Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pentingnya Guru SD Memahami Landasan Filsafat Pendidikan

Pentingnya Guru SD Memahami Landasan Filsafat Pendidikan

Landasan filsafat pendidikan berkaitan dengan makna atau hakikat pendidikan yang berusaha menelaah masalah pokok. Masalah pokok tersebut seperti apakah pendidikan itu, mengapa pendidikan itu diperlukan, apa yang seharusnya menjadi tujuannya dan lain sebagainya.

Filsafat pendidikan akan memberi perspektif filosofis terhadap calon guru atau pendidikan yang menjadikannya kacamata dalam memandang, menyikapi serta menjalankan tugasnya. Oleh karena itu calon pendidik harus dibentuk bukan hanya dengan mempelajari tentang ilmu pendidikan namun juga perlu memiliki landasan filsafat, sejarah dan teori pendidikan.

Manfaat dan Pentingnya Guru SD Memahami Landasan Filsafat Pendidikan

Pendidikan merupakan komponen yang sangat penting dalam hidup dan kehidupan setiap manusia. Pendidikan juga terus mengalami perkembangan seiring berkembangnya zaman dan IPTEK. 

Pemikiran yang membawa pembaharuan pendidikan tersebut disebut aliran-aliran pendidikan. Aliran pendidikan tersebut harus dipahami oleh calon pendidik SD agar mereka mampu menangkap makna gerak dinamika pemikiran dalam pendidikan itu sendiri. 

Lihat juga : Penentu Keberhasilan Proses Belajar Mengajar, Ini Ciri Guru yang Qualified

Pemahaman tersebut akan membekali calon guru SD dengan kemampuan memahami kaitan antara pengalaman masa lampau, tuntutan kebutuhan masa kini serta antisipasi atau perkiraan masa depan. 

Oleh karena itu, fundamentalnya mempelajari dan memahami landasan filsafat pendidikan dengan berbagai macam aliran pendidikan di dalamnya baik klasik maupun modern yang dapat memberikan dasar pemikiran dalam pengambilan keputusan, bertindak dan mengevaluasi kegiatan pendidikan dengan tepat dan baik di Sekolah Dasar. 

Lalu apakah manfaat dan pentingnya memahami landasan filsafat ini bagi guru SD?

Menciptakan Generasi Pendidik yang Berkualitas

Pemahaman yang dimiliki pendidik mengenai pendidikan akan membuat kualitas dari para pendidik semakin baik. Akibatnya generasi peserta didik yang dihasilkan juga semakin berkualitas. Jadi secara harfiah jika ingin meningkatkan kualitas pendidikan dan tenaga pendidik maka setiap pendidik haruslah mempelajari dan memahami filsafat pendidikan.

Membuat Pendidik Memahami Apa yang Sebenarnya Harus Diketahui

Dengan memahami dan mempelajari filsafat pendidikan maka akan membuat guru SD dan para pendidik memahami tentang apa saja hal yang harus mereka ketahui pada bidang pendidikannya masing-masing. Dengan ini pun mereka pastinya akan menjadi tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas untuk mendidik peserta didik.

Dasar Pelaksanaan Tugas dan Pengambilan Keputusan

Dalam setiap perbuatan pelaksanaan tugas-tugas keguruan serta serta semua keputusan perbuatan guru harus berlandaskan pendidikan. Apalagi dalam pendidikan Sekolah Dasar yang dapat dikatakan sebagai pendidikan pertama kali yang sesungguhnya. Karena itu penting bagi pendidik SD untuk memahami dan mengerti tentang landasan filsafat pendidikan.

Memberikan Pemahaman Pendidikan

Usia Sekolah Dasar tentunya belum memahami betul tentang pentingnya pendidikan, karena itu dengan filsafat pendidikan guru SD dapat memberikan pemahaman tentang pendidikan seperti apa pentingnya dan apa manfaatnya untuk mereka. Dengan ini maka secara tak langsung akan menambah motivasi belajar anak.

Memudahkan Menentukan Kurikulum dan Materi yang Akan Diberikan

Sama seperti jenjang pendidikan yang lebih tinggi, Sekolah Dasar juga memerlukan kurikulum dan materi apa saja yang akan diberikan kepada murid-murid sesuai dengan tingkatan usianya. 

Hal ini tentu saja bukanlah hal yang mudah. Namun dengan adanya filsafat pendidikan maka guru SD akan lebih mudah mendapat kurikulum dan materi apa saja yang akan diberikan kepada peserta didik.

Membuat Pendidik Mampu Memberikan Materi Pendidikan Lebih Baik Lagi

Memahami landasan filsafat pendidikan juga akan membuat pendidik memahami cara memberikan materi dengan baik. Apalagi anak usia SD memang pastinya sedikit lebih sulit menerima materi pendidikan yang sulit dan tidak pernah mereka ketahui sebelumnya.