Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Program Semester PAI Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Program Semester PAI Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP) kelas 4 harus segera melengkapi administrasi atau perangkat pembelajaran di awal tahun ajaran baru. Program Semester merupakan salah satu program pembelajaran Kurikulum Merdeka yang wajib dimiliki guru. Program Semester atau Prosem merupakan berfungsi untuk menunjang keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran.

Lihat juga : 5 Ciri-Ciri Guru Merdeka Belajar, Berani dan Inovatif

Program Semester Kurikulum Merdeka Kelas 4 mata pelajaran PAI dan BP merupakan administrasi yang dikembangkan dari Program Tahunan (Prota). Dalam Kurikulum Merdeka penyusunan Prosem Kelas 4 SD menggunakan pendekatan mata pelajaran. Ditemukan masih banyak guru yang bertanya-tanya, seperti apa tampilan dari Prosem Kurikulum Merdeka Kelas 4 mata pelajaran PAI dan BP?

SekolahDasar.Net akan membagikan Prosem mapel Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4 SD semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka. Posem mapel PAI BP Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka berisi pembagian materi ajar atau di Kurikulum Merdeka dikenal Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) sesuai dengan waktu yang mengacu pada kalender pendidikan.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4

  1. Membaca, menulis, Menjelaskan pesan pokok dan menghafal serta membuat  paparan yang  berisi Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 tentang keragaman sebagai sunnatullah dan Hadis terkait, berani mempresentasikan paparan Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 tentang keragaman sebagai sunnatullah dan Hadis terkait,  sehingga  terbiasa membaca Al-Qur’an dengan tartil, menghargai keragaman dan perbedaan sebagai sunatullah.
  2. Menjelaskan arti Asmaul Husna al-Mālik, al-Azīz, al-Quddūs, As- Salām dan al-Mu’min, dapat membuat karya berupa kaligraf al-Mālik, al-Azīz, al-Quddūs, As-Salām dan al-Mu’min  beserta artinya secara berkelompok sehingga  meyakini adanya Allah SWT. yang Maharaja, Mahamulia, Mahasuci, Mahasejahtera, Maha Pemberi keamanan, suka berbuat mulia dan menciptakan kedamaian.
  3. Mendeskripsikan keragaman agar Saling Mengenal (litaʿārafū), menyebutkan ajaran kebaikan dari Agama Islam dan Agama selain Islam, meyakini bahwa keragaman sebagai sunnatullah, menghormati orang lain sebagai cerminan dari iman, saling menghormati dan menghargai pemeluk agama yang berbeda baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan tempat tinggalnya.
  4. Menyebutkan tanda-tanda usia balig atau kedewasaan, dapat membuat paparan mengenai tanda-tanda usia baligh dalam pandangan ilmu fkih  dan ilmu biologi, sehingga tertanam sikap bersyukur, taat beribadah dan bertanggung jawab.
  5. Menceritakan kisah peristiwa hijrah Nabi ke Madinah, dapat membuat alur cerita kisah perjalanan hijrah melalui gambar dan keterangan sederhana, sehingga dapat meyakini kisah Nabi Muhammad, meneladani perjuangan Nabi Muhammad dan para sahabat, percaya diri, teguh pendirian dan bertanggung jawab
  6. Membaca Q.S.At-Tīn dengan tartil, memahami hukum bacaan Nun sukun atau Tanwin, serta hadis tentang silaturahmi, serta dapat menulis dan menjelaskan pesan- pesan pokok Q.S. At-Tīn dengan baik, dapat menghafal Q.S. At-Tīn serta hadis tentang silaturahmi dengan lancar, sehingga terbiasa membaca Al-Qur’an dengan tartil dan sikap senang bersilaturahmi dan menjalin persahabatan
  7. Menjelaskan arti iman kepada Rasul, menyebutkan sifat-sifat Rasul, dapat membuat karya poster tentang keteladanan sifat rasul sidiq, amanah, tabligh, dan fathonah, sehingga meyakini adanya rasul Allah SWT., berani, jujur, dapat dipercaya, dan cerdas.
  8. Menjelasakan makna salam, sikap senang menolong orang lain, ciri-ciri munafk, dapat membuat paparan mengenai salam, sikap senang menolong orang lain, dan ciri-ciri munafk, sehingga meyakini bahwa salam, senang menolong orang lain dan menjauhi cii-ciri orang munafk adalah cerminan  dari iman, toleran dan simpati dengan dilandasi pemahaman akidah yang kuat
  9. Menjelaskan ketentuan dan tata cara salat Jumat, salat duha dan salat tahajud, dapat mempraktikkan ibadah salat Jumat, salat duha dan salat tahajud, sehingga dapat tertanam perilaku taat beribadah dan berserah diri kepada Allah
  10. Menceritakan kisah Nabi Muhammad membangun Kota Madinah, dapat membuat paparan mengenai kisah Nabi Muhammad membangun Kota Madinah dengan mempersaudarakan umat, sehingga dapat meyakini kisah nabi Muhammad, meneladani perjuangan Nabi Muhammad dan para sahabat, toleran, teguh pendirian dan menghargai perbedaan

Download Promes Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka

Kegiatan pembelajaran akan mudah terlaksana dengan lancar jika guru mapel PAI dan BP telah melakukan penyusunan dan pembagian waktu di dalam Promes PAI Kelas 4 SD. Berikut Prosem mapel Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum Merdeka Kelas 4 Semester 1 dan Semester 2. File Prosem PAI dan BP Kurikulum Merdeka Kelas 4 dapat didownload melalui link berikut ini:


Promes PAI dan BP Kelas 4 Kurikulum Merdeka di atas dapat guru gunakan sebagai referensi membuat prosem. Selain itu, juga dapat guru mapel PAI dan BP gunakan untuk melengkapi administrasi mengajar. File Prosem PAI dan BP Kurikulum Merdeka Kelas 4 Semester 1 dan Semester 2 tersebut dalam format Excel yang dapat Anda edit dengan mudah menyesuaikan kondisi sekolah Anda.