» » » » Tahun Depan Ujian Sekolah SD Diusulkan Online

Tahun Depan Ujian Sekolah SD Diusulkan Online

Diusulkan tahun 2016 Ujian Sekolah (US) tingkat SD menggunakan CBT (Computer Based Test) atau online.
Dinas Pendidikan (Dispendik) Jatim mengusulkan tahun 2016 Ujian Sekolah (US) tingkat SD menggunakan CBT (Computer Based Test) atau online. Kepala Dispendik Jatim, Dr Saiful Rahman mengatakan pelaksanaan US dengan secara online ini satu-satunya cara untuk memutus budaya curang dalam ujian.

Baca juga: Tips Bagi Orang Tua Jelang Anak Hadapi Ujian

Untuk itu, Dispendik Jatim telah mengusulkan ke Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) agar pada tahun depan, baik Ujian Nasional (UN) SMP, SMA/SMK, maupun US SD/MI, menggunakan metode CBT atau online yang tahun ini sudah dimulai diterapkan.

Menurut Rahman, selama ini kecurangan terjadi dalam UN karena masih ada celah untuk melakukan itu. Di samping itu, UN dengan kertas atau PBT (Paper Based Test) juga dijadikan pihak-pihak tidak bertanggung jawab untuk menjual kunci jawaban.

"Jatim siap. Tinggal bagaimana kesiapan pusat saja untuk melaksanakan CBT ini. Toh sekarang anak kecil juga sudah pintar pakai komputer dan gadget," kata Saiful yang SekolahDasar.Net kutip dari JPNN (14/05/15) saat mendistribusikan naskah soal US SD/MI 2015.



SekolahDasar.Net | 14 Mei 2015
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA