Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Ciri-Ciri Guru Merdeka Belajar, Berani dan Inovatif

5 Ciri-Ciri Guru Merdeka Belajar, Berani dan Inovatif

Guru merupakan salah satu profesi yang sangat mulia. Bahkan, seseorang yang menjadi guru dikenal sebagai pahlawan tanpa tanda saja. Meskipun demikian, untuk menjadi seorang guru merdeka tidaklah mudah. Ada beberapa ciri-ciri guru merdeka belajar yang perlu kamu ketahui.

Guru memiliki peran yang sangat besar dalam membangun sebuah bangsa. Bahkan, seseorang yang besar namanya dan sukses tidak lahir dengan begitu saja.

Akan tetapi ada peran seorang guru di balik kesuksesannya itu. Dimana, guru berperan untuk memberikan ilmu, wawasan, mengasah minat hingga bakat.

5 Ciri-Ciri Guru Merdeka Belajar 

Namun, sebagai salah satu profesi yang tidak mudah, sebagian orang yang berprofesi sebagai guru merasa berkecil hati. Maka dari itulah, penting untuk menjadi guru merdeka belajar.

Lihat juga : Membangkitkan Motivasi Siswa Melalui Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Pasalnya, guru merdeka belajar ini merupakan guru yang memberikan dan menggerakan sebuah perubahan, terutama mutu pendidikan bagi anak didiknya. Tak hanya itu saja, guru merdeka juga memiliki kompeten yang menakjubkan dalam memberikan pembelajaran. Berikut ini merupakan ciri-ciri guru merdeka belajar yang penting untuk kita ketahui.

1. Memiliki Keberanian dalam Menghadapi Setiap Tantangan

Seorang guru merdeka belajar adalah yang memiliki keberanian dalam menghadapi setiap tantangan. Memiliki inovasi serta memiliki keberanian untuk menemukan ide-ide segar.

Hal ini tidak semata-mata hanya untuk dirinya saja, akan tetapi juga bagi sang murid. Guru merdeka belajar, adalah guru yang mampu membangun kultur atau budaya. Mulai dari kultur yang berlandaskan pada tantangan, energy, semangat, inspirasi, ketepatan hati, juga inovasi.

2. Dalam Sebuah Praktik Mampu Mencontohkan Caranya

Ciri yang selanjutnya yakni mampu memberikan contoh terkait caranya. Hal ini berkaitan dengan sikap dan perilaku guru yang bijaksana.

Apa maksudnya? Seorang guru yang merdeka belajar, adalah guru yang tidak hanya menyuruh atau memberikan perintah kepada muridnya untuk mengerjakan tugas.

Padahal, guru sendiri tidak menyukai tugas tersebut. Guru harus menjadi model atau contoh yang memiliki sifat terbaik dari orang lain. Dengan kata lain, ketika guru memberikan tugas, alangkah baiknya ia juga menyukai tugas itu.

3. Memiliki Pemikiran Sebagai Guru Pemenang

Memiliki pemikiran sebagai guru pemenang merupakan salah satu ciri-ciri guru merdeka belajar yang penting untuk dimiliki. Hal ini menandakan guru yang memiliki mental tangguh dalam memperjuangkan kebaikan dan kebenaran.

Selain itu, juga memiliki sikap disiplin serta kepercayaan diri yang kuat. Daya juang yang dimiliki terus konsisten dalam kehidupan sehari-hari.

4. Mempunyai Jati Diri yang Mampu Memantik Perubahan

Guru merdeka belajar adalah mereka yang memiliki sikap mental positif. Ia juga harus memiliki keyakinan jika setiap anak atau murid adalah istimewa.

Selain itu, mampu untuk terus bertumbuh, tetap belajar, dan meningkatkan skill yang dimiliki. Tak lupa pula untuk terus memotivasi serta memberikan energi dan semangat bagi murid-muridnya supaya semakin antusias dalam belajar.

Guru merdeka belajar selalu membesarkan hati para muridnya, terutama ketika muridnya itu sedang terpuruk. Tak lupa pula untuk selalu memberikan harapan dan dorongan kepada murid-muridnya.

5. Memiliki Kebebasan yang Bertanggung Jawab

Guru merdeka belajar memiliki kebebasan yang bertanggung jawab. Kebebasan ini meliputi pengetahuan, pengalaman, maupun kebebasan dalam motivasi.

Ciri-ciri guru merdeka belajar, pada dasarnya bisa kamu dapatkan dari kekuatan karakter. Hal ini merupakan sumber utama untuk membentuk kepribadian yang lebih kuat. Kekuatan ini akan semakin sempurna dengan landasan pengetahuan, keterampilan, gelar, maupun sertifikat. Sehingga, seorang guru memiliki kekuatan untuk merdeka.