Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

50 Soal OSN IPA Kelas 5 SD dan Kunci Jawabannya

50 Soal OSN IPA Kelas 5 SD dan Kunci Jawabannya

Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah sebuah kompetisi akademik di Indonesia yang ditujukan bagi siswa Sekolah Dasar (SD) yang memiliki minat dan bakat dalam bidang sains, terutama Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Para siswa SD yang ingin mengikuti OSN SD mata pelajaran IPA harus melalui seleksi di tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, hingga akhirnya ke tingkat nasional. Pada setiap tingkat seleksi, siswa akan diuji kemampuan dan pengetahuannya dalam berbagai bidang sains.

Lihat juga : Pendekatan STEM dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar

OSN SD bertujuan untuk mengembangkan potensi siswa dalam bidang sains dan teknologi sejak dini. Selain itu, kompetisi ini juga menjadi ajang prestasi bagi siswa. Melalui lomba yang diikuti siswa kelas 5 SD ini diharapkan juga dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Peserta OSN IPA untuk kelas 5 SD harus mempersiapkan diri dengan memahami konsep dasar dari mata pelajaran IPA yang mencakup beberapa sub-bidang seperti sains, biologi, fisika, dan kimia. Beberapa konsep dasar yang perlu dipahami siswa kelas 3 SD dalam persiapan OSN SD IPA antara lain:

  • Sains: mengenali lingkungan sekitar, proses pengamatan, mengenali dan memahami objek-objek sederhana seperti magnet, dan mengenal gerakan benda.
  • Biologi: memahami organ-organ pada manusia dan hewan, serta memahami siklus hidup tumbuhan dan hewan.
  • Fisika: memahami konsep gerak benda, energi, dan gaya gravitasi.
  • Kimia: memahami sifat-sifat dasar zat, seperti sifat-sifat benda padat, cair, dan gas.

Dalam persiapan OSN SD IPA, siswa perlu memperdalam pemahaman konsep dasar dengan mempelajari soal-soal dan latihan-latihan yang relevan. Memperkaya pengetahuan dengan membaca buku-buku dan sumber belajar lain. Berikut SekolahDasar.Net bagikan kumpulan soal OSN IPA Kelas 5 SD dan kunci jawabannya

SOAL DAN PEMBAHASAN OSN IPA KELAS 5 SD

2. Di bawah ini kegiatan manusia yang dapat merusak keseimbangan alam adalah . . .  
A. Penanaman pohon pada daerah bekas tambang 
B. Melakukan reboisasi 
C. Penebangan hutan secara tebang pilih 
D. Pembakaran hutan untuk pertanian 

Jawaban = D 
Pembakaran hutan untuk pertanian dapat mengurangi habitat hewan dan tumbuhan sehingga merusak keseimbangan alam. Jadi jawaban yang benar adalah D.

3. Ada dua jenis pelestarian, yaitu in situ dan ex situ. Pada pelestarian in situ,  makhluk hidup yang dilindungi akan dilestarikan di . . .   
A. Pulau terpencil yang jauh 
B. Kebun binatang 
C. Habitat aslinya
D. Habitat penangkaran

Jawaban = C
Pelestarian in situ adalah pelestarian hewan maupun tumbuhan di habitat aslinya. Pelestarian ex situ adalah pelestarian hewan maupun tumbuhan di luar habitat aslinya. Jadi jawaban yang benar adalah C. 

12. Inspirasi dalam pernapasan perut diawali dengan . . .  .
A. Otot antartulang rusuk berkontraksi 
B. Otot antartulang rusuk relaksasi
C. Otot diafragma berkontraksi
D. Otot diafragma relaksasi  

Jawaban = C
Inspirasi pada pernapasan dada diawali dengan otot antartulang rusuk berkontraksi. Inspirasi pada pernapasan perut diawali dengan otot diafragma berkontraksi. Jadi jawaban yang benar adalah C 

16. Ada bagian darah yang berfungsi untuk pertahanan tubuh terhadap infeksi, produsen antibodi, dan penghancuran mikroorganisme. Bagian darah tersebut adalah . . .  .
A. eritrosit 
B. trombosit
C. leukosit
D. plasma darah

Jawaban = C
Sel darah putih (leukosit) adalah sel darah yang bertanggung jawab untuk pertahanan terhadap infeksi, baik sebagai produsen antibodi (limfosit), atau berpartisipasi dalam penghancuran mikroorganisme (neutrofil, eosinofil, basofil dan monosit). Selain itu, eosinofil juga ikut serta dalam reaksi alergi. Leukosit adalah bagian yang sangat penting dari sistem kekebalan tubuh. 

28. Angin bertiup dari . . .  .
A. tempat tinggi ke tempat rendah 
B. tempat rendah ke tempat tinggi
C. tekanan tinggi ke tekanan rendah
D. tekanan rendah ke tekanan tinggi

Jawaban = C
Angin bertiup dari tekanan tinggi ke tekanan rendah. Jadi jawaban yang benar adalah C.

33. Buah kelapa yang jatuh dari pohonnya, menimpa trampolin sehingga terlempar lagi ke
atas. Gaya yang bekerja pada buah kelapa adalah gaya . . .  .
A. gaya gravitasi dan gaya pegas 
B. gaya gravitasi dan gaya otot
C. gaya gravitasi dan gaya magnet
D. gaya gesek dan gaya otot

Jawaban = A
Buah kelapa yang jatuh dari pohonnya (gaya gravitasi), menimpa trampolin sehingga terlempar lagi ke atas (gaya pegas).  Jadi jawaban yang benar adalah A. 

42. Di bawah ini bahan-bahan yang termasuk dalam konduktor panas adalah . . .  .
A. baja dan aluminium 
B. kayu dan besi
C. tembaga dan karet
D. karet dan kayu

Jawaban = A
Konduktor panas adalah benda dengan daya hantar panas baik. Contoh konduktor adalah baja dan aluminium, tembaga dan juga besi. Jadi jawaban yang benar adalah A. 

DOWNLOAD SOAL DAN PEMBAHASAN OSN IPA KELAS 5 SD

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan soal OSN IPA kelas 5 SD. Anda dapat mencari di situs resmi OSN atau website pendidikan yang menyediakan soal OSN sebagai bahan belajar. Kumpulan soal latihan OSN IPA Kelas 5 SD di atas dapat Anda download melalui tautan berikut ini :


Kumpulan Soal dan Pembahasan Kompetisi Sains diterbitkan dalam bentuk E-Book. Buku
ini disusun oleh Tim Perkumpulan Pembina OSN (PPO) Jawa Tengah. E-book kumpulan soal OSN IPA jenjang SD kelas 5 diharapkan mampu menjadi bagian referensi dan literasi untuk pengembangan pendidikan di Indonesia.

Tips untuk sukses mengikuti OSN yaitu dengan rajin berlatih mengerjakan soal-soal. Dengan rajin berlatih, kemampuan analisis, dan pemecahan masalah akan semakin terasah. Selalu memiliki strategi dalam mengerjakan soal, seperti membaca dengan cermat, menyelesaikan soal yang dianggap mudah terlebih dahulu, mengenali jenis-jenis soal, dan mengerjakan soal dengan efisien.