Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6 Tips Menjadi Guru yang Mampu Memantik Perubahan di Sekolah

6 Tips Menjadi Guru yang Mampu Memantik Perubahan di Sekolah

Perubahan di dunia pendidikan haruslah digencarkan agar menuju ke arah masa depan yang lebih gemilang. Perubahan ini bisa dilakukan oleh banyak pihak, tak terkecuali guru. Sebagai tenaga pendidik, guru haruslah mampu memantik perubahan di sekolah sehingga memberikan beragam manfaat.

Tips Jadi Guru yang Bisa Memantik Perubahan di Sekolah

Agar bisa mendorong adanya perubahan dalam lingkup sekolah, maka Anda yang berprofesi sebagai guru perlu memahami beberapa tips di bawah ini. Pastikan Anda memperhatikannya secara detail.

1. Ciptakan Peraturan Dalam Kelas

Salah satu tips yang bisa Anda lakukan yaitu membuat peraturan di dalam kelas. Peraturan ini harus berdasar keputusan bersama, bukan salah satu pihak saja. Adanya peraturan, maka murid tak bisa bertindak sembarangan. Sikap taat terhadap aturan yang dibuat lambat laun bisa mendorong kemajuan di dunia pendidikan. Kedisiplinan pun bisa tumbuh melalui tips yang satu ini. Oleh sebab itu, jangan abaikan tips ini.

2. Memberi Pembelajaran yang Kreatif

Selain membuat peraturan yang harus ditaati agar disiplin, pastikan juga Anda memberikan pembelajaran dengan metode kreatif dalam memantik perubahan di sekolah. Metode pembelajaran tersebut juga haruslah aktif dan interaktif. Hal ini bisa menggugah semangat murid untuk belajar.

Murid yang Anda ajar tak akan merasa mudah bosan. Secara tak langsung hal tersebut bisa mengubah nilainya menjadi lebih baik. Ke depannya, cara ini bisa melahirkan generasi bangsa yang cerdas dan penuh tanggung jawab.

3. Terapkan Sanksi

Tips jadi guru yang bisa memantik perubahan di sekolah lainnya menerapkan sanksi. Sanksi ini bisa diberikan kepada murid yang melanggar peraturan bersama. Dengan adanya sanksi, maka murid akan lebih disiplin.

Namun yang pasti, sanksi juga haruslah berdasar keputusan bersama. Jika tidak, tentu akan ada salah satu pihak yang merasa dirugikan. Dengan begitu, bukannya menciptakan perubahan yang lebih baik, melainkan justru perselisihan dan kesalahpahaman.

4. Tingkatkan Kompetensi Mengajar

Agar mampu memantik adanya perubahan di sekolah, Anda harus meningkatkan kompetensi dalam mengajar. Hal ini bisa dilakukan dengan beragam cara. Salah satunya yakni dengan aktif mengikuti forum ilmiah pemerintah.

Jangan sungkan pula untuk berbagi ilmu maupun pengalaman kepada komunitas. Selain bisa menjadi pelopor perubahan di sekolah, tips ini juga mampu meningkatkan mutu pendidikan. Masa depan sekolah pun bisa lebih cerah.

5. Kuasai Teknologi dengan Baik

Seiring kemajuan zaman, maka teknologi juga ikut berkembang. Agar tak tertinggal dan turut membuat perubahan di sekolah, pastikan Anda mampu menguasai bidang teknologi dengan baik. Anda bisa memanfaatkan teknologi untuk mengajar.

Seperti halnya menggunakan laptop, komputer, ataupun proyektor. Cara ini bisa membuat pembelajaran terasa praktis, efektif, dan menarik. Tak hanya itu, tips ini juga bisa membantu Anda dalam mengenalkan teknologi pada murid.

6. Melatih Kemampuan Komunikasi

Untuk mendorong adanya perubahan, maka Anda harus melatih kemampuan komunikasi. Dengan tips ini, maka murid bisa diskusi secara efektif. Dalam berkomunikasi pun, tentunya dibutuhkan tutur kata yang sopan santun, ramah, dan jujur. Melalui komunikasi yang baik, maka juga bisa menyampaikan informasi secara jelas. Pesan yang disampaikan juga mudah dipahami.

Lihat juga : Softskill yang Harus Dimiliki dan Dikuasai oleh Seorang Guru SD

Dengan mencoba beberapa tips di atas, maka Anda sebagai tenaga pendidik bisa memantik perubahan di sekolah. Manfaatnya pun bisa dirasakan oleh semua anggota sekolah. Mulai dari anak didik, tenaga didik, maupun pihak lainnya. Adanya perubahan yang semakin maju di dunia pendidikan, sama saja telah berupaya untuk mencerdaskan bangsa.