Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Program Semester Matematika Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Program Semester Matematika Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Tahun pelajaran 2022/2023 Pemerintah mulai mengimplementasikan Kurikulum Merdeka untuk jenjang Sekolah Dasar. Guru kelas 4 sebagai sasaran Kurikulum Merdeka harus segera melengkapi administrasi kelas dan program pembelajaran Kurikulum Merdeka. 

Program Semester atau dikenal juga PROSEM Kurikulum Merdeka SD adalah perangakat pembelajaran yang wajib guru kelas 4 susun. SekolahDasar.Net akan berbagi Prosem mata pelajaran Matematika Kelas 4 SD semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka yang terbaru. 

Pada Kurikulum Merdeka, Program Semester Kelas 4 SD disusun menggunakan pendekatan Mata Pelajaran (mapel). Prosem mata pelajaran Matematika kelas 4 disusun selama kurun waktu satu semester. Prosem isinya pembagian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Matematika kelas 4. 

Lihat juga : Tidak Sembarang Orang Bisa Menjadi Guru SD

Prosem Kelas 4 mapel Matematika adalah perangkat pembelajaran yang hurus guru buat agar kegiatan belajar mengajar di kelas 4 berjalan lancar. Program semester Matematika Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka berisi pembagian waktu sesuai dengan kalender pendidikan.

Berikut rincian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) mata pelajaran Matematika kelas 4 SD:

  1. Memahami tentang bagaimana bilangan cacah dinyatakan dalam notasi desimal. Satuan 100 juta dan triliun, dan merangkum sistem notasi desimal. Menyatakan bilangan besar, pemisah dapat digunakan setiap tiga digit. Membaca dan menulis angka hingga 100 juta. Menjumlahkan, mengurangi, mengalikan, dan membagi bilangan besar dan memahami arti dari istilah "jumlah", "selisih", "hasil kali", dan "hasil bagi".
  2. Mengembangkan pemahaman tentang pembagian bilangan bulat dan mengembangkan kemampuan untuk menggunakannya dengan tepat. Mencari tahu sifat pembentukan dari operasi pembagian, Memahami cara menghitung puluhan dan ratusan yang dibagi dengan bilangan nilai tempat satuan. Menghitung 48/3 dengan menggunakan gambar dan pembagian yang telah dipelajari. Menghitung 56:4 dan meringkasnya dalam sebuah laporan.
  3. "Memahami pengertian dari satuan dan pengukuran suatu sudut sehingga siswa dapat mengukur besar suatu sudut. Memahami ukuran sudut sebagai ukuran rotasi. Mengetahui tentang satuan ukuran sudut (derajat(°)). Memahami arti pengukuran besar sudut dan satuan ukuran sudut, “derajat (°)”. Mengukur sudut menggunakan busur derajat dan menggambarnya. Mengetahui ukuran sudut penggaris segitiga dan menggunakannya untuk membuat sudut dengan berbagai ukuran."
  4. Menghitung bersusun pada operasi perhitungan. Mengonfirmasi jawaban dari operasi hitung pembagian. Memahami arti hasil bagi bilangan nilai tempat kedua dan cara menghitung dengan pembagian bersusun pada operasi hitung pembagian. Memahami cara menghitung pembagian bersusun dengan hasil 0 di tengah jawaban. Memahami cara mengecek metode pembagian yang memiliki sisa. membuat keputusan aritmatika mengenai adegan perkalian dan pembagian.
  5. Mengamati dan menyusun bangun datar, kita akan fokus pada komponen bangun datar dan hubungan posisinya untuk memperdalam pemahaman anak terhadap bangun datar. Memahami hubungan antara garis sejajar dan tegak lurus. Memahami cara menggambar garis tegak lurus. Memahami arti kesejajaran/paralelisme. Memahami sifat garis sejajar. Memahami cara membuat garis sejajar. Fokus pada diagonal untuk memperdalam pemahaman tentang sifat-sifat segiempat. Memahami sifat segi empat melalui teknik teselasi segiempat.
  6. Menghitung jika pembagi adalah angka 2 digit dan pembagi adalah angka 2 digit atau angka 3 digit, dan memahami bahwa perhitungan tersebut dapat dilakukan berdasarkan perhitungan dasar. Selain itu, memahami bagaimana melakukan pembagian panjang. dengan bentuk berikut (2-3 angka) : (2 angka) = (1 angka). Memikirkan cara penghitungan bersusun untuk (bilangan 3 angka)  hasil bagi tidak mengubah apakah pembagi dan pembagi dikalikan dengan bilangan yang sama atau pembagi dan yang dibagi dengan bilangan yang sama. Memahami hubungan antara perkalian, pengali, dan hasil perkalian.
  7. "Mampu merepresentasikan dan menguji hubungan antara dua besaran yang berubah. Kumpulkan bahan sesuai dengan tujuannya, klasifikasikan dan atur agar dapat diekspresikan dengan cara yang mudah dipahami dengan menggunakan tabel dan grafik, dan karakteristiknya dapat dicari. Memahami cara menggambar diagram garis dan meningkatkan kemampuan membaca karakteristik dan tren perubahan dari diagram lengkap. Pada saat yang sama dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan diagram garis, Anda dapat menggambar diagram garis dengan skala yang dibuat. "
  8. Mengetahui tentang pembulatan angka. Memperkirakan hasil dari empat operasi aritmatika sesuai dengan tujuan. Selain metode pembulatan ada metode "pembulatan ke bawah" dan "pembulatan ke atas". Menghitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. 
  9. Menggunakan operasi hitung bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah. Menggunakan tanda kurung ( ) dalam menerapkan empat operasi dasar campuran aritmatika pada bilangan bulat. Menggunakan sifat-sifat substitusi, asosiasi, dan distribusi pada empat operasi dasar campuran aritmatika pada bilangan bulat. Menghitung operasi aritmatika pada bilangan asli. Menerapkan operasi hitung aritmatika pada bilangan asli multi-digit.
  10. Memahami arti satuan dan ukuran luas, serta mampu menghitung luas. Pelajari tentang satuan luas (sentimeter persegi (cm2), meter persegi (m2), dan kilometer persegi (km2)). Mencari panjang sisi dari suatu persegi yang diketahui luasnya, atau mencari ukuran panjang/lebar dari suatu persegi panjang yang diketahui luas dan satu ukuran panjang/lebarnya. dan dapat menggunakan satuan tersebut untuk mencari luas. Mampu memilih satuan luas yang akan digunakan sesuai kebutuhan. Memahami keterkaitan antara satuan luas m2, a, ha, dan km2. 
  11. Memperdalam pemahaman tentang bilangan desimal dan operasi hitung yang melibatkan bilangan desimal. Mencermati bahwa bilangan desimal diwakili oleh sistem yang sama seperti bilangan bulat, Memahami hubungan antar nilai tempat pada bilangan desimal. Memahmi 1/10 sebagai persepuluhan pada bilangan desimal. Memahami arti, cara menulis, dam cara menghitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan desimal.
  12. Meringkas elemen bilangan desimal. Meringkas konversi unit menggunakan desimal. Meringkas besar kecilnya bilangan desimal. Menyimpulkan penyesuaian bilangan desimal. Menghitung 1,2 × 3 dan 5,4 ÷ 3 dengan menggunakan diagram dan persamaan berdasarkan pengetahuan sebelumnya. 
  13. Mengumpulkan dan menyusun bahan sesuai dengan tujuan sehingga dapat diekspresikan dengan cara yang mudah dipahami menggunakan tabel dan diagram, dan karakteristiknya dapat diselidiki. Mengklasifikasi bahan dari dua perspektif dan memeriksa Menyusun bahan penelitian/survei dari dua perspektif dengan cara yang mudah dipahami dan merepresentasikannya dalam sebuah tabel. Membaca tujuan dan perspektif klasifikasi dari tabel dua dimensi dan memahami karakteristik bahan. 
  14. Menggunakan operasi perkalian dan pembagian pada bilangan desimal. Menggunakan operasi perkalian dan pembagian pada bilangan desimal. Menghitung perkalian dan pembagian bilangan desimal dan bilangan asli. Memahami cara menghitung (desimal) / (bilangan bulat) dan untuk memahami cara menulis angka. Cara menghitung, dan cara memeriksa jawaban untuk kasus dengan sisa. Pahami arti dan metode pembulatan hasil bagi untuk mendapatkan angka perkiraan. Mampu memecahkan masalah dengan merepresentasikan hubungan kuantitatif pada gambar dan memikirkan persamaan yang akan dibuat.
  15. "Memperdalam pemahaman pecahan, memahami arti penjumlahan dan pengurangan pecahan dalam penyebut yang sama, dan mampu menggunakannya. Untuk kasus sederhana, perhatikan bahwa ada pecahan yang besarnya sama. Pahami hubungan antara besaran pecahan satuan dengan menggunakan garis bilangan sebagai pedoman/petunjuk. Mencari pecahan yang berukuran sama menggunakan garis bilangan. Pahami situasi di mana penjumlahan dan pengurangan pecahan diterapkan. Pahami cara menambah dan mengurangi pecahan dari penyebut yang sama."
  16. Memahami bangun ruang (tiga dimensi) melalui kegiatan seperti observasi dan komposisi gambar. Mengamati bangun ruang kubus dan balok. Memahami hubungan paralel dan vertikal garis lurus dan bidang dalam hubungannya dengan balok. Menggambar jari-jari kubus dan balok. Mengenali sisi-sisi yang tegak lurus dan sejajar pada kubus dan balok. Menggunakan gambar atau sketsa untuk mengenali komponen-komponen kubus dan balok. Pahami bahwa posisi suatu benda di sebuah ruang dapat diwakili oleh tiga pasang bilangan.
  17. Menyelidiki hubungan antar dua besaran yang berubah seiring waktu dan mampu menuliskan perubahannya. Menggunakan grafik untuk menunjukkan perubahan dan membaca karakteristik perubahan. Menggunakan kalimat matematika untuk menyatakan hubungan antar kuantitas. hubungan antar dua kuantitas dalam bentuk tabel dan grafik. Hubungan antara dua kuantitas yang berubah seiring waktu diwakili oleh persamaan menggunakan dan ○, dan dapat \diketahui dengan menggunakan bilangan pada dan ○.

Download Program Semester Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka Mapel Matematika

Guru akan lebih mudah dalam melaksanakan pembelajaran jika memiliki program semester. Seperti apa dan bagaimana tampilan dari Promes Matematika Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD? Berikut Prosem mapel Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan Semester 2. File Prosem Matematika Kelas 4 dapat didownload melalui link berikut ini:


Promes Matematika Kelas IV Kurikulum Merdeka tersebut dapat guru manfaatkan selain sebagai referensi membuat prosem yang tepat juga dapat guru gunakan untuk melengkapi dokumen perangkat pembelajaran. File Prosem Matematika Kurikulum Merdeka Kelas 4 Semester 1 dan Semester 2 tersebut berformat Excel yang dapat Anda edit menyesuaikan dengan kondisi sekolah.