Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Guru yang Bermutu Menghasilkan Orang Hebat, Ini Tips Jadi Guru Bermutu

Guru yang Bermutu Menghasilkan Orang Hebat, Ini Tips Jadi Guru Bermutu

Tips jadi guru bermutu termasuk komponen yang penting diperhatikan untuk memajukan pendidikan. Kurikulum 2013 saat ini mengharuskan siswa belajar dari berbagai sumber.

Oleh sebab itu, tugas guru sangat penting sebagai fasilitator siswa dalam belajar. Selanjutnya guru harus cek kembali apakah sumber dari siswa tersebut benar atau salah.

Namun tugas guru tidak hanya sebatas fasilitator dalam belajar. Akan tetapi, juga menjadi sosok yang bisa dijadikan teladan. Guru dapat menjadi pembentuk watak dan karakter siswa.

Terdapat beberapa standar kompetensi yang harus dimiliki seorang guru yang bermutu. Seperti kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial.

Sebagai guru yang memiliki mutu tinggi, harus dapat menjadi partner belajar siswa. Namun guru tetap harus memperhatikan metode dan cara pengajaran yang tepat.

Sehingga mutu seorang guru akan menentukan kualitas dari seorang siswa dan melahirkan orang hebat. Selain berasal dari faktor guru yang bermutu, terdapat faktor-faktor lainnya.

Seperti sarana prasarana yang memadai, kurikulum, dan manajemen sekolah yang baik. Berikut tips menjadi guru yang bermutu. Simak ulasannya berikut ini!

Simak Tips Jadi Guru Bermutu di Sekolah

Guru yang bermutu menjadi salah satu faktor terpenting dalam sebuah institusi sekolah, berikut tipsnya.

1. Menentukan Metode yang Tepat Untuk Mengajar

Guru bermutu hendaknya bisa menentukan metode yang tepat untuk mengajar siswa. Karena setiap siswa memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Sehingga seorang guru yang bermutu harus mampu memposisikan diri. Lalu menghandle siswa yang memiliki karakteristik berbeda-beda.

Contoh metode pembelajaran yang bisa menjadi referensi bagi guru yaitu Jigsaw, Ceramah, Diskusi, dan lain-lain.

2. Menjadi Partner Belajar Siswa yang Menyenangkan

Kebanyakan guru di sekolah merasa siswa kurang aktif dalam bertanya. Hal tersebut bisa disebabkan oleh sikap guru yang kurang interaktif dengan siswa.

Dengan menjalin hubungan yang dekat, maka guru bisa memaksimalkan potensi yang ada pada siswa. Selain itu, siswa juga menjadi lebih nyaman bertanya dengan guru.

Sehingga guru bermutu harus mampu menjadi partner belajar siswa. Karena kurikulum 2013 juga menuntut siswa menjadi aktif. Hal ini berarti guru tidak lagi menjadi sumber belajar satu-satunya. Namun guru dan siswa harus saling bekerja sama untuk melengkapi satu sama lain.

3. Bersikap Terbuka dan Adil

Guru bermutu harus bersikap demikian agar siswa merasa fair atas hasil belajar yang telah dijalani. Masih banyak guru di luar sana yang kurang terbuka terkait hasil belajar yang diperoleh siswa.

Sehingga hal ini menyebabkan kesenjangan antara siswa dan guru. Seharusnya dalam penilaian hasil belajar guru lebih adil dan jujur. Hal ini akan membuat siswa menjadi lebih bersemangat dan fair dalam mengerjakan ujian.

4. Mengerti Situasi Atau Kondisi Siswa

Tips selanjutnya, guru bermutu harus mampu menguasai olah rasa dan olah pikir. Karena semua ini berfungsi untuk melihat kondisi psikologis siswa tersebut.

Apabila ketika siswa berada di kelas susah untuk konsentrasi, bisa jadi siswa mengalami permasalahan di keluarganya.

Lihat juga : Cara Mengatasi Siswa yang Kesulitan Memusatkan Pikiran

Oleh sebab itu, guru harus mampu menjadi tempat cerita bagi siswa. Sehingga guru paham dengan situasi yang sedang menimpa siswa tersebut.

Selanjutnya guru bisa menyesuaikan atau memberi saran masukan untuk siswa. Namun semua ini harus berdasarkan permasalahan yang sedang menimpa siswa tersebut.

5. Bersikap Bijaksana

Tips jadi guru bermutu juga harus bersikap bijaksana dalam menghadapi masalah siswa. Seperti ketika menghadapi permasalahan siswa, mengambil keputusan, dan lain-lain.