Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Program Semester Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka

Program Semester Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka

Guru kelas 1 harus segera melengkapi administrasi, perangkat dan program pembelajaran di awal tahun ajaran baru. Mulai tahun pelajaran 2022/2023 Kemendikbukristek diimplementasikan Kurikulum Merdeka untuk jenjang Sekolah Dasar. Program Semester atau dalam atau juga disingkat PROSEM merupakan perangkat pembelajaran yang wajib guru miliki.  

Penyusunan Program Semester Kelas 1 harus sesuai dengan kalender pendidikan supaya kegiatan pembelajaran tepat waktu. Program Semester Kelas 1 Kurikulum Merdeka juga harus sesuai dengan yang tercantum dalam program tahunan (PROTA). Dengan perangkat pembelajaran seperti Promes maka Kegiatan belajar mengajar bisa berjalan sesuai dengan urutan materi.

Sesuai dengan struktur Kurikulum Merdeka, mata pelajaran pada kelas 1 SD yaitu; Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia, Matematika, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Seni dan Budaya, Bahasa Inggris, dan Muatan Lokal. Mata pelajaran Seni Budaya terdiri dari; Seni Musik, Seni Rupa, Seni Tari, dan Seni Teater.

Download Program Semester Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka

SekolahDasar.Net akan berbagi Prosem Kelas 1 SD semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka. Sebagian besar guru sasaran Kurikulum Merdeka, mungkin masih banyak yang bertanya, seperti apa sih dan bagaimana tampilan dari Promes Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD? Program semester Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka berisi pembagian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan sesuai kalender pendidikan.

Pembelajaran di SD pada Kurikulum Merdeka dapat menggunakan pendekatan mata pelajaran atau tematik. Pembelajaran dibagi menjadi 2 yaitu; kegiatan intrakurikuler dan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dengan penyusunan dan pembagian waktu pada Promes Kelas 1 SD yang tepat bisa mempermudah guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. File Prosem Kurikulum Merdeka Kelas 1 dapat didownload di link berikut ini:

Promes Kelas I Kurikulum Merdeka di atas dapat guru manfaatkan sebagai referensi membuat prosem. Selain itu, guru juga dapat gunakan untuk melengkapi administrasi mengajar. File Prosem lengkap Kurikulum Merdeka Kelas 1 Semester 1 dan Semester 2 tersebut dalam format Excel yang dapat diedit dengan mudah. Semoga bermanfaat.