Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris SD

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris SD

Struktur baru pada Kurikulum Merdeka jenjang Sekolah Dasar (SD) menjadikan Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran pilihan. Mapel ini bisa diterapkan oleh sekolah yang sudah memiliki SDM yang memadai. 

Guru perlu mempelajari secara lebih mendalam Capaian Pembelajaran (CP) Kurikulum Merdeka serta elemen dan tahap perkembangan profil pelajar Pancasila.

Dalam struktur Kurikulum Merdeka jenjang Sekolah Dasar, Bahasa Inggris masuk ke dalam mata pelajaran. Alokasi intrakurikuler mata pelajaran Bahasa Inggris adalah 2 jam pelajaran atau 2 x 35 menit dalam satu minggu. 

Bahasa Inggris pada Kurikulum Merdeka diajarkan mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Guru perlu membuat modul ajar dari pengembangan CP dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) untuk mencapai sasaran Profil Pelajar Pancasila.

Guru diberikan keleluasaan untuk membuat sendiri, memilih, dan memodifikasi modul ajar Bahasa Inggris SD yang tersedia. Namun tetap harus sesuai dengan konteks, karakteristik, serta kebutuhan siswa.

Download Modul Ajar Kurikulum Merdeka Bahasa Inggris SD

Guru bisa mengembangkan modul ajar melalui adaptasi modul ajar dari pemerintah agar sesuai dengan kebutuhan siswa dan konteks satuan pendidikan. File modul ajar Kurikulum Merdeka mapel Bahasa Inggris SD yang dapat didownload melalui link berikut:


Di atas adalah referensi bagi guru untuk membuat modul ajar Bahasa Inggris SD yang disimpan di Google Drive. Modul ajar pada dasarnya merupakan perencanaan pembelajaran secara lengkap disusun berdasarkan topik dalam lingkup kelas.