Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kisi-Kisi Soal Sumatif Semester 1 Kelas 1 Mapel Matematika

Kisi-Kisi Soal Sumatif Semester 1 Kelas 1 Mapel Matematika

Jenis penilaian pada Kurikulum Merdeka kelas 1 SD ada dua, yaitu sumatif dan formatif. Penilaian sumatif tujuannya untuk dasar penentuan kenaikan kelas. Tes sumatif dapat dilakukan di tengah dan akhir semester. Berikut kisi-kisi soal sumatif tengah semester 1 kelas 1 mata pelajaran Matematika lengkap dengan soal dan kunci jawabannya:

Kisi-Kisi Soal Sumatif Semester 1 Kelas 1 Mapel Bahasa Indonesia

Tujuan Pembelajaran
1. Menghitung bilangan dengan menggunakan benda - benda disekitar,dan menerapkan tentang konsep hitungan. kemudian memperdalam pemahaman tentang angka 7-10. Memahami perbedaan nilai dan urutan angka sampai 10. Memahami penguraian angka 5 - 10. Memahami urutan bilangan 1 - 20. Memahami tentang hubungan antara angka hitung dan angka urutan. Memahami cara menyatakan posisi letak benda.

Indikator Soal
Disajikan gambar bola, peserta didik dapat menghitung banyak bola dengan tepat

Tujuan Pembelajaran
2. Memahami makna angka untuk menghitung dalam kehidupan sehari-hari, serta dapat menggunakannya. Mencoba mencari jumlah atau selisih dari satu angka dengan angka lain dan mengetahui hubungannya.

Indikator Soal
Disajikan gambar angka, peserta didik dapat menuliskan angka tiga dengan dengan tepat.

Tujuan Pembelajaran
3. Menghitung dan menyatakan angka yang menyatakan jumlah dan angka yang menyatakan urutan dalam kehidupan seharihari, serta memahami hubungan antara angka yang menyatakan jumlah dan angka yang menunjukkan urutan. Menyatakan posisi letak benda menggunakan kosakata depan-belakang, atas-bawah, kanan-kiri, dan lain-lain.

Indikator Soal
Disajikan gambar buah mangga dan apel, peserta didik dapat menentukan buah yang lebih banyak dengan tepat.

Tujuan Pembelajaran
4. Menjumlahkan untuk menemukan (konteks penggabungan) dengan "jadi berapa jika digabungkan". merupakan bentuk penjumlahan. berhitung dengan penjumlahan di bawah 10. menghitung penjumlahan dengan benar hingan berjumlah 10. Memahami makna penjumlahan 0. Memahami konteks di mana penjumlahan digunakan melalui pembuatan cerita penjumlahan.

Indikator Soal
Disajikan gambar sampo peserta didik dapat menentukan jumlah sampo dengan tepat

Tujuan Pembelajaran
5. Menghitung bilangan dengan menggunakan benda - benda disekitar,dan menerapkan tentang konsep hitungan. kemudian memperdalam pemahaman tentang angka 7-10. Memahami perbedaan nilai dan urutan angka sampai 10. Memahami penguraian angka 5 - 10. Memahami urutan bilangan 1 - 20. Memahami tentang hubungan antara angka hitung dan angka urutan. Memahami cara menyatakan posisi letak benda.

Indikator Soal
Disajikan deskripsi tentang urutan angka secara rumpang, peserta didik dapat menentukan angka dengan benar

Soal Sumatif Semester 1 Kelas 1 Mapel Matematika

Kunci Jawaban Soal Sumatif Semester 1 Kelas 1 Mapel Matematika

1. 5
2. Tiga
3. Apel
4. 10
5. 8

Download Kisi-Kisi Soal Sumatif  Semester 1 Kelas 1 Mapel Matematika

Untuk melengkapi Administrasi kelas atau perangkat pembelajaran berupa kisi-kisi soal sumatif semester 1 kelas 1 mata pelajaran Matematika lengkap dengan soal dan kunci jawabannya dapat Anda download filenya di sini. Jangan lupa bagikan dengan yang lain, terima kasih.