik, maka siswa juga mampu memahami pembelajaran yang diberikan.