Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Program Semester Bahasa Inggris Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka

Program Semester Bahasa Inggris Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka

Struktur Kurikulum Merdeka jenjang Sekolah Dasar (SD) menjadikan Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran pilihan. Alokasi intrakurikuler mata pelajaran (mapel) Bahasa Inggris kelas 1 SD adalah 2 jam pelajaran atau 2 x 35 menit dalam satu minggu. 

Guru ditugasi untuk mengajar mapel Bahasa Inggris harus segera melengkapi program pembelajaran Kurikulum Merdeka. Program Semester (PROSEM) Bahasa Inggris kelas 1 Kurikulum Merdeka SD merupakan perangakat pembelajaran yang harus guru miliki.

Lihat juga : Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris SD

SekolahDasar.Net akan berbagi Prosem mata pelajaran Bahasa Inggris Kelas 1 SD semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka. Prosem Bahasa Inggris Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka berisi pembagian materi ajar sesuai dengan waktu yang mengacu pada kalender pendidikan (kaldik).

Berikut rincian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) mata pelajaran Bahasa Inggris kelas 1:

  1. Peserta didik mampu menyebutkan sapaan kepada teman-teman, orang tua, dan guru menggunakan bahasa tubuh yang baik dengan ramah dan tepat.
  2. Peserta didik mampu memperkenalkan diri kepada teman dengan percaya diri dan dapat menyebutkan nama teman dengan ramah.
  3. Peserta didik mampu menyebutkan nama mereka dan nama temannya dengan menggunakan kata my dan your.
  4. Peserta didik mampu menyebutkan jumlah benda milik mereka yang berjumlah 1-10 dengan menggunakan kata my dan your.
  5. Peserta didik mampu memperkenalkan diri kepada teman dengan percaya diri dan dapat menyebutkan nama teman dengan ramah.
  6. Peserta didik mampu mengidentifkasi macam-macam warna
  7. Peserta didik mampu mengidentifkasi macam-macam bentuk beserta ukurannya
  8. Peserta didik mampu memahami penggunaan kata have untuk menyebutkan benda yang mereka milih.
  9. Peserta didik mampu menyebutkan nama-nama hewan, menyebutkan hewan apa yang dimiliki dengan memasukkan konsep "have"serta mampu bertanya menggunakan kata tanya  "What pet do you have?"pada teman di kelasnya dengan penuh percaya diri.
  10. Peserta didik mampu mengucapkan  "he is/she is"dan mampu mengenal jenis kelamin laki-laki dan perempuan pada konsep "she/he."
  11. Peserta didik mampu mengidentifkasi anggota keluarganya.
  12. Peserta didik mampu memperkenalkan diri kepada teman dengan percaya diri dan dapat menyebutkan nama teman dengan ramah.
  13. Peserta didik mampu menggunakan kata  like dan  likes untuk menyebutkan buah kesukaannya dan orang lain.

Download Program Semester Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka Mapel Bahasa Inggris

Dengan mempunyai Prosem Kelas 1 dapat mempermudah guru mapel Bahasa Inggris dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Jika Anda masih bingung, seperti apa dan bagaimana tampilan dari program semester Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD? Berikut Prosem mapel Bahasa Inggris Kelas 1 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan Semester 2. File Prosem Bahasa Inggris Kelas 1 bisa diunduh melalui tautan berikut ini:


Program semester mata pelajaran Bahasa Inggris Kelas I Kurikulum Merdeka tersebut dapat guru gunakan selain sebagai referensi membuat prosem yang tepat juga dapat guru manfaatkan untuk melengkapi dokumen rencana pembelajaran. File Prosem Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka Kelas 1 Semester 1 dan Semester 2 di atas berformat Excel yang bisa Anda edit dengan mudah menyesuaikan dengan kondisi sekolah.