Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Program Semester Seni Budaya Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka

Program Semester Seni Budaya Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka

Di awal tahun pelajaran 2022/2023 guru kelas 1 harus segera melengkapi administrasi atau perangkat pembelajaran. Salah satu program pembelajaran pada Kurikulum Merdeka yaitu berupa Program Semester atau PROSEM. Struktur Kurikulum Merdeka pembelajaran dibagi menjadi 2 yaitu; kegiatan intrakurikuler dan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Mata pelajaran pada kelas 1 Kurikulum Merdeka yaitu; Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia, Matematika, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Seni dan Budaya, Bahasa Inggris, dan Muatan Lokal. Mata pelajaran Seni Budaya Kelas 1 terdiri dari; Seni Musik, Seni Rupa, Seni Tari, dan Seni Teater.

SekolahDasar.Net akan membagikan Prosem mapel Seni Budaya Kelas 1 SD semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka. Prosem merupakan perangkat ajar yang harus guru miliki untuk menunjang keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar. Program semester Seni Budaya Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka berisi pembagian materi ajar atau Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan dalam kalender pendidikan.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) mata pelajaran Seni Rupa kelas 1

  1. Siswa mampu mengasosiasikan definisi “indah” atau “artistik” dari benda-benda di sekitarnya. Siswa mampu mendokumentasikan hasil pengamatannya. Siswa percaya diri dalam memilih alat dalam proses dalam berkreasi.
  2. Siswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis garis, pada gambar ataupun pada benda-benda di sekitarnya.  Siswa  dapat menggambar sebuah pohon dengan menggunakan beberapa macam garis. Siswa  membandingkan dan mengambil kesimpulan tentang arti garis tipis dan garis tebal yang ditemukan pada pohon.
  3. Siswa mampu merasakan arah dan gerakan yang direpresentasikan oleh garis. Siswa mengeksplorasi garis dalam hubungannya dengan musik dan perasaan.
  4. Siswa memahami bahwa berbagai jenis bentuk dibentuk oleh berbagai macam garis. Siswa dapat mengidentifikasi nama-nama bentuk geometris (segitiga, segiempat, lingkaran, oval, trapesium) dan bentuk organik.
  5. Siswa mampu berkreasi dan mampu memilih bentuk yang diperlukannya. Siswa dapat mengidentifikasi nama-nama bentuk geometris dan bentuk organik. Siswa dapat menggunakan lem dan gunting untuk membuat kolase.
  6. Siswa mengenal berbagai macam topeng dari Indonesia.  Siswa mengenal konsep simetri. Siswa menggunakan teknik lipat, gunting dan tempel untuk membuat topeng kertas.
  7. Siswa mengerti kosakata bentuk dan garis, nama-nama warna, warna panas, warna dingin dan warna netral, juga kosakata “tumpang tindih”, dan dapat  mengaplikasikan pemahamannya ke dalam karya. Siswa dapat melakukan refleksi akan karyanya, membuat alternatif karya, dan membandingkannya. Siswa dapat memilih warna ataupun karya yang ingin digunakan, dan dapat menyebutkan alasannya.
  8. Siswa dapat mengidentifikasi bentuk berulang Siswa dapat membuat kreasi dari bentuk yang berulang dengan cara memilih minimal 1 teknik: menggambar, kolase, menganyam, dan lain-lain.
  9. Siswa mengenal dan dapat menggunakan kosakata: Huruf, Abjad, Alfabet, Fonts. Siswa mengenali bahwa huruf dapat dipresentasikan dalam berbagai bentuk. Siswa mampu merancang tulisan indah sederhana, dan menggunakan pola sederhana sebagai dekorasi.
  10. Siswa mengenal dan dapat menggunakan kosakata: Bangunan, Gedung, Rumah, Kediaman, Arsitek (orang yang merancang bangunan), Arsitektur (bentuk hasil rancangan bangunan). Siswa mengamati bentuk, bidang dan ukuran dalam sebuah bangunan.
  11. Siswa mengenal dan dapat menggunakan kosakata: Bangunan, Gedung, Rumah, Kediaman, Arsitek (orang yang merancang bangunan), Arsitektur (bentuk hasil rancangan bangunan). Siswa dapat mengolah bentuk dan merakit model 3 dimensi sederhana.  Siswa dapat menggunakan bahan-bahan bekas di sekitarnya. Siswa memahami bahwa model 3 dimensional dapat membantu perencanaan bangunan sebenarnya.
  12. Siswa mengidentifikasi bentuk alami/natural dan bentuk buatan manusia. Siswa memahami bahwa dirinya dapat berperan merancang, merawat dan mengembangkan lingkungannya. Siswa mampu mengatur  model-model 3 dimensional sebuah bangunan menjadi model sebuah lingkungan  kota.
  13. Siswa mengenal dan dapat menggunakan kosakata: Lengkung, Kurva, Bergelombang, Spiral, Garis Rangka/Outline. Siswa mengidentifikasi garis danbidang dalam sebuah gambar/lukisan dan alam sekitar. Siswa dapat menggunakan garis lengkung dan bidang atau garis lurus dan bidang dalam karyanya. Siswa menciptakan karya menggunakan garis lengkung dan garis lurus.
  14. Siswa mengenal dan dapat menggunakan kosakata: Tekstur, Kasar, Halus, Bergerigi, Berbulu, Licin. Siswa mampu mengenali dan menggunakan tekstur yang didapat dari lingkungan sekitar ke dalam karyanya.
  15. Siswa mengenal dan dapat menggunakan kosakata: Wajah, Muka, Rupa, Ekspresi, Karakteristik, Ciri-Ciri. Siswa mengenali persamaan dan perbedaan karakteristik wajahnya dan teman-teman sekelasnya. Siswa mampu mengenali bentuk dasar geometris/non geometris dan menggunakan garis untuk menggambar atau membuat kolase untuk membuat potret wajah sendiri atau orang lain.
  16. Siswa mengamati dan mengenali karakteristik hewan tertentu. Siswa mampu menuangkan pengalaman, pengamatan atau hasil tiruan bentuk ke dalam karya. Siswa mampu mengenali bentuk dasar geometris/non geometris dan menggunakan garis untuk membuat karya 2 atau 3 dimensi.
  17. Siswa mengenal dan dapat menggunakan kosakata: Campur, Warna Primer. Warna Sekunder. Siswa dapat menggunakan krayon minyak dengan krayon dalam posisi tidur dan posisi berdiri. Siswa dapat mengeksplorasi proses pencampuran warna dan menemukan berbagai macam warna sebagai hasilnya.
  18. Siswa mengenal dan dapat menggunakan kosakata: Lukisan, Warna Terang, Warna Gelap, Outline (garis tebal yang memperjelas sebuah bentuk)  Siswa dapat melihat dan merasakan berbagai gradasi warna. Siswa dapat membuat sebuah lukisan yang didominasi dengan warna terang, dan menggunakan warna gelap untuk detail bagian.
  19. Siswa memahami perbedaan antara bentuk natural dan bentuk buatan manusia. Siswa mampu menuangkan pengalaman, pengamatan atau hasil imitasi bentuk ke dalam karya.  Siswa mampu membuat karya cetak dengan menggunakan pewarna basah dan bentuk natural dari dedaunan yang mereka pilih.
  20. Siswa mengenal dan dapat menggunakan kosakata: Mixed Media (Media Campuran). Siswa mampu menuangkan pengalaman, pengamatan atau hasil tiruan bentuk ke dalam karya.  Siswa mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajarinya untuk membuat karya berdasarkan minat atau ketersediaan bahan di sekitarnya.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) mata pelajaran Seni Tari kelas 1

  1. Memperagakan koordinasi gerak anggota tubuh. Mengidentifikasi gerak tari dengan melakukan pengamatan pada gerak yang ada dalam video, atau contoh gerak dari guru/model, atau gerak dari salah satu siswa. Menampilkan gerak dengan mengkoordinasikan dua atau lebih anggota tubuh dengan ritmis. Menceritakan perbedaan gerak sehari-hari dan gerak tari yang dilakukannya berdasarkan pengalaman pribadi. Menilai kemampuan dirinya dalam melakukan gerak koordinasi tubuh.
  2. Menerapkan unsur ruang gerak tari melalui rangsangan atau stimulus. Membedakan unsur ruang gerak tari dengan melakukan pengamatan melalui rangsangan atau stimulus. Menampilkan gerak dengan menerapkan unsur ruang gerak tari yang terinspirasi dari rangsangan atau stimulus. Menceritakan hasil gerak yang ditampilkan berdasarkan pengalaman pribadi. Mengekspresikan unsur ruang gerak tari ruang besar dan kecil, melalui rangsangan atau stimulus. 
  3. "Merangkai gerak sesuai iringan. Membedakan tempo cepat dan lambat. Merespon gerak dengan bantuan tempo cepat dan lambat. Menampilkan rangkaian gerak sesuai irama dan lagu. Menceritakan hasil rangkaian gerak sesuai irama dan lagu. Membedakan unsur waktu dalam gerak tari sesuai iringan berdasarkan tempo. Mengekspresikan unsur waktu dalam gerak tari sesuai iringan berdasarkan tempo. Menerapkan unsur waktu dalam gerak tari sesuai iringan berdasarkan tempo dengan merangkai gerak sesuai irama dan lagu."
  4. "Merangkai gerak dengan menerapkan unsur tenaga dalam gerak tari melalui berbagai rangsangan. Membedakan penggunaan tenaga dalam gerak tari. Merespons penggunaan gerak berdasarkan rangsangan. unsur tenaga dalam gerak tari yaitu tenaga kuat dan lemah melalui berbagai rangsangan. Melakukan gerak tari dengan memperhatikan unsur tenaga yang digunakan berdasarkan rangsangan. Menceritakan unsur tenaga yang digunakan dalam gerak tari sebagai hasil ekspresi"

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) mata pelajaran Seni Musik kelas 1

  1. Mampu bernyanyi secara mandiri dan bersama lagu nasional guna membangun rasa nasionalisme. Mampu bernyanyi lagu daerah secara mandiri dan bersama. Menemukan perbedaan lagu nasional dan lagu daerah dengan tepat. Membuat kategori lagu nasional dan lagu daerah berdasarkan pada lirik lagu.
  2. Mengidentifikasi dan menirukan pulsa dengan tempo sederhana. Mengidentifikasi dan menirukan pola ritme sederhana. Memainkan pengembangan pola ritme sederhana dengan kaidah tempo, baik dari tubuh sendiri maupun instrumen perkusif sederhana.
  3. "Menemukan berbagai jenis warna bunyi non-musikal, baik melodis dan non-melodis. Mengidentifikasi berbagai suara alat musik, ritmis maupun melodis. Mengenal nada, tinggi-rendah nada, dan melodi lagu. Mendemonstrasikan permainan melodi utama dari lagu-lagu nasional dan lagu daerah. "
  4. Menyanyikan lagu anak sederhana dengan birama 2/4 dengan iringan musik. Menyanyikan lagu anak sederhana dengan birama 3/4 dengan iringan musik sederhana. Menyanyikan lagu anak sederhana dengan irama 4/4 dengan iringan musik sederhana. Menyanyikan lagu sederhana dengan beragam tempo dan ritme secara tunggal dan berkelompok.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) mata pelajaran Seni Teater kelas 1

  1.  Siswa dapat mengingat berbagai macam ekspresi. Siswa meniru berbagai macam gerak, suara, dan emosi. Siswa memberi saran atau pendapat yang santun pada gerak, suara, dan emosi yang diperankan temannya. Siswa menggabungkan properti pendukung dengan gerak tubuh, suara, dan karakter yang dimainkan. Siswa  berkolaborasi memainkan peran dengan properti, gerak tubuh, emosi, dan suara yang sesuai.
  2. Siswa dapat mengingat pengalaman emosi dan peristiwa. Siswa mengimajinasikan berbagai emosi dan peristiwa. Siswa meniru ekspresi berdasarkan pengalaman. Siswa mereplikasi emosi dan peristiwa melalui improvisasi gerak dan suara. Siswa mengakomodasi kemampuan berpikir secara artistik. Dan Siswa berekspresi melalui pertunjukan tablo secara berkelompok.
  3.  Siswa dapat mengingat berbagai macam karakter. Siswa mereplikasi karakter yang pernah diketahui.  Siswa memberi saran atau pendapat yang santun pada karakter yang ditiru oleh temannya.  Siswa menggabungkan properti pendukung dengan permainan pantomim. Siswa berkolaborasi memainkan peran dengan properti yang sesuai.
  4. Siswa mampu meniru tokoh atau sosok yang diperankan melalui olah tubuh dan gerak. Siswa mampu mengevaluasi tokoh yang diperankan dengan kata-katanya sendiri. Siswa mampu meniru dan menggunakan properti dan kostum sesuai peran. Siswa mampu memerankan tokoh sesuai cerita dalam pertunjukan di kelas.

Download Program Semester Seni Budaya Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka

Dengan penyusunan dan pembagian waktu di dalam Promes Seni Budaya Kelas 1 SD yang tepat dapat mempermudah guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Berikut Prosem mapel Seni Budaya Kurikulum Merdeka Kelas 1 Semester 1 dan Semester 2. File Prosem Seni Budaya Kurikulum Merdeka Kelas 1 dapat didownload melalui link berikut ini:


Promes Seni Budaya Kelas I Kurikulum Merdeka di atas dapat guru manfaatkan sebagai referensi membuat prosem. Selain itu, juga dapat guru gunakan untuk melengkapi administrasi mengajar. File Prosem Seni Budaya Kurikulum Merdeka Kelas 1 Semester 1 dan Semester 2 tersebut dalam format Excel yang dapat diedit dengan mudah.