Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 SD Dari Kemdikbud

Aplikasi rapor k13
Aplikasi penilain kurikulum 2013 untuk SD yang dapat didownload gratis telah resmi diluncurkan Kemdikbud.
Direktorat Pembinaan SD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah resmi meluncurkan aplikasi penilaian Kurikulum 2013 (K-13). Aplikasi rapor K-13 SD ini dapat digunakan oleh sekolah untuk melakukan penilaian terhadap siswa. Aplikasi ini adalah aplikasi gratis untuk semua sekolah.

Karena terhubung dengan Data Pokok Pendidikan (dapodik) sekolah, aplikasi resmi rapor K-13 dari Kemdikbud ini hanya bisa dipasang pada komputer yang telah terinstal aplikasi dapodik sekolah. Aplikasi pengolah nilai K-13 SD dapat didownload di laman website resmi Direktorat Pembinaan SD Kemdikbud, aplikasi dapat didownload di sini.

Sebelum dijalankan, aplikasi rapor SD ini harus disinkronkan terlebih dahulu dengan dapodik. Hal ini untuk pengisian data sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) atau guru, rombongan belajar dan siswa. Username dan password default dari aplikasi ini adalah nomor NUPTK dari guru. Setelah berhasil login, guru dapat mengganti password.

Sebagai data awal, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan kompentensi dasar dan indikator sebagaimana tercantum pada buku guru K-13. Aplikasi rapor akan mengolah nilai indikator menjadi nilai kompetensi dasar. Aplikasi rapor akan menyeleksi kompetensi dasar yang menonjol positif dan negatif untuk setiap siswa dan mencetak penilaian deskripsi.